5 Tips Memilih Headset Terbaik Sebelum Membelinya

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Tips Memilih Headset. Banyak sekali para pengguna Gadget saat ini pasti memiliki aksesoris tambahan yang berfungsi untuk mendengarkan secara lebih intens tanpa gangguan suara lain. Ya!, Aksesoris ini adalah Headset atau Earphone.

Headset lebih sering dipakai oleh para penggunanya untuk mendengarkan musik, menonton video dan bermain game dibandingkankan dengan fungsi awal munculnya alat ini. Speaker berukuran kecil yang dengan cara penggunaanya langsung di tempelkan pada telinga ini pada awalnya diterapkan pada Telepon, tetapi seiring perkembangan zaman, headset lebih indentik sebagai alat untuk mendengarkan musik daripada sebagai alat komunikasi.

Headset sendiri sekarang banyak sekali perkembangannya, kualitas headset yang bagus biasanya akan mengeluarkan suara yang lebih halus dan nyaman untuk di dengar, sedangkan headset dengan kualitas buruk bisanya memiliki output suara yang pecah sehingga kurang nyaman.

Tips Memilih Headset sebelum membelinya

Sebelum membeli headset yang kita inginkan, ada baiknya para sobat mempertimbangkan beberapa aspek dari headset yang ingin dibeli sehingga tidak kecewa waktu menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa tips memilih Headset supaya para sobat membeli headset sesuai keinginan :

1. Utamakan Kenyamanan

Kenyamanan adalah faktor utama dalam membeli headset, karena jika headset yang kita beli ternyata tidak nyaman untuk digunakan misalnya membuat pegal telinga karena membuat daun telinga terhimpit, tentu saja kita tidak akan bisa menggunakanya dengan baik.

Tips memilih headset yang utama memang kenyamanan, se bagus apapun kualitas yang di tawarkan dan se mahal apapun harganya tetapi jika tidak nyaman digunakan akan sama saja tidak bisa di gunakan untuk bersantai, apa lagi sebagian besar dari kita pasti membeli Headset untuk mendengarkan musik, bermain game atau menonton video.

2. Pilih jenis Headset yang kita inginkan

Seiring dengan perkembangan teknologi, berdasarkan jenisnya, sekarang headset memiliki 2 jenis yaitu Headset Wireless dan Headset dengan kabel, kedua jenis headset ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya, sebagai bahan pertimbangan para sobat, berikut adalah keterangan lebih lanjut dari dua jenis headset tersebut :

Headset Wireless

Dengan Headset Wireless kita dapat menggunakannya secara lebih mudah dan praktis karena tentu saja headset ini tanpa kabel sehingga sering disebut Headset nirkable. Tetapi karena headset wireless merupakan aksesoris yang terpisah dengan mengandalkan sinyal WiFi dan juga menggunakan Bluetooth, sehingga headset ini membutuhkan baterai. Baterai headset Wireless biasanya hanya bertahan sekitar 1-2 jam saja, sehingga kurang efektif jika digunakan non-stop.

Headset kabel

Dengan headset kabel, tentu saja kita akan di repotkan dengan menggulung kabel, apa lagi jika kabel sampai terbelit juga dapat menyebabkan headset cepat rusak karenanya. Tetapi dengan menggunakan Headset kabel, kita bisa menggunakanya tanpa takut baterai habis, sehingga sangat nyaman digunakan secara non-stop tanpa perlu mengisi daya.

Itulah headset berdasarkan jenisnya, dan pada tips memilih headset berdasarkan jenis ini, para sobat bisa memilih headset tergantung pada kebutuhan, jika kalian menggunakan headset out door tentu jenis wireless lebih di unggulkan, dan untuk pemakaian dalam ruangan atau di rumah kita bisa menggunakan headset ber kabel.

3. Fitur tambahan pada Headset

Headset di zaman sekarang tidaklah hanya memiliki tombol volume saja. Headset sekarang sudah dikembangkan dengan baik untuk kenyamanan penggunanya, sebagai contoh fitur Noise Cancellation, dengan fitur ini para sobat bisa fokus mendengarkan musik tanpa takut terganggu kebisingan disekitar, karena fitur teknologi ini dapat menghilangkan suara bising di sekitar penggunanya sehingga dengan menggunakan fitur ini, pengguna akan lebih nyaman dalam mendengarkan musik, bermain game, menonton video, belajar online dan lain sebagainya.

