Solusi Mengatasi Mic HP Rusak : Microphone HP Mati

Bagikan postingan ini

Comcru.com– Solusi mengatasi Mic HP Rusak. Microphone pada HP atau lebih sering di sebut Mic adalah komponen dari HP yang di gunakan oleh penggunanya untuk memasukan suara ke dalam HP dengan cara mengubah suara menjadi getaran listrik sinyal analog dan selanjutnya akan diolah sesuai dengan kebutuhan, baik itu untuk percakapan melalui Telepon, merekam suara, dan bahkan saat ini dengan menggunakan suara kita bisa memberikan perintah secara langsung kepada sistem asisten virtual misalnya Google Assistant. Canggih bukan!

Mic biasanya di tanam pada HP untuk berbagai kebutuhan, walaupun fungsi awal dari Mic pada HP ini hanya untuk mengirim gelombang suara melalui panggilan seluler, tetapi dengan perkembangan teknologi kita bisa menggunakan Mic untuk berbagai macam kebutuhan lain.

Mic merupakan komponen Vital dari sebuah perangkat HP, sehingga jika terjadi kerusakan tentu saja akan sangat mengganggu fungsi dari HP itu sendiri.Kerusakan pada Mic biasanya disebabkan oleh banyak hal, terutama karena kesalahan penggunanya. Untuk mengatasi Mic HP rusak, ada baiknya kita mengetahui penyebabnya sehingga kita bisa mengatasinya dengan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa masalah sekaligus solusi yang dapat para sobat praktikan untuk mengatasi Mic HP rusak.

Masalah dan Solusi Mic HP Rusak

Mic HP rusak tidak akan mudah untuk diperbaiki, dari beberapa masalah berikut ini, mungkin para sobat hanya akan menemukan cara merawat supaya Mic HP lebih awet daripada solusi untuk membenahi Mic yang sudah rusak, karena kerusakan pada membran alat perekam hanya bisa di perbaiki oleh orang yang profesional.

Terkena Air

Semua alat elektronik memang retan terhadap air, termasuk HP, karena air merupakan konduktor yang bersifat cair sehingga akan mengakibatkan konslet. Jika Mic HP terkena air, tentu saja juga akan rusak, karena dapat merusak Sirkuit pada bagian tersebut, selain itu juga akan berdampak pada komponen sekitarnya.

Jika para sobat mengalami masalah HP kerkena air, sebaiknya kalian segera mematikan HP untuk menghindari konslet atau hubungan arus pendek, sehingga tidak terjadi kerusakan lebih parah pada komponen.
Apakah HP akan rusak terkena Air?
Tentu saja, tetapi kita dapat meminimalisir dengan mematikan seluruh daya atau arus listrik, jika para sobat menggunakan HP dengan jenis baterai removable, kalian bisa langsung saja melepaskan baterai tanpa perlu mematikan HP sesuai dengan prosedur, sehingga HP segera terputus dari aliran listrik.

Untuk kasus Mic HP yang terkena air juga sama, Mic merupakan komponen HP yang mudah di lalui air karena biasanya memiliki lubang kecil. Segeralah matikan HP jika pada bagian Mic terkena air, dan buka semua penutup untuk mengeringkanya.

Setelah HP mati, keringkanlah bagian HP dengan cara menjemurnya atau bisa menggunakan Vacuum Cleaner. Dalam penggunaan Vacuum Cleaner, para sobat tidak bisa menggunakan alat penyedot debu rumah, karena daya sedot yang dihasilkan terlalu besar. Vacuum cleaner yang dimaksutkan adalah alat penyedot debu kecil yang merupakan perkakas untuk membersihkan alat elektronik, dan biasanya digunakan untuk membersihkan Keyboard laptop.

Setelah memang benar-benar kering, sebaiknya para sobat jangan langsung menyalakan HP, ditakutkan masih ada air yang menempel pada komponen dalam yang tidak kita ketahui, solusi dari masalah tersebut adalah dengan menaruh HP di tumpukan Silica Gel selama beberapa jam atau mungkin bisa 24 jam jika komponen yang terkena air cukup banyak. Butiran kristal kecil ini sangat ampuh sekali mengangkat kelembaban tanpa merubah strukturnya, sehingga HP akan sepenuhnya kering dengan menaruhnya pada tumpukan silica Gel.

Jika para sobat tidak memiliki Silica Gel, kalian bisa menggunakan Beras sebagai alternatifnya. Masukan HP kedalam beras selama beberapa hari untuk hasil yang maksimal, karena beras tidak lebih efektif dari silica gel, sehingga kita inisiatifkan untuk menaruhnya lebih lama di dalam beras.

