7 Tips Memilih Power Bank Terbaik dan Berkualitas

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Tips memilih Power Bank. Hampir semua orang di seluruh Dunia pasti memiliki Smartphone, ada banyak sekali jenis Smartphone dari harganya 1 Jutaan hingga puluhan juta tergantung dari spesifikasi dan merek. Dari harga termurah hingga harga tertinggi atau dari spesifikasi rendah hingga spesifikasi tinggi, Smartphone memiliki kekurangan yang vital pada hampir semua jenisnya yaitu pada bagian komponen baterai.

Baterai smartphone rata-rata cukup boros, karena digunakan untuk menunjang fitur yang canggih dan kinerja yang berat. Sehingga banyak perusahaan membuat jalan keluarnya dengan membuat penyimpan daya portable atau yang lebih sering di sebut Power Bank.

Dengan menggunakan Power Bank, kita bisa menyimpan cadangan daya yang dapat kita pergunakan sewaktu-waktu ketika baterai HP sudah mulai habis. Power bank memang sangat berguna sekali sebagai perangkat pendukung dalam hal pengisian baterai, apa lagi bagi para sobat yang menggunakan HP untuk mobilitas kinerja yang tinggi, sehingga baterai cepet terkuras.

Tapi, tidak semua Power bank memiliki kualitas yang bagus, dan bahkan dapat merusak smartphone para sobat karena ketika digunakan untuk pengisian daya, arusnya tidak stabil, sehingga dapat menyebabkan baterai bocor. Tapi para sobat tidak perlu khawatir, karena Comcru.com akan memberikan solusi bagaimana memilih power bank dengan kualitas yang baik, sehingga dapat digunakan dengan aman dan tidak menimbulkan masalah.

Tips memilih Power Bank yang berkualitas

1. Pilih Power bank dengan merek terpercaya

Memang kita tidak bisa menilai barang yang punya brand atau merek adalah pasti barang yang bagus, tetapi setidaknya barang yang mempunyai merek terpercaya sangat bertanggung jawab terhadap produknya, dengan kata lain ada jaminan dan garansi jika terjadi masalah ketika digunakan.

Dan untuk membeli power bank yang berkaitan dengan merek, sebaiknya sesuaikan merek power bank yang di beli dengan merek HP yang para sobat gunakan, misalnya para sobat menggunakan HP Samsung, maka sebaiknya kalian juga membeli Power bank dengan merek Samsung. Walaupun kita bisa mengisi daya HP dengan merek lain, tetapi produsen smartphone pasti menguji sebuah power bank supaya bekerja dengan optimal pada produknya sendiri. Sehingga membeli power bank dengan merek yang sama dengan HP yang digunakan adalah rekomendasi utama.

Pilih Produk dengan sertifikat resmi

Setiap produk pasti memiliki sertifikat yang berisi tentang standar suatu produk sehingga dapat di pertanggung jawabkan kualitasnya, tanpa sertifikat resmi, produsen tentu saja belum lolos uji dalam hal kelayakan untuk produknya.

Power bank yang bagus dan berkualitas biasanya memiliki standar CE, Europan Standard, FGG, dan juga masih banyak lagi, para sobat bisa menanyakan langsung kepada dealer atau toko resmi mengenai standar produk yang ingin kalian beli.

Memiliki Garansi Resmi

Garansi sangatlah penting sekali, karena tentu saja tidak semua perangkat elektronik selalu di buat dengan sempurna, sehingga jika ada cacat atau kerusakan yang tidak kita ketahui, kita bisa mengembalikannya atau menukarnya dengan yang baru.

Kaitannya dalam hal ini, pada poin pertama kenapa kita harus membeli barang yang bermerek adalah karena mereka pasti memiliki pertanggungjawaban yang lebih baik dibandingkan dengan merek yang tidak jelas atau abal-abal, termasuk penggantian barang ketika terjadi kerusakan bukan dari penggunanya.

2. Pilih Power Bank dengan baterai Li Polymer

Li Polymer biasanya disebut Li-Po. Sebelum penerapan baterai Li-Po, rata-rata penerapan baterai baik untuk HP maupun Power bank menggunakan baterai berjenis Lithium Ion atau Li-Ion, tetapi baterai dengan jenis ini mempunyai banyak kekurangan yaitu elektrolit nya tidak stabil dan cepat panas, dalam kasus tertentu jenis baterai ini bisa meledak. Tetapi baterai jenis Li-Ion lebih murah dibandingkan dengan jenis Polymer.

