Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Bagikan postingan ini

Comcru.com – TouchPad Laptop Tidak Berfungsi. Kalau kalian sering menggunakan laptop tentu saja tidak akan lepas dari penggunaan Touchpad sob!. Komponen Touchpad ini biasanya menempel pada Keyboard kalian, atau satu paket dengan Keyboard pada laptop ya.

Touchpad laptop memang lebih praktis digunakan dibandingkan dengan penggunaan Mouse ya sob!, apa lagi Mouse yang masih menggunakan kabel, sehingga kita harus ribet dengan yang namanya kabel tertali dan lain sebagainya. Nah, dengan menggunakan touchpad laptop kita bisa menggerakan kursor tanpa mouse, yaitu hanya dengan ujung jari saja.

Walaupun penggunaan Touchpad Laptop tidak seefektif kalau menggunakan Mouse, tapi Touchpad laptop memang lebih praktis sob, jadi banyak sekali pengguna laptop yang jarang menggunakan mouse untuk menggerakan kursor.

Karena seringnya digunakan, tidak jarang Touchpad laptop tidak berfungsi alias rusak sob!. Barang digunakan memang wajar rusak ya!, tapi kalau tidak dirawat dengan baik biasanya akan rusak lebih cepat dari biasanya.

Nah, Bagaimana kalau Touchpad Laptop tidak berfungsi min?, Kalin tenang dan baca tips berikut baik-baik sob, selain itu nanti Admin Comcru.com juga akan memberkan beberapa tips sederhana untuk menjaga supaya Touchpad Laptop kalian tidak cepat rusak.

Tips Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Kalau Touchpad laptop sudah terlanjur tidak brfungsi itu merupakan pertanda kalian kurang merawatnya dengan baik sob!, setidaknya kalian cuci tangan dulu lah sebelum memakai Laptop, supaya touchpad nggak error.

Tapi kalau touchpad laptop sudah tidak berfungsi, coba beberapa cara yang mudah di praktekan berikut ini.

Kombinasi Tombol Fn + F(1-12)

Jika kalian kaget secara mendadak Touchpad laptop tidak berfungsi, jangan panik dulu sob!, bisa jadi hanya terpencet saja, karena biasanya ada tombol kombinasi untuk mengaktifkan dan non aktifkan fungsi touchpad dengan kombinasi Fn + F 1- 12.

Kenapa F 1-12 Min?, karena setiap merek memiliki pengaturan yang berbeda-beda sob, jadi kalian bisa membaca buku panduan atau melihat pada gambar di Keyboard kalian ya!.

Bisanya Touchpad laptop bisa di disable dengan kombinasi tombol tersebut dan mengaktifkanya juga dengan menggunakan tombol yang sama, coba kalian praktikan dulu dengan kombinasi tombol tersebut, jika berhasil maka Touchpad laptop kalian tidak rusak, dan kalian hanya salah menduga saja sob!

Aktifkan Touchpad Laptop dari pengaturan Mouse

Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara yang pertama sob, tapi lebih memutar jalan saja. Jadi kita bisa mengaktifkan Touchpad yang tiba-tiba tidak berfungsi dengan menggunakan Mouse Setting. Caranya juga sangat mudah sekali sob.

  • Buka Windows
  • Cari pada pencarian Mouse
  • Buka Mouse and Touchpad Setting
  • Pilih Medium Delay

Cara ini bisa di terapkan pada Windows 8 sob, kalau kalian menggunakan Windows 10, maka caranya agak berbeda sedikit ya, untuk lebih detail simak cara berikut.

  • Buka Windows
  • Pilih Setting
  • Pilih Device
  • Pilih Mouse and Touchpad
  • Lihat pada bagian bawah dan pilih atau Klik Additional Mouse Options untuk mengaktifkan touchpad.

 

Itulah cara mengaktifkan touchpad dengan cara lain, tapi untuk lebih mudahnya kalian sebenarnya tidak perlu terlalu ribet sob, karena bisa menggunakan kombinasi tombol seperti cara pertama. Sehingga cara pada poin dua ini supaya kalian tahu semuanya saja sob, kalu saja nanti tiba-tiba kombonasi tombol tidak berfungsi kalian bisa menggunakan cara ini. Setuju ya sob!

Kalau kalian belum bisa mengatasi masalah Touchpad laptop tidak berfungsi dengan cara ini, kalian bisa lanjut ke cara berikutnya sob.

Hapus Perangkat lunak Mouse

Masalah Touchpad Laptop tidak berfungsi bisa karena adanya software bawaan mouse sob, jadi software mouse biasanya membuat touchpad melakukan penolakan sehingga tidak berfungsi, sehingga cara mengatasi masalah ini bisa dengan menghapus software tersebut.

Cara menghapus perangkat lunak Mouse dapat dilakukan dengan cara yang mudah juga sob, perhatikan beberapa langkah berikut ini.

  • Tekan Kombinasi Windows + X
  • Pilih Device Manager
  • Pilih Mice and Other Pointing Device
  • Pilih HID-Compliant Mouse
  • Klik kanan dan Uninstall
  • Biasanya akan muncul jendela “delete the driver software for Device” kilk “OK”
  • Setelah selesai jangan lupa Restart Laptop kalian ya sob!

Cara tersebut biasanya sangat efektif digunakan sob, tapi yang menjadi kendala jika kalian gagal menggunakan cara ini, maka biasanya akan sulit sekali dalam memperbaikinya karena tidak adanya hardware yang menggerakan kursor. Jadi sebaiknya fikirkan terlebih dahulu ya sob!, admin tidak mau menjerumuskan kalian.

Update dan Install Driver

Jika tadi kita menghapus Driver, pada langkah kali ini kita akan menginstal driver sob!. Biasanya karena masalah pada driver, touchpad laptop menolak untuk berfungsi, hal ini terjadi bisa karena Driver membutuhkan Update atau Driver belum terpasang sob!

Jika kita baru saja melakukan Update pada Windows yang sedang digunakan, biasanya kita mengalami beberapa masalah seperti tidak terupdatenya driver untuk touchpad, sehingga kita harus melakukan update secara manual sob!.

Walaupun manual, caranya nggak sulit sob, jadi kita kembali lagi ke Device manager ya, kalau kalian lupa, baca lagi pada cara sebelumnya.

  • Jika sudah masuk device manager pilih Mice and Other Pointing device
  • Pilih PS/2 Competible Device
  • Klik kanan dan Update driver SoftwareCara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi
  • Tunggu beberapa saat dan Restart laptop

Cara ini Biasanya membutuhkan koneksi internet ya sob, karena kita membutuhkan download Driver dari Microsoft untuk pembaruan atau Update. Supaya lebih detail, kalian bisa baca informasi langsung dari Microsoft disini sob : Mouse & Keyboard center Microsoft

Untuk mengatasi masalah tidak terinstalnya Driver, kita hanya perlu mencari Driver Touchpad yang kompetible dan biasanya disediakan di website produk laptop kalian, download dan instal supaya kalian bisa menggunakan Touchpad laptop.

Membawa ke Service center

Kalau kalian tidak bisa mendapatkan hasil yang bagus dari cara di atas, maka sebaiknya bawalah laptop kalian ke Service center kalau laptop kalian masih memiliki garansi sob, karena biasanya untuk kerusakan pada Tochpad masih ter cover oleh garansi, jadi tidak perlu membayar biaya perbaikan.

Atau kalian bisa membawanya ke tukang service terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Karena Touchpad yang rusak dari hardware biasanya membutuhkan bongkar pasang yang sangat beresiko kita lakukan sendiri sob!, kalau kalian ahlinya sih nggak masalah, tapi kalau hanya bisa-bisaan sebaiknya jangan ya, nanti malah rusak semua soalnya.

Itulah beberapa langkah dalam mengatasi Touchpad Laptop tidak berfungsi. Kerusakan karena pemakaian yang sangat lama memang tidak bisa terhindarkan sob, tapi sebisa mungkin kita harus merawat semua perangkat elektronik yang kita miliki supaya tidak cepat rusak dan lebih hemat dalam pengeluaran.

Touchpad Laptop yang tidak berfungsi memang biasanya terjadi karena kendala software tetapi juga tidak jarang karena hardwarenya yang sudah rusak atau sensornya sudah tidak normal lagi dan biasanya kita menggunakan laptop dengan jari yang kotor misalnya saja basah atau berminyak.

Untuk menjaga touchpad laptop secara sederhana, kalian bisa mulai dari cara menggunakanya sob, jadi bersihkan dulu tangan kalian dan kalau perlu pasang pelindung pada touchpad sehingga selain aman dari debu juga dapat lebih awet digunakan karena tidak bersentuhan langsung dengan jari.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai masalah touchpad laptop tidak berfungsi, dari potongan di atas semoga dapat menyelesaikan masalah kalian untuk mengatasi touchpad laptop yang tidak berfungsi. Semoga dapat bermanfaat sob!.

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi”

Tinggalkan komentar