sidik jari smartphone

Sidik Jari Smartphone Berpotensi Dibobol

Bagikan postingan ini

Sidik jari atau yang biasa disebut fingerprint sejatinya menjadi salah satu pengaman yang ad di smartphone. Tegnologi fingerprint yang dirasa aman kini terancam. mengapa bisa begitu ? Baru-baru ini dikabarkan Peneliti asal  Amerika Serikat berhasil mempelajari dan menciptakan sidik jari buatan yang bisa membuka sidik jari smartphone. Sidik jari buatan yang di ciptakan dari tegnologi machine learning yang berperan sebagai kunci utama (master key)  yang akan digunakan membuat sidik jari buatan untuk membobol smartphone.

sidik jari smartphone

Peneliti yang berasal dari universitas Newyork dan Michigan mengatakan bahwa teknologi machine learning bisa membuka 2 dari 3 smartphone yang dipasang sidik jari. mereka menyebut masterkey tersebut dengan nama “deep master print”. Bagaimana cara kerjanya ?

Menurut makalah yang dibuat pada 8 oktober lalu yang ditulis oleh peneliti tersebut tercatat bahwa sidik jari sintetis dapat digunakan untuk membuka dan merentes data smartphone yang menggunakan sidik jari sebagai pengamanan tambahan.

Peneliti yang bernama Philip Bontrager, Aditi Roy, Julian Togelius, Nasir Memon dan Arun Ross adalah para peneliti yang menciptakan teknologi sidik jari buatan. mereka mengatakan bahwa pemindaian sidik jari yang dilakukan tidak sepenuhnya mengenali sidik jari tersebut tetapi hanya secara parsial atau tidak sedetail sidik jari asli misalnya Untuk setiap sidik jari yang disimpan sebagai ganti kata sandi alat tersebut akan menyimpan banyak gambar.

Jika anda membuka ponsel dengan sidik jari maka perangkat akan mengenali sidik jari parsial tersebut dari gambar-gambar yang disimpan tadi dalam sistem keamanan fingerprint. satu sidik jari yang disimpan perangkat menyimpan kurang lebih 10 gambar jika 3 sidik jari perangkat menyimpan kurang lebih 30 gambar sidik jari parsial dengan master print hanya memerlukan 5 atau 10 sidik jari kata peneliti untuk mengumpulkan data sidik jari yang akan disatukan.

Menurutnya temuan tersebut bisa menjadi amcaman yang serius disistem keamanan, untuk itu para peneliti memberi saran untuk terus meningkatkan kwalitas keamanan teknologi dan fitur fingerprint agat tidak mudah dibobol danr tidak merugikan konsumen dikemudian hari serta untuk melindungi data smartphone dari pembobolan orang yang tidak bertanggung jawab.

Tetap berhati-hati dan tetap waspada. Jaga smartphone anda supaya tidak hilang

sampai jumpa di tech news selanjutnya.

Tinggalkan komentar