2 Cara Mudah Merawat Kamera HP Supaya Hasil “Jepretan” tetap jernih!

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Merawat Kamera HP. Zaman sekarang sudah jarang sekali ditemukan HP tanpa Kamera. Walaupun kamera hanyalah sebuah aksesoris pelengkap dalam perangkat selular, tetapi trend mode saat ini sudah berubah, banyak orang membeli HP bukan semata-mata hanya untuk sebagai alat komunikasi, melainkan karena beberapa fitur tambahan seperti perlengkapan kamera.

Kamera pada ponsel cerdas saat ini bahkan tidak hanya satu, banyak produsen HP membekali produk mereka hingga 5 Kamera terpisah dengan resolusi maupun fungsi yang berbeda-beda. Dengan banyaknya kamera yang terpasang pada HP tentu saja kita membutuhkan perawatan lebih untuk menjaga kualitas dan performa setiap lensa.

Banyak sekali masalah yang dialami oleh pengguna HP terkait masalah kamera misalnya hasil foto sudah tidak sebaik waktu awal membeli HP, hal tersebut sangatlah wajar karena mungkin kita tidak merawat kamera HP dengan benar. Kualitas gambar menurun bisa disebabkan banyak hal misalnya lensa kotor, tergores, dan atau memang terjadi kerusakan pada optik lensanya.

Pada artikel kali ini Comcru.com akan menyajikan beberapa kiat-kiat yang mudah dipraktekan sehingga para sobat dapat merawat kamera HP dengan baik dan benar. Dengan merawat Kamera HP secara baik dan rutin, maka kamera HP para sobat tentunya akan tetap bagus digunakan walaupun sudah lama di pakai. Berikut adalah tips Merawat kamera HP dengan baik dan benar.

Merawat Kamera HP

Untuk merawat Kamera HP dengan benar, kita mulai dari yang paling mudah dan ekonomis hingga cara yang expert ya!, simak tipsnya sebagai berikut.

1. Membersihkan Lensa Kamera

Membersihkan lensa kamera adalah hal yang wajib dilakukan dalam merawat kamera HP. Membersihkan kamera HP tentu saja bertujuan untuk menjaga kualitas gambar yang dihasilkan dari jepretan lensa kamera HP kita. Dalam membersihkan kamera, adapun beberapa cara yang berhubungan dengan jenis masalah yang timbul. Untuk lebih lengkapnya kita mulai saja dari yang pertama.

Membersihkan Lensa kamera tergores

Goresan yang timbul pada lensa tentu saja akan mempengaruhi kualitas gambar yang di hasilkan oleh lensa, tetapi para sobat jangan khawatir karena kalian bisa menghilangkan goresan tersebut dengan sangat mudah walaupun dengan cara yang tidak lazim.

Caranya adalah dengan pasta gigi, dengan menggunakan “pasta gigi”, ternyata kita bisa menghilangkan bekas goresan pada lensa kamera lho!. Langkah untuk membersihkannya adalah cukup oleskan pasta gigi pada lensa kamera (jangan terlalu banyak), lalu gosok secara perlahan dengan kain lembut hingga pasta gigi hilang. Atau jika sela lensa sangat sempit dan kecil sehingga tangan kita tidak bisa menjangkau, para sobat bisa menggunakan Cotton bud untuk membantu menggosok pasta gigi yang sudah di oleskan.

Walaupun tidak lazin, cara ini sangat terkenal dan ampuh dalam mengatasi lensa kamera yang tergores sehingga dengan gambar hasil jepretan menjadi bening kembali seperti baru, dan belakangan ini juga cukup populer pasta gigi dapat digunakan untuk menghilangkan goresan pada layar HP.

Membersihkan lensa berdebu

Lensa kamera HP menjadi berdebu biasanya karena penggunanya sering menaruh HP sebarangan, sehingga banyak debu yang menempel pada lensa dan mungkin kualitas gambar menjadi buram, sebenarnya kualitas gambar tetaplah bagus tetapi karena terhalang gambar menjadi buram.

Cara membersihkan lensa berdebu ini juga tidak kalah unik dengan lensa tergores, para sobat bisa memanfaatkan “minyak kayu putih” atau “minyak telon bayi” untuk membersihkan debu yang menempel pada lensa kamera.

Minyak kayu putih memang terbukti sangat ampuh menghilangkan debu, caranya juga sangat mudah yaitu gosokan Cotton bud yang dibasahi dengan minyak kayu putih pada lensa kamera sampai bersih, setelah itu bersihkan dengan kain kering yang lembut untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih yang menempel pada lensa.

Membersihkan lensa Berembun

Kondisi lensa kamera menjadi berembun biasanya karena HP disimpan pada tempat lembab, jika kamera berembun tentu saja kita akan kesulitan mengeluarkan air yang biasanya berada didalam kaca lensa. Jika kamera kondisinya berembun, tentu saja kualitas gambar tidak akan bagus, dan yang pasti buram karena tertutup air.

Cara mengatasi kamera berembun adalah dengan mengeringkan dan menguapkan air yang berada di dalam lensa, caranya bisa dengan menggunakan Hair Dryer. Sebelum menggunakan Hair Dryer, para sobat sebaiknya melepaskan baterai terlebih dahulu untuk HP yang memiliki jenis baterai removable, karena hawa panas yang akan dituipkan oleh Hair Dryer akan berdampak negatif bagi baterai. Dan jika para sobat menggunakan HP dengan baterai yang non- removable, biasanya jarang mengalami kendala ini karena jenis kamera biasanya memiliki kaca lensa yang menempel dekat pada optiknya.

Untuk mengaplikasian Hair Dryer pada lensa yang berembun, para sobat bisa meniupkan dari arah samping atau dari bagian belakang kamera setelah baterai di buka. Sehingga embun dapat menguap dan kamera bisa jernih kembali.

Selain membersihkan lensa, untuk merawat kamera HP, para sobat juga dianjurkan untuk melindunginya dengan cara sebagai berikut.

2. Melindungi Kamera HP

Melindungi Kamera HP bisa dilakukan dengan beberapa aksesoris tambahan, dan juga menggunakan beberapa tips untuk lebih mengoptimalkanya.

Memasang Pelindung kamera

pelingdung kamera atau Lens Protector merupakan aksesoris yang dapat melindungi kamera HP para sobat. Pelindung ini biasanya berbentuk bumper lingkaran sesuai dengan jenis dan merek HP yang akan mengelilingi kamera, biasanya menggunakan bahan plastik, karet dan bahkan logam.

Penerapan pelindung kamera ini adalah untuk menghindari atau menahan agar tidak terbentur secara langsung sehingga tidak akan terjadi goresan pada kamera HP, pengaplikasian ini sama halnya temper glass untuk pelindung layar HP.

Pelindung ini sangat sulit ditemukan, sehingga para sobat bisa mencarinya di toko online dan mungkin juga bisa di toko ponsel besar.

Mengganti tutup lensa

Penggantian tutup lensa ini dilakukan karena mungkin saja tutup lensa sudah sangat parah tergores sehingga tidak bisa diperbaiki. Kita bisa mencari tutup lensa anti gores sehingga hasil gambar tidak akan menurun jika tidak sengaja HP terbentur tepat pada lensa kamera, karena sudah dilengkapi dengan penutup anti gores.

Untuk pemasangan penutup lensa ini caranya dengan mencongkel dan menggantikan dengan yang baru, sehingga jika para sobat tidak yakin untuk memasang sendiri, kalian bisa minta tolong kepada tukang servis HP berpengalaman atau pergi ke service center.

Gunakan case

Penggunaan case selain melindungi HP dari guncangan, juga bisa digunakan melindungi Kamera HP agar lebih awet, karena bentuk case yang menutup pada bagian lensa tentu saja akan menghindarkan kamera HP dari berbagai gangguan yang menurunkan kualitas gambar seperti debu, kotoran, benturan dan mungkin juga air yang sangat berbahaya bagi semua perangkat elektronik.

Itulah beberapa perlindungan yang dapat kita lakukan supaya kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera HP tetap bagus dan jernih, selain tips di atas, ada beberapa hal yang harus dihindari untuk merawat kamera HP sebagai berikut :

  • Jangan sampai kamera terbentur secara langsung, karena dapat membuat goresan dan bahkan pecah
  • Usahakan jangan menaruh HP di saku celana yang ketat, karena bisa menyebabkan goresan karena tergesek kain celana yang kasar misalnya celana Jeans.
  • Jangan menaruh HP pada permukaan kasar, karena bisa menimbulkan goresan pada kamera HP
  • Untuk menghindari lensa berembun, maka jangan letakkan HP di tempat lembab.
  • Jangan biarkan lensa terbuka begitu saja, segera pasanglah pelindung kamera sejak pertama kali pembelian, biasanya toko akan memberikan diskon ketika melakukan pembelian berikut pelindung layar atau temper glass.

Demikianlah beberapa hal yang dapat para sobat ketahui tentang bagaimana cara merawat kamera HP. Para sobat bisa meninggalkan komentar untuk menambahkan tips lain yang belum ditulis pada daftar di atas sehingga bisa menjadi referensi bagi para pembaca. Semoga dapat menginspirasi.

Tinggalkan komentar