HP Terkena Air : Mengatasi HP Mati Total Karena Terkena Air

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Mengatasi HP Terkena Air. Memang sangat fatal sekali jika HP atau alat elektronik apapun terkena air, karena tentu saja akan rusak total dan tidak akan bisa di gunakan lagi jika kita salah dalam menanganinya.

Jika para sobat memiliki HP yang bukan jenis “Water Resistant” atau Anti Air, kalian harus berhati-hati waktu menggunakannya ketika berdekatan dengan Air atau benda cair yang lain, karena Air merupakan konduktor yang berbentuk cair dan dapat dengan mudah masuk dalam komponen dalam elektronik sehingga akan menimbulkan Konslet pada komponen.

Konslet yang sangat parah bisa mengakibatkan perangkat HP tidak akan bisa digunakan lagi dan biasanya mati total, tetapi sebenarnya itu adalah hal yang salah, karena kebanyakan orang pasti akan panik ketika HP kesayangan terkena Air, padahal dengan penanganan yang tepat, HP tidak akan mati total dan bahkan tidak akan rusak jika terkena air tidak terlalu banyak.

Mengatasi HP terkena air yang paling utama supaya tidak terjadi kerusakan adalah kita harus segera memutus arus listrik yang mengalir dalam komponen supaya tidak terjadi konslet yang menyebabkan komponen menjadi tidak dapat berfungsi lagi atau rusak total. Untuk lebih detail nya, simak penjelasan Cara mengatasi HP terkena Air berikut ini.

Cara mengatasi HP terkena Air dengan tepat

Jika para sobat mengikuti beberapa langkah berikut ini, saya jamin HP kalian akan selamat dan setidaknya tidak mati total. Apakah HP akan rusak?, tentu saja, karena pasti terjadi arus pendek pada komponen tertentu, tapi setidaknya HP masih bisa di gunakan dan kerusakan tidak akan parah.

Segera matikan HP

Mematikan HP segera adalah bertujuan untuk memutus arus listrik sehingga tidak terjadi konslet pada komponen yang bekerja dan di aliri oleh arus listrik. Para sobat langsung saja melepaskan baterai untuk mematikan HP dan memutus arus listrik jika kalian menggunakan HP dengan jenis Removable baterai, sehingga tidak perlu melewati prosedur mematikan HP karena hal ini dimaksutkan supaya arus listrik segera terputus untuk menghindari kerusakan pada komponen, tetapi jika para sobat menggunakan HP yang berjenis non removable baterai tentu saja harus melewati prosedur.

Karena sifat air yang cepat sekali mengalir ke berbagai komponen jika mengenai HP kita, maka sebaiknya segeralah mematikan HP setelah terkena air dan jangan menunggu apapun untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Bongkar HP

Untuk membongkar HP, para sobat hanya perlu melepaskan baterai dan Casing nya saja, tetapi jika para sobat adalah orang yang memiliki kompetensi dalam hal ini kalian bisa melepaskan hingga komponen terkecil, sehingga dapat membuang air secara lebih optimal.

Lepaskan semua bagian yang mudah saja jika para sobat masih awam dalam hal bongkar pasang HP, termasuk MicroSD dan juga SIM card. Taruh secara terpisah di atas kain kering semua komponen, untuk nantinya kita keringkan dengan.

Jika para sobat bukan ahlinya dalam hal bongkar pasang sampai ke komponen terkecil, sebaiknya kalian tidak melakukannya karena bisa jadi malah akan menambah kerusakan.

Keringkan

Setelah melepaskan semua bagian, cobalah keringkan dengan menggunakan kain kering. Bersihkan air menggunakan kain kering yang lembut dan dapat banyak menyerap air. Lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu cepat supaya air dapat terserap maksimal dalam kain, selain itu jika kita menggerakkan kain pembersih terlalu cepat maka air malah dapat menyebar ke komponen lain.

Gunakan Vacuum Cleaner

Banyak orang merekomendasikan menggunakan Hair Dryer untuk mengringkan HP terkena air, ternyata hal tersebut adalah hal yang SALAH. Memang benar Hair Dryer akan meniupkan udara panas tetapi dengan mendorongnya menggunakan angin, air malah akan masuk lebih jauh ke komponen HP, sehingga tidak di sarankan meniup HP terkena air menggunakan Hair Dryer.

