Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi

Bagikan postingan ini

AsikMain.com – Baterai bocor memang menjadi masalah yang sangat sering terjadi bagi pengguna ponsel saat ini. Saya sering membahas tema yang berkaitan dengan perawatan baterai baik untuk laptop maupun perangkat seluler. Alasannya memang karena banyaknya kendala yang terus muncul dalam penggunaanya termasuk Baterai Bocor.

Kendala yang utama dan sering dihadapi oleh pengguna gadget saat ini mengenai baterai adalah karena cepat habis atau lowbat, baterai cepat habis bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena baterai bocor.

Untuk mengatasi baterai yang bocor, kita hanya perlu mengganti baterai yang baru karena sangat sulit untuk memperbaikinya, tetapi untuk mengetahui apakah baterai yang kita gunakan benar-benar bocor atau tidak, kita harus memastikan dengan teliti dan jangan buru-buru untuk menggantinya dengan yang baru.

Ciri-ciri yang paling terlihat ketika perangkat seluler kita baterai nya sudah bocor adalah baterai cepat habis, dan biasanya ketika sudah penuh tiba-tiba langsung habis dalam waktu beberapa menit dan bahkan HP bisa mati mendadak. Tentu saja hal ini harus segera diperbaiki atau digantikan dengan baterai baru jika para sobat tidak ingin terjadi masalah lebih lanjut misalnya saja kerusakan pada OS karena mati mendadak.

Untuk mengganti baterai HP baru, tentu sangat mudah, kita hanya tinggal membeli baterai asli sesuai merek HP yang kita gunakan, dan memasangnya dengan mengganti yang lama. Tetapi akhir-akhir ini, ponsel yang laris dipasaran rata-rata memiliki jenis non- removable, sehingga kita tidak bisa membukanya sendiri untuk mengganti baterai, kalaupun kita bisa membuka sendiri, tetapi biasanya HP yang sudah di bongkar bukan dari pihak service resmi, kita akan kehilangan garansi.

Untuk mengganti baterai yang tidak bisa dilepas atau baterai tanam, kita harus pergi ke service center untuk menggantinya, karena tidak semua tempat bisa membukanya dan menyediakan baterai asli sesuai dengan merek HP yang kita gunakan. Tetapi jika para sobat tidak mau repot dengan masalah baterai, sebaiknya para sobat merawat baterai dengan baik sehingga dapat digunakan lebih lama.

Baterai bocor sangat variatif, dari yang sudah parah hingga masih pada tahap awal. Untuk mengatasi hal tersebut, AsikMain.com akan menyajikan informasi mengenai kenapa Baterai HP kita bisa bocor dengan ciri-ciri umum dan bagaimana cara supaya baterai HP tidak bocor.

Penyebab Baterai Bocor pada HP

Sering membiarkan HP terlanjur mati

Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi
sumber : bukandroid.com

Penyebab utama kenapa baterai HP kita bisa bocor karena kekeliruan dalam pemakaian, yaitu menunda pengisian daya hingga 0% dan HP mati secara mendadak. Sebaiknya kita melakukan pengisian daya sebelum kurang dari 20%, karena jika baterai habis total hingga 0%, daya akan lebih sulit masuk dan baterai akan di pacu untuk mengaktifkan ion yang sudah habis total.

Afek dari HP mati total karena daya 0% memang tidak dirasakan secara langsung, tetapi jika kita sering membiarkan HP mati total, Baterai tentu saja akan cepat bocor karena arus akan sering di pacu masuk kedalam baterai untuk memancing pengaktifan ion, sehingga jangan pernah membiarkan HP para sobat kehabisan daya hingga 0% jika tidak ingin mengalami baterai bocor.

Ngecas sambil digunakan untuk Telepon atau Main Game

Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi
sumber : phinemo.com

Faktor penyebab kedua adalah karena kebiasaan buruk kita dalam menggunakan HP, sering kali kita menggunakan HP sambil di cas, misalnya saja sambil main game atau menelepon. Kenapa kebiasaan tersebut dapat membuat baterai bocor?

Karena ketika HP sedang digunakan terutama untuk aktivitas berat seperti bermain game, baterai akan terkuras lebih banyak karena membutuhkan daya untuk menggerakan komponen lebih berat, sehingga jika kita bermain game sambil melakukan pengisian daya, baterai akan bekerja sangat keras pada satu bagian saja.

Baterai tersusun dari tumpukan serbuk lithium ion positif dan negatif yang dikembangkan dengan teknologi nano, ion lithium yang akan menyimpan daya untuk kinerja perangkat selular kita, jika kita melakukan pengisian daya misalnya daya pada posisi 60% dan memakainya untuk bermain game pada daya 60% dengan jumlah arus daya masuk dan keluar hampir sama, sehingga baterai tidak bertambah atau berkurang dan atau bertambah tapi sangat lambat, hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan ion pada titik yang sangat intens melakukan tarik ulur daya, yang saya contohkan adalah pada posisi 60%. Jika hal tersebut sering dilakukan, Ion Lithium akan mengalami kerusakan lebih cepat dan akhirnya bisa dikategorikan baterai bocor.

Dari penjelasan diatas, sangat jelas sekali kita tidak boleh melakukan kebiasaan tersebut untuk menjaga baterai tetap awet, sebaiknya lakukanlah pengisian daya sampai penuh baru menggunakanya, lagi pula saat ini sudah banyak ponsel pintar yang dibekali dengan pengisian cepat atau fast charging, sehingga kita tidak terlalu menunggu lama.

Memakai Power Bank

Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi
sumber : anakkost.tv

Baterai bocor SERING sekali diakibatkan karena pemakaian Power Bank. Kenapa Sering?, karena walaupun dengan power bank atau pengisi daya portable sangat praktis digunakan saat kita bepergian, orang akan menjadi ketergantungan menggunakanya, sehingga arus daya tidak stabil.

Arus daya pada perangkat kita menjadi tidak stabil karena intensitas penggunaan Power bank yang terlalu sering, misalnya pada kondisi baterai 60% di charge sampai 100%, turun 80% di charge lagi sampai 100%, turun lagi sampai 70% di charge lagi, dan seterusnya, sehingga karena proses tarik ulur ini membuat Ion Lithium menjadi rusak dan baterai cepat bocor.

Jangan terlalu sering menggunakan Power Bank, dan pergunakan pengisian daya portable tersebut jika memang mendesak sekali, karena sebaiknya kita melakukan pengisian daya langsung pada stopkontak dan menunggunya hingga penuh.

Ciri – ciri Baterai Bocor

Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi
Baterai tidak langsung bocor begitu saja, biasanya prosesnya akan bertahap jika kita menggunakan HP tanpa merawatnya, Jika para sobat mengalami beberapa gejala di bawah ini, saya pastikan baterai HP para sobat sudah bocor.

Baterai Menggelembung

Jika para sobat menggunakan HP dengan baterai yang dapat dilepas, tentu akan terlihat secara fisik bentuk baterainya, ketika baterai HP para sobat berubah bentuk seperti menggelembung dan ketika digunakan menjadi cepat habis, sudah dipastikan pasti baterai sudah bocor. Tetapi bagi pengguna ponsel dengan baterai non-removable akan kesulitan melakukan pengecekan secara fisik untuk mengetahui bentuk baterai.

Terjadi penambahan dan pengurangan daya yang tidak biasa

Ketika di Cas cepat penuh, dan ketika digunakan cepat drop. Hal tersebut menandakan baterai sudah bocor, dan sebaiknya segera diatasi dengan menggantinya.

Baterai Terlalu panas

Tanpa kondisi fisik yang mengalami perubahan, jika baterai menjadi cepat habis dan menjadi cepat panas, besar kemungkinan baterai juga sudah bocor. Untuk HP dengan baterai yang bisa dilepas kita bisa membuka casing dan memegangnya, tetapi untuk HP dengan baterai yang tidak bisa dilepas, kita bisa memegang bagian belakang yang biasanya tertanam baterai, jika suhunya panas, itulah pertanda baterai sudah bocor.

Baterai yang sudah bocor tidak ada solusi untuk memperbaikinya, dan kita sangat disarankan untuk menggantinya dengan yang baru sehingga tidak berdampak pada komponen lain. Karena tidak ada solusi memperbaikinya, kita sebaiknya menjaga dan merawat baterai HP kita dengan baik seperti memasang aplikasi penghemat baterai pada ponsel, dan juga menggunakan Cara Ngecas HP dengan baik sehingga dapat menambah umur penggunaan baterai HP.

Demikianlah ulasan pengenai Baterai bocor yang dapat para sobat ketahui, dan yang perlu diingat adalah mencegah lebih baik dari pada memperbaiki, karena jika sudah rusak tentu akan lebih sulit untuk ditangani, semoga dapat menginspirasi.

6 pemikiran pada “Cara Mudah Mengenali Penyebab Baterai Bocor dan Solusi”

Tinggalkan komentar