Cara Menggunakan WhatsApp Tema Gelap Untuk Menghemat Daya

Bagikan postingan ini

Comcru.com – WhatsApp tema gelap atau Dark Mode telah menjadi trend dalam waktu dekat ini, aplikasi pengirim pesan online ini baru-baru ini merilis tema dengan mode gelap, tetapi jika para sobat masih ingin menggunakan mode default atau biasanya juga tidak masalah.

WhatsApp tema gelap ini dirancang untuk mengurangi pencahayaan di malam hari, karena warna putih hijau yang terlalu terang terkadang membuat orang kurang nyaman ketika menggunakannya di waktu malam. WhatsApp tema gelap ini bebas digunakan oleh siapa saja bagi yang ingin mencobanya dan tentu saja tidak membutuhkan pembayaran, karena memang WhatsApp tema gelap ini di integrasi oleh developer untuk kenyamanan pengguna bukan untuk mencari laba.

Alasan mengapa kita harus mengubah WhatsApp tema gelap

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita disarankan mengubah aplikasi WhatsApp kita ke tema gelap :

  • WhatsApp tema gelap lebih mudah dilihat dimalam hari atau ditempat dengan tingkat pencahayaan minim. Tema berwarna putih akan sangat kontras dan menyilaukan ketika bertemu dengan warna gelap, misalnya saja waktu malam, sehingga dengan WhatsApp tema gelap ini pengguna akan lebih nyaman memakai aplikasi pengirim pesan online Whatsapp dengan lebih nyaman.
  • Layar yang lebih gelap dapat menghemat daya, karena penggunaan daya dapat di minimalisir dengan pixel yang lebih rendah, penurunan daya sangat berpengaruh signifikan bagi penggunaan pada perangkat dengan layar AMOLED.
  • WhatsApp tema gelap terlihat lebih keren dan menyegarkan dibandingkan tema sebelumnya.

Cara Memasang WhatsApp Dark Mode

Cara memasang WhatsApp tema gelap pada Android

Mode gelap ini sudah diluncurkan untuk pengguna Android, cara memasangnya juga sangat sederhana.

  • Buka menu aplikasi
  • Pilih “pengaturan / Settings”
  • Pilih “Obrolan / Chats”
  • Pilih “tema / Theme”
  • Pilih “gelap / Dark”

Jika aplikasi WhatsApp pada HP para sobat belum melakukan pembaruan, maka tema ini belum dapat bekerja, lakukan pembaruan terlebih dahulu sehingga bisa menggunakan WhatsApp tema gelap. Untuk pengguna Android maka lakukan pembaruan melalui Google play, dan jika terjadi kegagalan maka tidak ada salahnya mencoba melakukan instal ulang untuk menikmati fitur ini. Untuk mengganti tema, lakukan sesui instruksi diatas.

Cara memasang WhatsApp tema gelap pada iPhone

Setelah melakukan update aplikasi WhatsApp para sobat, melakukan pemasangan WhatsApp tema gelap ini sama mudahnya seperti pada Android.

  • Buka menu aplikasi
  • Pilih “pengaturan/Settings”
  • Pilih “Obrolan/Chats”
  • Pilih “tema/Theme”
  • Pilih “gelap/Dark”

Selain pada perangkat HP, WhatsApp tema gelap juga melakukan pembaruan untuk versi dekstop.

Cara memasang WhatsApp tema gelap di Dekstop

WhatsApp tema gelap untuk dekstop sepertinya belum selesai dikembangkan, karena WhatsApp dengan tema ini belum dapat diterapkan pada perangkat dekstop. Tetapi untuk pengguna dekstop bisa menggunakan WhatsApp tema gelap dengan menggunakan versi web browser, walaupun tidak identik tapi serupa dengan tema dari developer WhatsApp. Cara untuk mengubahnya di versi dekstop adalah dengan menggunakan Plugin gratis bernama Stylus di Chrome dan Firefox.

Penampakan WhatsApp tema gelap

Tema gelap pada WhatsApp tidaklah berwarna hitam, melainkan berwarna abu-abu dengan beberapa aksen hujau pada garis dan pesan status berwarna kuning yang condong ke warna lebih gelap sehingga tidak membuat terlalu kontras dengan latarnya.

Sebelum rilis untuk versi beta, sepertinya kita akan bisa melihat dua jenis tema gelap pada WhatsApp, salah satunya adalah untuk dioptimalkan pada laya AMOLED. Pada informasi pembaruan APK menuliskan bahawa akan ada tiga varian warna, antara lain : latar belakang hitam pekat pada AMOLED (dengan mematikan pixel warna pada layar AMOLED akan lebih menghemat daya), Latar Abu-abu aksen hijau gelap, dan tema dafault seperti biasa.

