7 Tips dan Trik Andalan Pro Player AOV Indonesia

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Tips dan Trik Menjadi Pro Player AOV Indonesia. Bagi para player AOV atau Age of Valor, Conqueror pasti adalah tujuan kalian. Yah, memang tidak semudah itu ya mencapai Conqueror, karena Rank tertinggi dari AOV ini tentu saja di isi oleh player yang profesional dengan gaya bermain yang berkelas. Kalau kalian bermimpi mencapai Rank Conqueror, sebaiknya perbaiki sikap kalian dalam bermain supaya layak masuk ke jajaran Conqueror.

Perlu kalian ketahui, dalam AOV, Rank Conqueror adalah rank tertinggi yang di isi kurang dari 1% dari keseluruhan pemain, biasanya hanya ada 50 pemain pada list Rank Conqueror, sehingga sangat sulit sekali mencapai rank tersebut.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa AOV memiliki tingkat permainan yang lebih sulit dibandingkan dengan Moba lain. Dalam hal ini kita tidak bisa membandingkan begitu saja, karena setiap permainan tergantung dari mental dan kualitas player nya.

Dalam sebuah permainan terutama game Moba seperti AOV, kalian akan menemui pemain dengan kualitas dan karakteristik yang berbeda-beda, sehingga kesulitan dalam permainan sangat tergantung dari kualitas kita yang di adu dengan kualitas player lawan. Nah, walaupun kualitas player berbeda-beda, kalian tidak boleh kendur ya, berikanlah permainan terbaik kalian untuk dapat memenangkan pertandingan.

Kembali lagi ke Tips Pro Player AOV ya, jadi untuk menjadi seorang pemain AOV yang handal, kalian wajib memiliki kemauan, itu yang pertama, dan yang kedua adalah kalian harus tahu bagaimana menyikapi situasi di setiap pertandingan. Oleh karena itu, Comcru.com akan memberikan Tips dan Trik Bermain AOV kepada kalian untuk meningkatkan kualitas permainan.

Tips dan Trik Pro Player AOV

Meningkatkan kualitas bermain dalam game AOV tentu bukan perkara mudah, kalian tentu saja butuh kemauan kalau ingin memasuki rank Conqueror. Apakah rank Conqueror hanya sebuah mimpi?, tentu saja bukan gengs!, kalain bisa mencapai rank tersebut kalau disiplin dengan beberapa tips berikut ini, simak baik-baik ya!

Perbaiki Sikap Bermain

Sebelum kalian mengetahui segala hal tentang taktik dan strategi, sikap adalah hal yang paling utama. Dalam sebuah game, sebenarnya sangat mirip dengan dunia nyata ya, pasti ada banyak karakter bawaan yang diterapkan dalam karakter ata hero AOV yang kalian mainkan misalnya egois, Toxic, malas hingga AFK, mental juang rendah dan banyak lagi geng!.

Dalam hal ini, langkah pertama menjadi seorang Pro Player AOV adalah memperbaiki sikap kalian dengan etika yang baik, karena etika mencerminkan kualitas, setuju ya?,  Nah, kalau marah waktu kalah wajar nggak min?, menurut saya wajar lah ya, tapi dalam konteks tertentu dan dalam batasan yang masih wajar, karena kekalahan bukanlah sebuah kegagalan, kita bisa mengulang di pertandingan selanjutnya dengan introspeksi dari permainan sebelumnya, pepatah mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”

Dan sikap selanjutnya adalah biasakan dirimu untuk menghadapi situasi terburuk dan jangan sering menyalahkan rekan satu tim, bersikaplah tetap semangat apapun kondisinya untuk bisa meraih kemenangan, karena hasil yang positif juga dimulai dari sikap yang positif. Sikap yang buruk dalam game tentu saja buka termasuk golongan Rank Conqueror apa lagi Pro Player AOV.