Jika sudah benar-benar kering setelah melewati beberapa tahap tersebut, para soba bisa mencoba menyalakan HP dan melakukan tes apakah HP masih bekerja dengan baik. Untuk melakukan pengetesan pada bagian Mic, kalian bisa membuka aplikasi Recorder pada HP dan memasukan suara apa saja, cobalah mendengarkan hasil rekamannya, jika suara terdengar masih jernih dan bagus, berarti Mic para sobat selamat dari Air.

HP Terjatuh

HP secara tidak sengaja terjatuh juga mengakibatkan Mic HP Rusak, karena bisa jadi ketika terkena benturan keras, ada beberapa komponen yang bergeser sehingga mengakibatkan masalah pada sirkuitnya, dan terkadang juga terjadi konslet.

Jika HP sudah terjatuh hingga Casing terlepas dan bahkan baterai keluar, biasanya benturan yang terjadi sangat keras sehingga bisa berpotensi merusak komponen di dalamnya. Jika Mic HP rusak karena HP terjatuh, kita akan sulit untuk mengantisipasinya, bisa jadi membran rusak atau ada kabel yang terbakar akibat arus pendek, sehingga hanya teknisi berpengalaman lah yang dapat mengatasi masalah ini. Besar kemungkinan para sobat harus mengganti Mic HP dengan yang baru.

Lubang Mic Tertutup debu

Ciri-ciri lubang Mic tertutup debu biasanya suara yang di hasilkan menjadi kurang jelas atau terlalu pelan, karena lubang untuk memasukkan suara terhalangi oleh debu. Solusi mengatasi masalah ini sangat sederhana sekali, kita hanya perlu membersihkan lubang mic dari debu yang menyumbatnya.

Karena lubang Mic sangat kecil, para sobat tentu saja tidak bisa hanya dengan mengusapnya saja, kita harus menggunakan benda kecil seperti jarum atau alat SIM Injector untuk membuka kembali lubang yang tertutup debu. Untuk melakukan pembersihan lubang Mic ini, para sobat harus berhati-hati, jika kalian menusuk lubang mic terlalu dalam, bisa jadi membran akan robek dan Mic tidak akan bisa digunakan.

Membersihkan Mic memang berbeda dengan komponen yang lain, karena mic pada HP berbentuk lubang kecil sehingga untuk membersihkanya dengan menggunakan jarum atau benda tajam yang berukuran kecil. Dengan pengaplikasian benda tajam berukuran kecil untuk menusuk lubang Mic, tentu saja akan sangat berbahaya jika tidak hati-hati, bisa jadi mic bersih tapi tidak bisa digunakan karena rusak.

Merekam dengan suara yang terlalu keras

Mic memiliki membran seperti halnya telinga sehingga bisa menangkap getaran suara yang nantinya akan di ubah menjadi getaran listrik analog, karena cara kerja Mic hampir sama dengan telinga, maka tentu saja ada batas suara yang harus di ambil.

Jika suara yang masuk terlalu tinggi, Membran bisa rusak misalnya saja kendur atau bahkan robek karenanya, sebagai analogi sederhana jika kita mendengar suara petasan yang sangat keras telinga kita akan berdenging, sama halnya dengan Mic pada HP, tetapi jika organ tubuh manusia memang sangat fleksibel dan dapat disembuhkan, lain halnya dengan membran mic yang tentu saja jika rusak tidak akan bisa diperbaiki dengan mudah.

Solusi dari masalah ini adalah dengan menggunakan Mic secara bijak, yaitu jangan memasukkan volume suara yang tinggi sehingga kualitas mic tetap bagus, jika membran penangkap suara sampai rusak, Mic tidak akan bisa diperbaiki lagi dan harus menggantinya dengan yang baru. Penggantian Mic tentu saja tidaklah mudah dan harus dilakukan oleh ahlinya.

Demikianlah beberapa informasi tentang Solusi mengatasi masalah Mic HP rusak berdasarkan dari masalahnya. Banyak sekali masalah lain yang biasanya datang dari penggunaan software yang kurang tepat atau bahkan terkena virus, tetapi untuk lebih jelasnya akan admin Comcru.com rangkum pada kesempatan berikutnya. Semoga dapat menginspirasi.

2 pemikiran pada “Solusi Mengatasi Mic HP Rusak : Microphone HP Mati”

Tinggalkan komentar