Tips memilih headset ini adalah para sobat bisa memilih headset dengan fitur yang lengkap, selain fitur di atas, ada juga fitur lain yang sangat menjadi rekomendasi yaitu fitur sensitivitas suara, dengan fitur ini para sobat bisa mendengarkan suara dengan frekuensi yang sangat sesuai sehingga tidak perlu menaikkan volume. Canggih bukan!

Ada lebih banyak lagi fitur pada headset sekarang ini, misalnya Suround Sound System dan yang lainya. Pada intinya, tips memilih headset terkait masalah fitur ini adalah carilah headset dengan fitur yang lebih banyak dan berkualitas, dan juga setidaknya carilah fitur headset yang paling kalian inginkan.

4. Sesuaikan Budget

Tips memilih headset tentu saja tidak lepas dari budget, anggaran sebenarnya adalah yang nomor satu dari pada kenyamanan. Headset dengan banyak fitur tentu saja akan di bandrol harga yang tidak murah, sehingga para sobat harus menyesuaikan antara kantong dan barang yang ingin dibeli, sehingga kalian tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya karena mengejar Headset mahal.

Membeli barang tersier tidaklah menjadi prioritas, sehingga jika para sobat bisa menyisihkan lebih banyak budget, tentu saja headset dengan harga mahal bisa terbeli, tetapi para sobat harus ingat untuk selalu menggunakan uang dengan bijak, karena kita tidak akan tahu kapan pengeluaran yang tidak terduga akan datang.

5. Menentukan jenis musik

Tips memilih headset berdasarkan jenis musik tentu saja sangat subjektif sekali, karena selera musik setiap orang pasti berbeda-beda. Tetapi Comcru.com akan mencoba mengelompokkan berdasarkan fitur yang harus diterapkan pada jenis musik tertentu.

Jika para sobat menyukai musik Hip hop, dangdut dan pop, para sobat bisa membeli headset dengan kualitas bass yang bagus, dan bagi kalian yang menyukai musik Rock, klasik dan metal, lebih direkomendasikan untuk memilih headset dengan tipe output Bright sehingga trible lebih tinggi di bandingkan dengan tipe bass yang dominan menonjolkan suara drum dan bass nya.

Itulah 5 Tips memilih Headset yang dapat menjadi referensi untuk para sobat sebelum membeli headet sesuai keinginan dan kebutuhan, sebelum mengakhiri artikel ini, ada beberapa hal yang perlu di ingat oleh kalian dalam membeli headset sebagai berikut :

  • Belilah headset dengan merek yang jelas sehingga barang yang kalian beli memiliki garansi resmi, jadi ketika terjadi sesuatu diluar dugaan dan bukan karena kesalahan pengguna, kita bisa melakukan klaim untuk menggantikannya.
  • Barang yang memiliki merek tentu saja lebih terjamin kualitasnya daripada barang yang memiliki merek kurang terkenal atau tidak jelas, sehingga Headset yang kita pilih bisa lebih awet ketika digunakan.
  • Periksalah headset yang dibeli sebelum membawanya pulang, karena tidak semua barang dalam kondisi yang baik, sehingga kita tidak perlu repot kembali untuk komplain terhadap barang yang sudah dibeli.
  • Periksalah keaslian headset yang dibeli, biasanya banyak sekali merek bajakan dengan nama yang sama, para sobat bisa melihat pada kolom pembuatan, pastikan produk adalah buatan negara aslinya.
  • Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli headset, baik kualitas, kenyamanan dan berbagai hal pada tips memilih headset di atas.

Demikianlah tips untuk memilih headset untuk dibeli oleh para sobat tekno, jika para sobat punya saran yang lebih baik, kalian bisa tinggalkan jejak pada kolom komentar sehingga kita bisa berdiskusi bersama untuk saling berbagi informasi. Semoga dapat menginspirasi.

Satu pemikiran pada “5 Tips Memilih Headset Terbaik Sebelum Membelinya”

Tinggalkan komentar