Untuk mengeringkan lebih maksimal, gunakan lah Vacuum Cleaner, dengan menyedot kelembaban pada permukaan HP yang sudah di lap, tentu saja akan memaksimalkan HP pengeringan HP karena air akan terhisap oleh angin dari Vacuum Cleaner.

Tapi para sobat harus ingat, kalian tidak bisa menggunakan Vacuum Cleaner penyedot debu rumah ya!, Vacuum cleaner yang digunakan adalah penyedot debu khusus yang ukurannya lebih kecil, dan biasanya digunakan untuk membersihkan debu pada keyboard PC dan komponen dalam PC. Selain karena daya sedot yang terlalu tinggi, Vacuum Cleaner untuk menyedot debu rumah tentu saja memiliki corong yang lebih besar, bisa jadi HP malah ikut tersedot kedalam dan memperparah keadaan.

Keringkan secara maksimal

Untuk mengeringkan secara lebih maksimal, para sobat bisa menggunakan Silica Gel, masukan HP pada tumpukan Silica Gel selama sekitar 24 jam atau mungkin bisa lebih untuk hasil yang optimal.

Jika para sobat tidak tahu apa itu Silica Gel, kalian bisa melihat pada kantong kertas kecil yang biasanya berada pada kardus sepatu baru atau makanan kering kemasan. Silica Gel dapat mengangkat kelembaban dan bahkan bisa menangkapnya dari udara yang lembab. Sehingga dengan menaruh HP di tempat tertutup bersama dengan Silica gel, kelembaban dapat terangkat hingga ke partikel air terkecil.

Jika para sobat tidak memiliki Silica gel, ada alternatif lain yang bisa digunakan yaitu dengan memasukan HP yang terkena air kedalam sekantong beras, cara ini sangat efektif untuk menarik kelembaban yang tersisa dari dalam komponen HP terkena air, sehingga HP dapat kering secara maksimal. Tetapi mengeringkan HP dengan memasukkan kedalam kantong beras ini tidaklah sebaik menggunakan Silica Gel, sehingga kita harus menambah waktu penyimpananya untuk mengangkat kelembaban lebih optimal. Biasanya di rekomendasikan 2-3 hari tergantung luas bagian yang terkena air.

Jika para sobat ingin mendapatkan silica gel sacara gratis, kalian bisa mengumpulkannya ketika membeli sepatu baru atau membeli makanan kering yang biasanya terdapat kantung kertas kecil, simpan kantung kertas tersebut jika sewaktu-waktu di butuhkan. Dan untuk penggunaan beras tentu saja lebih praktis karena mudah di dapatkan, kita hanya perlu ke dapur dan mengambilnya dengan kantong plastik berukuran sedang untuk mengeringkan HP yang terkena air.

Tahap Penentuan

Jika para sobat sudah melewati semua cara di atas, rangkai lah semua bagian HP dan cobalah untuk menyalakan HP. Jika HP para sobat ternyata masih menyala, berarti kalian berhasil dalam mengatasi HP terkena air, tetapi jika HP tidak bisa menyala walaupun sudah di pasang Charger, berati para sobat harus menerima kenyataan dan belilah HP baru, atau kalian bisa mencoba membawanya ke tukang service.

Jika HP berhasil menyala lakukanlah pengecekan fungsi secara menyeluruh misalnya saja pada bagian layar sentuh, port, microphone, dan beberapa komponen fungsi lain.

Jika para sobat mengalami HP terkena air, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini supaya HP tidak rusak total.

  • Jangan pernah mencoba menyalakan HP jika belum kering, karena nantinya malah akan mengakibatkan Konslet dan memperparah kerusakan.
  • Jangan hubungkan HP dengan arus listrik, dalam hal ini adalah Charging
  • Jangan menekan bagian apapun, karena air dapat dengan mudah meresap melalui celah kecil, dengan semakin ditekan, maka air akan semakin masuk ke bagian dalam komponen.
  • Jangan menggerakkan HP terlalu sering, karena air dapat menyebar.

Demikianlah beberapa cara mengatasi HP terkena air. HP maupun perangkat elektronik apapun memang sangat bertolak belakang dengan air, sehingga jauhkan perangkat elektronik para sobat dari air sehingga tidak terjadi konslet, termasuk HP. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar