Cara Mengatasi Pengisi Daya Laptop Rusak

Bagikan postingan ini

Cara Mengatasi Pengisi daya Laptop Rusak – Comcru.com. kali ini saya akan membahas mengenai pengisian daya pada perangkat Laptop, saya pernah punya pengalaman Laptop tidak mau mengisi padahal listrik menyala dan adaptor dalam keadaan baik, setelah saya cek ulang, ternyata pengaturan daya Laptop saya mengalami masalah dan saya diarahkan untuk melakukan kalibrasi ulang.

Dari permasalahan saya di atas, pasti banyak dari sobat tekno mengalami masalah dengan pengisian daya, setelah saya mencari tahu ke beberapa informan dan surfing di dunia maya, ternyata memang banyak sekali kendala yang dihadapi mengenai pengisian daya ini, mulai dari hardware yang bermasalah hingga sistem yang terkena Virus. Berikut adalah beberapa masalah dan penyelsaian yang dapat membantu para sobat tekno untuk memperbaiki pengisian daya yang bermasalah.

Dalam mengatasi permasalahan pengisian daya pada laptop biasanya dibagi menjadi dua permasalahan, kalau tidak hardwarenya pasti software, karena memang perangkat laptop terdiri dari dua komponen tersebut, berikut ini akan saya bahas untuk para sobat tekno mulai dari Hardware karena perangkat keras adalah intinya, jika hardwarenya bekerja dengan baik tentu saja software tidak akan bermasalah.

Cara mengatasi Masalah Pengisian daya pada Laptop

Cara mengatasi masalah pengisi daya laptop melalui hardware atau perangkat keras

Perangkat keras atau Hardware adalah sasaran utama untuk melihat permasalan ini, daya yang tidak masuk atau kegagalan pengisian daya sangat fatal sekali untuk perangkat laptop kita, jika hardware adalah masalah utamanya, maka kita harus segera mengetahui titik erornya dan segera memperbaikinya, berikut ini adalah tahapan untuk memperbaiki pengisian daya laptop ditinjau dari Hardwarenya :

Masalah Stopkontak

Stopkontak atau colokan listrik adalah masalah klasik, cobalah cabut kabel daya pengisian laptop, tunggu beberapa saat dan cobalah untuk menancapkan ke stopkontak yang lain, jika para sobat bisa mengisi daya dengan stopkontak lain berarti pengisian daya normal.

Untuk memastikan laptop kita berhasil melakukan pengisian daya kita bisa melakukan pengecekan pada lampu indikator, kebanyakan laptop memiliki lampu indikator disatu tempat, sehingga ketika lampu indikator menyala tentu saja adaptor dalam keadaan normal, karena hal itu menandakan ada arus masuk. Biasanya lampu indikator berada pada adaptor dan untuk laptop dengan merek Mac biasanya lampu indikator berada pada ujung kabel pengecas magnet dan menyala orange ketika sedang mengisi dan hijau ketika sudah penuh.

  • Apabila pengisian daya dapat berfungsi dengan baik dan tiba-tiba mati dan menyala kembali tentu saja itu adalah masalah pada stopkontak, segeralah mencari colokan stop kontak lain.
  • Apabila adaptor atau laptop panas tunggulah sebentar sebelum menancapkan kembali ke stopkontak, tunggulah hingga dingin lalu baru mulai mencoba pengisia daya lagi.

Masalah Adaptor daya

Para sobat harus meneliti seluruh bagian kabel listrik untuk mencari adanya permasalahan seperti kabel sobek, penyek, atau kerusakan lain pada kabel pengisian daya. Jika ternyata ada kabel yang keluar atau terbakar sebaiknya para sobat membawanya ke tukang service untuk diperbaiki atau membeli yang baru, dan cobalah laptop sobat dicas dengan charger lain, jika berhasil berarti masalahnya adalah pada adaptor daya.

  • Untuk laptop merek dan model terbaru dengan pengisian daya USB-C misalnya saja Metabook X Huawei pastikan adaptor daya telah terhubung ke laptop, laptop jenis seperti ini biasanya hanya memiliki satu colokan USB-C untuk mengisi daya, dan port USB yang lain digunakan untuk mentransfer data, mouse dan lain sebagianya.
  • Periksalah garansi laptop para sobat, karena untuk masalah pengisian daya biasanya masih bisa ditanggung oleh garansi toko.
  • Mengenai masalah adaptor daya ini adalah masalah yang paling sering terjadi, periksalah pengisian daya terhubung dengan baik pada adaptor dan kotak pengecas, selain itu juga mungkin colokan pada laptop juga sudah aus karena sering digunakan.