Jenis Power bank yang dibekali dengan baterai Polymer atau Li-Po memang biasanya lebih mahal, tetapi elektrolit nya lebih stabil sehingga dapat lebih aman digunakan untuk menghindari baterai bocor, selain itu jenis polymer lebih tahan lama digunakan di bandingkan jenis Li-Ion.

3. Pilih Kapasitas Power Bank sesuai kebutuhan

Pilihlah kapasitas penyimpanan daya Power Bank yang lebih besar dari kapasitas daya baterai HP, Misalnya jika para sobat memiliki baterai HP dengan kapasitas daya 4000 mAh, maka belilah power bank dengan penyimpanan daya melebihi 4000 mAh, kerena jika kita memilih power bank dengan kapasitas yang kurang dari daya baterai HP, tentu saja pengisian tidak akan tuntas sampai penuh.

4. Perhatikan Arus untuk pengisian daya

Power bank memiliki output arus yang berbeda-beda, biasanya antara 1 Ampere hingga 4 Ampere, jika para sobat menggunakan HP dengan arus pengisian daya yang bisa di terima sekitar 2 Ampere atau tepat 2 Ampere, maka sebaiknya kalian menggunakan Power bank untuk mengisi daya dengan output arus 2 Ampere juga.

Jika para sobat menggunakan Arus yang lebih kecil dari pengisi daya smartphone, hal itu akan berdampak buruk karena dapat merusak ion di dalam baterai. Dan jika para sobat menggunakan arus di atas seharusnya, baterai akan cepat bocor karena walaupun pengisian dapat lebih cepat tapi biasanya baterai HP akan menjadi panas dan berpotensi merusak komponen lain selain baterai, sehingga sangat tidak di sarankan mengisi baterai HP menggunakan arus yang tidak seharusnya.

5. Pilih Power Bank dengan di lengkapi fitur keamanan

Apa para sobat pernah tahu power bank yang meledak?, hal tersebut di akibatkan karena tidak adanya fitur keamanan seperti Over Charging protection yang dapat memutuskan arus secara otomatis waktu digunakan untuk mengisi daya pada HP atau waktu pengisian daya untuk di simpan, sehingga baterai pada power bank menjadi sangat panas dan meledak, biasanya pada kasus ini terjadi pada penyimpanan yang masih menggunakan lithium Ion.

Ada juga fitur yang sangat berguna sekali untuk digunakan dan biasanya Power bank berkualitas mempunyai fitur ini yaitu Short Circuit Protection, dengan fitur ini Power bank dapat melindungi HP dari kerusakan akibat arus pendek. Sehingga dalam memilih power bank yang baik, sebaiknya pertimbangkanlah berdasarkan fitur pendukungnya seperti misalnya dua fitur penting di atas.

6. Pilih power bank dengan dilengkapi layar indikator

Layar pantau atau indikator ini juga termasuk fitur tambahan, dengan fitur ini kita bisa memantau secara lebih detail mengenai status dari power bank yang kita gunakan, baik ketika sedang digunakan untuk mengisi daya HP juga ketika sedang di lakukan pengisian daya untuk di simpan. Selain layar indikator, ada juga fitur pelengkap seperti misalnya lampu LED sebagai indikator dengan menggunakan warna.

7. Memiliki Body yang kokoh

Kita tidak harus memilih power bank dengan bahan logam, tetapi pilih lah power bank dengan body yang kokoh, karena power bank memang perangkat yang di desain untuk digunakan di luar ruangan, sehingga sangat penting sekali memilih body yang kokoh untuk menahan dari guncangan dan mungkin benturan ketika terjatuh. Dengan body yang kokoh tentu saja Power bank akan lebih awet digunakan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat para sobat terapkan sebelum membeli Power bank, pastikan kalian menanyakan secara detail untuk garansi dan komponen pada toko resmi, sehingga para sobat bisa memilih power bank dengan kualitas yang bagus. Semoga dapat menginspirasi.