5 Tips Charge Smartphone dengan Benar dan Lebih Cepat

5 Tips Charge Smartphone dengan Benar dan Lebih Cepat

Bagikan postingan ini

Pada era digital ini, salah satu kegiatan yang menyebalkan adalah menunggu charge smartphone hingga penuh. Karena apa? Sering kali waktu yang dibutuh untuk satu kali charge smartphone hingga baterai penuh memakai waktu hingga berjam-jam lamanya, padahal penggunaan smartphone sudah sangat melekat dengan setiap aktivitas.

Berbagai fitur dihadirkan pada smartphone terkini untuk proses charge yang lebih cepat, salah satu contohnya adalah Quick Charging. Namun belum semua smartphone yang kita gunakan sudah memakai fitur tersebut, lantas apakah yang membuat proses charging atau pengisian daya baterai menjadi lebih cepat? Terutama bagi smartphone yang belum dilengkapi fitur Quick Charging tetapi ingin proses charge yang lebih singkat.

Berikut Adalah Tips Charge Smartphone dengan Benar dan Cepat

  1. Gunakan Charger Asli Smartphone

Apabila kamu mengharapkan proses charger yang cepat, maka disarankan untuk menggunakan charger asli smartphone tersebut. Penggunaan charger yang sembarangan justru dapat membuat proses charge menjadi lambat, lebih parahnya lagi dapat menyebabkan smartphone rusak. Lambatnya proses charge dengan charger yang sembarang disebabkan oleh bedanya komposisi bahan yang tidak sesuai dengan standar pabrik, semisal beda ampere, dan beda watt yang dibutuhkan untuk charge bisa menyebabkan baterai jebol dan menggelembung.

Charge Smartphone

  1. Jangan Charge dengan Power Bank dan Laptop

Walau menjadi salah satu solusi mengisi daya baterai dalam keadaan yang mendesak, metode ini dapat menyebabkan proses charge menjadi lambat. Penggunaan Laptop untuk mengisi daya melalui kabel USB dapat menyebabkan baterai smartphone menjadi rentan rusak, sedangkan penggunaan power bank yang tidak standar akan menyebabkan komponen baterai menajdi semakin rusak.

  1. Matikan Smartphone saat Mengisi Daya

Metode yang satu ini memang cukup efektif untuk mempercepat proses pengisian daya baterai, karena selama smartphone dimatikan tidak ada aktivitas dari penggunaan yang dapat menyebabkan  daya baterai ketika proses charge.

  1. Aktifkan Mode Jaringan Airplane

Mengaktifkan mode jaringan Airplane dapat membuat smartphone tidak beroperasi untuk mencari jaringan (terutama jaringan internet) selama proses charge, otomatis konsumsi daya yang digunakan menjadi lebih minimalis dan proses charge lebih cepat.

  1. Pilih Stop Kontak yang Tepat

Sering kali kita tidak memperhatikan pemilihan stop kontak ketika melakukan charge, padahal hal tersebut sangat berpengaruh ketika melakukan pengisian daya baterai. Hal tersebut disebabkan karena tegangan pada tiap stop kontak berbeda dan bisa saja tidak sesuai dengan charger smartphone teman-teman. Ketidaksesuaian dengan charger dapat menyebabkan charge lebih lambat dan merusak smartphone tentunya.

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu gunakan untuk proses charge yang lebih cepat. Semoga bisa membantu menyelesaikan masalah lambatnya pengisian daya pada smartphone sobat semua.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya

Tinggalkan komentar