Jack daya laptop

Jika adaptor dalam keadaan baik dan semua kabel masih dalam keadaan baik juga cobalah melakukan pengecekan pada jack daya yang menancap pada laptop, jika pin daya bengkok atau longgar tentu saja hal tersebut akan menjadi masalah pengisian daya, karena bisa saja jack telah terlepas dari motherboard. Bawalah laptop anda ke tukang service untuk mendapatkan informasi kerusakan secara lebih detail.

Pin yang bengkok dan atau jack daya yang bermasalah akan sulit untuk kita perbaiki sendiri, sebaiknya kita bergegas untuk mendapatkan ganti dari garansi atau pergi ke tukang service terpercaya.


Baterai

Cobalah matikan laptop dan lepaskan baterai yang terpasang, lalu colokan laptop pada sumber daya dan nyalakan kembali laptop para sobat, jika tadinya laptop tidak dapat menyala dan sekarang dapat menyala tanpa baterai berarti para sobat membutuhkan baterai baru.

Apabila baterai laptop tidak bisa dilepas maka lewatilah langkah tersebut diatas, dan cobalah melakukan perbaikan melalui software windows sebelum membawanya ke tukang service.

Cara mengatasi masalah pengisian daya laptop dari software atau perangkat lunak

Pengaturan daya pada Windows

Masalah utama dalam pengisian daya adalah software, jika hardware dalam keadaan baik maka sasaran yang harus ditinjau adalah software, berikut ini adalah beberapa tahap untuk melakukan cek dan perbaiki pengisian daya melalui perangkat lunak windows

Periksa pada setting Windows

Klik kanan pada menu “Start” dan memilih “Setting”
Klik Opsi “Power and Sleep” yang berada di panel sebelah kiri.

Jika kita menggunakan windows, kita bisa melihat pengaturan penggunaan daya baterai dan laptop, mungkin saja kondisi laptop kita disetel terlalu sensitif sehingga ketika daya hampir habis laptop akan mati.

Periksa pada menu “Screen” dan “Sleep”

Periksalah untuk “when Plugged in” atau ketika di cas. Jika kita meletakan waktu 10 menit, maka ketika laptop kita sedang menyala dan tidak digunakan untuk melakukan apapun biasanya akan mati secara otomatis setelah 10 menit. Tingkatkan jumlah menit atau kita buat menjadi “Never” sehingga tidak mati secara tiba-tiba.

Gulirkan mouse kebawah dan periksa pada “Additional power setting”
Disini kita bisa melihat daftar power plan yang dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita. Pilih “Change Plan Setting” dan lakukan seperti poin sebelumnya, sehingga laptop tidak mati secara mendadak.

Periksa pada “Change advanced power setting”
menu ini berada pada bagian bawah “power plan”, cara cepat untuk menatasi adalah dengan memilih “Restore plan default” pada pojok kanan bawah, tapi hal ini akan menghapus semua power plan yang kita buat.

Periksa pada bagian “Battery”

pastikan langkah ini sobat lakukan dengan benar :

  • Pada menu “Critical Battery Action” pastikan sudah memilih “Do Nothing” untuk “Plug in”, sehingga laptop tidak akan melakukan Shut down ketika mecapai tingkat Baterai tertentu.
  • Dan juga untuk “Low Battery action” juga pilih “Do nothing” untuk “plug in”, alasanya adalah sama seperti yang di atas.

Lalu simpan perubahan dengan klik tombol “Ok”, untuk pengisian daya jika masih terjadi masalah, kiat harus menuju tahap selanjutnya.