Pihak WhatsApp mengatakan bahwa para desainer proyek tema gelap ini telah menghabiskan banyak waktu untuk menyempurnakan tampilan sehingga meningkatkat kualitas antar muka yang berbeda untuk menjadi lebih jelas dan mudah digunakan, berikut ini adalah beberapa perhatian dari pengembang untuk WhatsApp tema gelap ini :

  • WhatsApp akan melakukan yang terbaik untuk pembaruan dan memastikan pengalaman bebas bug.
  • Jika para pengguna sudah memperbarui versi Beta WhatsApp, maka tidak akan ada masalah dalam pemasangan maupun penggunaanya.

Dilansir dari https://blog.whatsapp.com/ , “ketika melihat warna, kami ingin meminimalisir kelelahan pada mata, dan menggunakan warna yang lebih gelap sehingga membuat nyaman bagi pengguna iOS dan Android”.
“Kami ingin membatu para pengguna untuk dapat memusatkan perhatian pada setiap layar, kami menggunakan elemen warna yang lebih nyaman untuk mata sehingga dapat menonjolkan informasi yang penting dari sebuah tulisan di layar perangkat”.

Pembaruan terbaru tentang WhatsApp

Selain WhatsApp tema gelap, aplikasi pengiriman pesan online ini juga akan menambahkan fitur penghapusan pesan dalam jangka waktu tertentu, fitur ini sudah diterapkan pada beberapa sainganya seperti Facebook Messenger, Telegram dan juga signal, jadi ini bukanlah hal yang baru.

Untuk masalah pemblokiran, pada beta selanjtnya juga akan diterapkan mode pemblokiran kontak. Untuk kontak yang dibisukan, ternyata tidak sepenuhnya hilang atau tidak terlihat, kita masih bisa melihat status mereka tapi dengan tampilan warna abu-abu.

Dalam waktu dekat ini terkait munculnya iklan dalam obrolan WhatsApp ternyata sudah ditiadakan, dilansir dari perusahaan induk Facebook mengatakan bahwa tim untuk iklan di WhatsApp sudah dibubarkan, sehingga kita bisa menikmati berkirim pesan online tanpa iklan. Tapi masih ada wacana untuk penampilan iklan pada WhatsApp melalui fitur status, dan iklan yang akan muncul tidak akan terlalu padat sehingga tidak mengganggu pengguna.

Memperpanjang Daya Pakai Baterai ketika menggunakan WhatsApp

Salah satu alasan utama menggunakan WhatsApp tema gelap adalah karena untuk penghematan daya baterai dari perangkat kita, tetapi sebenarnya ada cara lain untuk menghemat daya selain dengan mode gelap.

Jika para sobat tidak menyukai tampilan tema WhatsApp dengan mode gelap, kalian bisa menggunakan melakukan penyesuaian dengan berbagai pilihan warna yang sangat bagus dan tidak membuat bosan. Berikut adalah cara untuk membuat tampilan aplikasi WhatsApp supaya lebih menarik :

  • Masuk Pengaturan Aplikasi
  • pilih “Obrolan”
  • ketuk “walpaper”
  • lalu pilih “warna Solid”
  • atau pilih warna apapun dengan latar yang gelap atau pucat.

Hal ini tidak akan mengubah tampilan warna pada gelembung obrolan, tetapi menurut penelitian Google, pixel warna yang lebih gelap akan lebih menghemat daya daripada warna yang lain.

Secara umum WhatsApp akan melakukan pengunduhan secara otomatis, sehingga hal ini sebenarnya juga dapat menguras daya baterai, sehingga untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat membuka pengaturan dan memilih “penggunaan data dan penyimpanan”, dengan melakukan hal tersebut, media tidak akan terdownload atau terunduh secara otomatis, kita harus mengetuk untuk melakukan pengunduhan.

Menggunakan mode hemat daya pada HP para sobat adalah metode lain untuk mengatasi masalah penggunaan daya. Dengan mode hemat daya biasanya ada pengaturan tersendiri pada setiap ponsel seperti pengatur kecerahan, penggunaan paket data, menghentikan aplikasi dan juga membatasi kinerja CPU. Dari semua pilihan tersebut dapat kalian atur sendiri sesuai kebutuhan.

Itulah penjelasan singkat mengenai WhatsApp tema gelap untuk menghemat daya, dapatkan informasi lebih lanjut di website resmi whatsapp, mungkin saja ada banyak update yang kalian lewatkan. Semoga dapat menginspirasi.

5 pemikiran pada “Cara Menggunakan WhatsApp Tema Gelap Untuk Menghemat Daya”

Tinggalkan komentar