Kalian sudah siap geng?, ayo lanjut ke tips pro player AOV!

Disiplin dan Pahami Role Play

Dalam permainan AOV, kalian tidak harus bisa dalam segala hal, karena AOV adalah permainan tim, bukan individu, jadi kalian harus memahami tugas pada formasi tim. Memahami role play adalah hal paling mendasar supaya kalian bisa membaur dalam kerjasama tim.

Dalam AOV, layaknya game Moba lain, ada beberapa Role Play yang bisa kalian pilih, untuk lebih detail nya sebagai berikut.

Jungler

Jungler merupakan hero carry yang harus menjadi inti dalam pertempuran karena memiliki damage terbesar, oleh karena itu tugas Jungler seperti namanya adalah pergi ke hutan dan mencari networth (kekayaan berdasarkan item) sembari membantu pertahanan di early game. Role Play ini biasanya di isi oleh Archer atau Assassin.

Midlaner

Midlaner adalah role dengan kemampuan yang harus dapat diandalkan di late game, karena role play hero Midlaner akan menerima exp paling banyak dibandingkan dengan 4 hero lainya. Hero Midlaner biasanya di isi oleh Mage atau Archer ( tergantung taktik tim kalian), dan Midlaner yang baik harus bisa melakukan back up pada sidelane.

Abyssal laner

Perebutan Abyssal Dragon adalah momen yang berharga dalam AOV, sehingga role play Abyssal laner harus mampu di andalkan dalam pertarungan dengan banyak pemain. Hero Abyssal Laner biasanya di isi oleh hero yang memiliki skill menyapu bersih dengan cepat, Hero dengan pertahanan yang tinggi, atau Stunner sehingga mampu menjadi teamfight sejak Early Game.

Offlaner/DS Laner

Role Play Offlaner di isi oleh hero dengan kemampuan 1 Vs 1, walaupun AOV adalah permainan tim, tapi untuk melakukan push atau mempertahankan lane, dibutuhkan hero dengan kemampuan individu yang bagus.

Observer/Support

Role Play ini sering disebut juga dengan Roamer, dan tugas utamanya adalah membantu Carry untuk dapat farming dan mengawasi keadaan sekitar dari keberadaan musuh yang agresif, posisi Support sangat riskan sekali karena sering sekali menjadi mangsa empuk, sehingga dibutuhkan kemampuan observasi keadaan yang bagus. Support juga bisa menjadi Inisiator dari pertandingan, sehingga Role Play ini sangat penting sekali.

Itulah Role Play hero yang harus kalian kuasai, tetapi kalian tentu saja tidak bisa menjadi semuanya ya, sehingga fokuslah dengan kemampuan kalian dan lihat pada diri kalian lebih cocok sebagai player seperti apa, dengan begitu kalian akan memaksimalkan kemampuan daripada memaksakan diri menguasai role play yang tidak kita bisa.

Pelajari Item

Selain hero kalian juga harus memperhatikan item yang akan kalian Build atau bangun, sesuaikan role play dengan item yang akan kalian bangun, karena Item atau perlengkapan sangat menentukan alur dari permainan, sehingga jangan sampai kalian melakukan kesalahan dalam build ya!

Pemahaman mengenai build up item dalam AOV memang harus dipelajari dengan baik, misalnya untuk hero dengan kemampuan Magic, tentu kalian harus membuat membangun item Magic juga. Ada kesalahan yang sangat menggelikan oleh pemula, biasanya mereka salah melakukan build up misalnya yang di pakai hero dengan kemampuan Pisikal, tetapi yang mereka pasang adalah item peningkat magic damage, fatal sekali ya!, masih mau jadi pro player?, makanya baca dulu sebelum bermain geng!, supaya tidak di bully dalam game!

Latih Kemampuan Individu

AOV adalah permainan tim ya, nah, tapi kenapa kita harus meningkatkan kemampuan Individu?.
Tentu saja wajib, kemampuan Individu yang di maksut bukanlah supaya kita harus bermain secara individu, tetapi gunakan  skill individu yang kalian miliki untuk dapat berbaur dengan tim sehingga dapat di andalkan dalam pertempuran sehingga tidak menjadi beban.

Untuk melatih skill individu, tentu saja tidak lepas dari role play hero yang kalian mainkan, sehingga kalian harus fokus dengan peran yang kalian mainkan dengan memanfaatkan skill individu supaya menjadi player yang berpengaruh dalam pertempuran.

Utamakan Kerjasama tim

Tanpa kerja sama, kalian tidak akan dapat memenangkan pertempuran AOV, karena kerjasama adalah segalanya dalam AOV di samping kemampuan individu kalian. Misalnya saja dalam tim kalian memiliki pemain sengan kemampuan individu yang mumpuni tetapi kerja sama tim buruk, bukan hal yang tidak mungkin tim akan kalah.

Untuk membangun Kerjasama tim memang tidak mudah, tetapi untuk awal yang baik kalian harus membangun komunikasi yang baik dengan tim. Walaupun sangat sulit sekali memiliki tim yang kompak apalagi kalian bermain solo dengan tim dari player random, tetapi dengan komunikasi yang baik sejak pemilihan hero, bukan hal yang tidak mungkin permainan tim kalian akan lebih mendominasi.

Konsentrasi

Konsentrasi tidaklah mengharuskan kalian sepaneng atau tegang, kalian bisa bermain AOV dengan santai tapi tetap serius sehingga tidak panik dalam menghadapi situasi genting. Sikap konsen dalam setiap pertandingan sangat penting sekali dan menjadi faktor penentu hero kalian dapat berguna, lakukan pergerakan yang berfaedah ya, jangan sampai kalian mati konyol karena jalan-jalan nggak jelas.

Perhatikan Instruksi atau peringatan dari teman lain, karena teman satu tim kalian biasanya akan memberikan tanda dimana lokasi musuh atau instruksi untuk berhenti dan berhati-hati, sehingga kalian tidak asal jalan ke tempat yang beresiko.

Dalam hal fokus, kalian wajib memperhatikan Map atau Peta kecil yang berada pada pojok atas. Pada Map kalian juga bisa memantau pergerakan player lain baik kawan maupun lawan.

Kontrol Map

Seperti yang sudah AsikMain paparkan pada poin konsentrasi, Kontrol map adalah melakukan pemantauan pada mini map setiap saat sehingga kita tahu lokasi dan posisi, baik kawan maupun lawan.

Dengan kontrol Map, kalian juga bisa menggali informasi penting seperti Buff, Wave, Abyssal, Darkslayer, dan lebih banyak lagi geng!, kalau kalian sudah mulai terbiasa dengan memantu Map, biasanya kalian juga akan terbiasa dengan kapan monster buruan untuk farming akan muncul, dan kapan wave akan datang berdasarkan menit bahkan detik, dan hal ini lah yang dilakukan oleh Pro Player.

Sehingga terkadang pemain pemula melakukan kelucuan dan berkata ” kok tiba-tiba mereka sudah ada di Base Abyssal ya?, ngeCheat pasti!”, tentu saja tidak ya geng!, mereka pasti sudah memperhitungkan waktu dan informasi melalui kontrol map, sehingga sebelum Spawn, mereka sudah bersiap untuk segera merebut Abyssal.

Itulah 7 Tips supaya kalian dapat bermain AOV layaknya Pro Player, beberapa paparan di atas adalah informasi dari berbagai sumber dan opini dari penulis Comcru.com, sehingga kalau ada kekeliruan, silahkan tingalkan saran dan kritik  yang membangun di kolom komentar.

Singkat kata, Mabar Kuy!

4 pemikiran pada “7 Tips dan Trik Andalan Pro Player AOV Indonesia”

Tinggalkan komentar