Update Driver

  • Jalankan Device Manager, caranya dengan klik kanan pada “Start” lalu pilih “Device Manager” yang berada pada menu.
  • Pilih “Batteries” maka akan muncul semua driver yang akan berkaitan dengan baterai, daftar tersebut adalah satu entri untuk adaptor AC dan untuk baterai.
  • Klik kanan pada driver dan “update driver”, dan jika terdapat 2 entri pada scroll Batteries maka lakukan update satu persatu pada setiap entri tersebut. Ikuti petunjuk untuk update driver tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah Restart laptop”, jika setelah menyala masih ada permasalahan pada pengisian daya, sebaiknya para sobat ikuti langkah berikutnya.
  • Hapus dan Install ulang Driver
  • Jika laptop tidak dapat melakukan pengisian daya, para sobat tidak perlu khawatir, kita kembali ke “Batteries” pada “Device Manager”, klik kanan padaMicrosoft ACPI-compliant control Method baterry” dan pilih “Uninstall”.
  • Jika proses telah selesai, klik menu “action” dan pilih “Scan for hardware changes”, setelah itu lakukan restart pada laptop para sobat.
    Cara Mengatasi Pengisi Daya Laptop Rusak
  • Ada yang perlu diperhatikan oleh para sobat tekno, untuk melakukan tindakan ini para sobat membutuhkan koneksi internet, dan biasanya pada tahap terakhir ini jika hardware masih bagus, maka dengan melakukan instal ulang, semuanya akan berjalan lancar dan laptop para sobat kembali bisa mengisi daya dengan baik kembali.

JIka masalah para sobat tekno belum bisa teratasi dengan beberapa cara diatas untuk laptop dengan sistem operasi windows, para sobat bisa menanyakan langsung untuk masalah yang sobat tekno hadapi di website resmi microsoft sehingga dapat diatasi oleh tim ahli mereka, berikut ini adalah link tanya jawab untuk masalah driver baterai dan masalah update : FAQ Microsoft Windows

 

Pengaturan daya pada MAC

Jika para sobat memiliki laptop Mac, tentu saja memiliki cara yang berbeda untuk memperbaiki software baterai, untuk memperbaiki hardware atau masalah hardware kurang lebih hampir sama, dan untuk permasalahan software, berikut adalah beberapa tipsnya :

Update Software Mac
Periksalah update terbaru dari drivernya, biasanya Apple mnegeluarkan update terbaru untuk mengatasi masalah dalam pengisian dayanya atau adaptornya tidak menimbulkan masalah. Untuk memeriksa update terbarunya kita klik menu “Apple” dan cari “system Preference” dan pilih “Software Update” jika ada pembaruan sistem.

Periksai kesehatan Baterai
OS Mac biasanya dilengkapi dengan sistem untuk mendeteksi atau mengetahui kesehatan Baterai, caranya sangat sederhana, para sobat hanya perlu menahan tombol “Option” sembari klik ikon Baterai yang ada di menu bar, dengan begitu akan muncul informasi Beterai atau Battery Status. Pada informasi status baterai akan muncul beberapa informasi berikut ini :
1. Normal
Baterai masih berfungsi dengan baik atau normal.

2. Replace Soon
Baterai masih berfungsi dengan baik tapi kapastitas pengisian dayanya sudah tidak maksimal, para sobat tidak perlu panik, cukup periksa secara berkala supaya kondisinya tidak bertambah buruk.

3. Replace Now
Baterai masih berfungsi dengan baik tapi kapasitas pengisianya sudah mulai buruk, sehingga para sobat harus siap sedia kabel pengisian daya karena biasanya laptop hanya akan bertahan sebentar tanpa charger.

4. Service Battery
Baterai tidak berfungsi dengan baik, tetapi laptop masih bisa digunakan dengan selalu memasang kabel pengisian daya yang tetap terhubung. Para sobat harus segera mengganti baterai jika sudah ada indikasi tersebut, jika tidak, ketika terjadi mati mendadak nantinya malah akan berdampak pada sistem operasi atau hardware misalnya saja Hardisk.

Bawalah laptop para sobat ke layanan Apple untuk mendapatkan ganti, karena untuk permasalahan ini masih bisa dicover oleh garansi.

Periksalah pengaturan Energy Saver

Apabila laptop para sobat mati secara tidak terduga, kemungkinan ada masalah pada pengaturanya. Cobalah untuk memperbaiki pada menu Apple dan pilih “System Preference” lalu klik “Energy Saver dan selanjutnya pilih “Power Adapter” untuk mengetahui jenis pengaturan ketika masih dilakukan Charging atau dicolokan pada sumber daya listrik.

Pastiken slider berada pada “Turn Display off After” tidak disetel ke mode Sleep”, karena besar kemungkinan ketika komputer atau Laptop sobat tidak aktif beberapa saat, laptop akan masuk ke mode tidur atau “sleep” dengan waktu yang sudah ditentukan.

Matikan Mac

Jika masalah pengisian belum hilang, langkah terakhir adalah melakukan reset ulang seperti halnya setting untuk windows. Cara melakukanya adalah melalui System Management Control (SMC), dapat dimulai dengan mematikan Mac dan mencabut kabel adaptor dari stopkontak.

Tancapkan pengisi daya pada laptop dan jangan menyalakan latopnya terlebih dahulu. Setelah 5 menit, lakukan langkah berikut dan jangan sampai salah : tekan dan tahan “control”, “Shift” dan “Option” lalu klik “power” secara bersamaan. Tekan dan tahan tombol tersebut selama kurang lebih 5 detik sebelum jari para sobat lepas dari keyboard.

Setelah itu cobalah untuk menyalakan seperti biasanya, setelah laptop nyala kembali, SMC akan melakukan reset atau instal ulang sehingga masalah software pengisian daya pada Mac dapat diatasi.

Jika beberapa langkah diatas tidak bisa membantu para sobat tekno, kalian bisa langsung kunjungi website resmi Apple untuk menanyakan dan mencari solusi, silahkan kunjungi link berikut ini : Memperbaiki pengisi daya Mac

Itulah beberapa informasi cara bagaimana memperbaiki pengisian daya laptop yang bermasalah, tentu saja ada beberapa kendala yang mungkin tidak bisa diselesaikan dengan beberapa tutor diatas dan saya harap para sobat dapat memberikan masukan yang membangun kepada Comcru.com.  Selain itu, ada beberapa tips dalam memperbaiki pengisian daya yang bermasalah.

Tips Memperbaiki pengisian daya laptop

  1. Periksalah voltase atau tegangan arus pada adaptor daya yang disarankan oleh produsen laptop yang para sobat miliki, jangan sembarangan melakukan pengisian daya dengan kabel adaptor lain karena tentu saja akan merusak baterai. Sering terjadi karena pin cas laptop memiliki bentuk yang sama, para sobat tekno melakukan pengisian daya dengan adaptor lain, tentu hal ini tidak bisa dibenarkan karena adaptor daya dengan voltase yang berbeda dapat mendatangkan masalah pada baterai.
  2. Jika para sobat memiliki masalah dengan perangkat keras yaitu kabel adaptor, sebaiknya para sobat membeli ditempat yang resmi dari produk laptop yang sobat miliki atau belilah yang original/asli, karena banyak sekali model pengecas yang kualitasnya buruk dan membuat arus listrik membalik secara tidak sengaja, tentu hal ini akan berdampak buruk bukan hanya kepada baterai, namun bisa mengakibatkan konsleting pada laptop bahkan sirkui bisa terbakar.
  3. Ada beberapa jenis laptop yang memiliki baterai unremovable atau tidak bisa dilepas, sebaik sobat tekno bijak menyikapi hal ini jika memang ada kendala dengan masalah pengisian daya, sebaiknya sobat tekno periksa dulu kartu garansi, jika laptop masih dalam garansi pabrik, sebaiknya jangan mencoba membuka baterai sendiri, karena jika kita buka sendiri, kita tidak akan bisa melakukan klaim garansi.

Itulah Tips dari Comcru.com untuk para sobat tekno, masalah baterai memang sangat fital, karena jika pengisian daya kita mengalami masalah, tentu laptop tidak akan bisa digunakan, sehingga untuk menjaganya supaya tidak terjadi masalah, para sobat harus sebijak mungkin dalam menggunakanya, jangan melakukan pengisian daya terus-menerus karena sel pada baterai akan cepat aus, dan juga jangan melakukan pengisian daya ketika laptop sudah dalam keadaan kritis, jika terjadi mati mendadak tentu saja akan berdampak buruk. Itulah beberapa kiat mengatasi masalah pengisian daya pada laptop, semoga dapat bermanfaat.

3 pemikiran pada “Cara Mengatasi Pengisi Daya Laptop Rusak”

Tinggalkan komentar