Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Musik adalah salah satu hiburan yang banyak digemari oleh orang diseluruh dunia. Selain itu ada banyak sekali jenis musik yang dapat kita nikmati dari Dangdut hingga Rock. Penikmat musik tentu saja juga tergantung selera, karena pasti tidak semua orang menyukai musik yang sama.

Pada artikel kali ini saya tidak ingin membahas tentang musik, melainkan media untuk menikmati musik yaitu salah satu aksesoris HP dan Laptop “headset”. Dengan menggunakan Headset kita bisa mendengarkan lagu secara lebih intens tanpa gangguan karena cara penggunaanya dengan menempelkan langsung pada telinga.

Bagi orang yang hobi mendengarkan musik tentu saja akan merasa kesal jika headset yang digunakan untuk mendengarkan musik dari laptop ternyata tidak bisa terhubung atau tidak terdeteksi pada perangkat laptop sehingga tidak bisa mendengarkan musik.

Jika para sobat memilik masalah mengenai headset tidak terdeteksi di laptop sebaiknya jangan emosi dulu dan jangan langsung mengklaim bahwa headset yang digunakan sudah rusak, bisa jadi ada masalah pada driver atau software yang berkaitan dengan sound. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah headset tidak terdeteksi laptop.

Cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop

1. Scan for Hardware Changes

Tips pertama ini adalah pemindaian sistem, jadi dengan menggunakan Scan for Hardware Changes kita dapat memindai hardware apa saja yang mengalami perubahan, dan pada kasus ini mungkin saja soundcard pada laptop mengalami perubahan atau update secara otomatis sehingga gagal mendeteksi headset yang biasanya terpasang.

Cara melakukan pemindaian ini tidak lah sulit hingga kita harus pergi ke tukang service, karena caranya sangat mudah sekali untuk di praktekan sebagai berikut.

  • Colokan Headset pada laptop
  • Buka Device manager, cara mudahnya dengan tekan tombol secara bersamaan Windows + X pada Keyboard
  • Pilih Device manager dan jika jendela device manager sudah muncul, pilih Sound, video and game Controller
  • Klik kanan pada opsi tersebut lalu pilih “Scan for hardware Changes” (lakukan cara ini jika headset tidak terdeteksi pada Sound, video and game controller, jika headset sudah terdeteksi tetapi gagal untuk menyambungkan output suara, maka disinyalir headset para sobat sudah rusak)
  • Jika sudah berhasil, lakukan refresh dan jika perlu para sobat bisa melakukan restart laptop.

Jika dengan cara tersebut belum berhasil, maka kita bisa lanjutkan dengan cara kedua yaitu terkait Driver dan software sound.

2. Update Driver Software

Jika dengan pemindaian tidak berhasil, maka para sobat bisa mencoba melakukan update atau pembaruan pada Driver-nya. Hal ini dilakukan karena mungkin saja headset tidak terdeteksi di laptop karena software belum di update, sehingga para kalian bisa melakukan update dengan cara :

  • Bukalah Device manager, caranya bisa mengikuti cara sebelumnya ya!
  • Pilih pada opsi Sound, Video and Game Controllers
  • Klik kanan, dan pilih Update Driver Software
  • Pada langkah ini para sobat membutuhkan koneksi internet karena laptop akan melakukan pencarian secara otomatis untuk melakukan pembaruan driver software sound yang mungkin sudah tidak aktif.
  • Jika proses sudah selesai, para sobat bisa me-restart laptop.

Cara ini biasanya sangat ampuh digunakan jika semuanya dalam keadaan normal, sehingga para sobat bisa mendengarkan musik kembali menggunakan headset kesayangan dari laptop, tetapi jika menggunakan cara ini belum berhasil maka para sobat harus menggunakan cara berikutnya yaitu merubah pengaturan.

3. Mengubah Sample rate & Bit Depth

Cara ketiga ini juga cukup mudah di praktekan dan ampuh mengatasi headset yang tidak terdeteksi pada laptop. Untuk merubah pengaturan ke Sample rate & Bit Depth sangat sederhana, berikut adalah cara lengkapnya :

  • Klik kanan pada Ikon Speaker yang biasanya berada pada pojok bar dekstop, pilih Playback Devices
  • Pilih Speaker/Headphones, dan pilih set as Default.
  • Jangan di Ok dulu, kita lanjut ke Properties.
  • Setelah masuk ke menu properties, pilih Advance dan ubahlah sample rate and Bit Depth sesuai kebutuhan kita.
  • Dan setelah selesai maka Apply dan Ok

Cara ini tentu saja mudah dan anti-ribet, jika para sobat mengikuti langkahnya dengan benar maka masalah headset tidak terdeteksi di laptop dapat teratasi, dan jika masih saja gagal, para sobat jangan langsung menyerah, karena masih ada cara berikutnya yang bisa dicoba.

4. Instal Driver Sound Card

Pada solusi yang berkaitan dengan software ini, kita bertemu pada final-nya, jika cara ini tidak berhasil maka besar kemungkinan hardware laptop rusak atau headset kita yang bermasalah. Cara melakukan instal driver sound card ini dilakukan jika kita belum melakukan instalasi Dirver soundcard atau mungkin saja driver soundcard rusak.

Sebelum melakukan pemasangan Dirver soundcard ada baiknya para sobat mengetahui peran Driver Soundcard pada laptop. Driver Soundcard secara umm harus ada dan biasanya sudah terpasang satu paket bersama OS yang digunakan, fungsinya adalah untuk mengubah data digital dari proses komputerisasi menjadi data suara, sehingga tanpa kartu suara ini tentu saja laptop tidak akan memiliki output suara baik untuk speaker aktif maupun headset.

Sehingga kita memang harus melakukan instalasi Driver Soundcard supaya laptop dapat membuat output suara. Jika pada kasus tertentu, Driver soundcard bisa saja rusak karena virus atau update yang gagal sehingga membutuhkan perbaikan dan bisa juga dengan meng-instal ulang.

Untuk menginstal Driver soundcard kita tidak perlu mencarinya kemana-mana, karena biasanya setiap merek leptop menyediakan driver secara gratis, jika para sobat menghilangkan CD Drivernya, kalian bisa mencarinya melalui website resmi merek laptop yang sobat gunakan. Untuk menginstallnya tidak beda dengan kita menginstal aplikasi lain, hanya perlu ketuk next dan finish saja.

Jika cara ini ternyata tidak berhasil, dan Headset tidak terdeteksi di laptop, maka besar kemungkinan ada masalah serius yang berkaitan dengan hardware dan mungkin juga dari headset kita.

6. Cek kondisi headset

Langkah terakhir adalah memeriksa kondisi headset kita. Para sobat bisa mencoba headset pada device lain misalnya HP atau laptop lain, jika headset masih berfungsi maka kemungkinan setelah melalui beberapa tips diatas dan headset masih tidak bisa terhubung adalah karena ada hardware pada laptop yang bermasalah, misalnya saja colokan headset pada laptop. Tetapi jika setelah dicoba pada perangkat lain headset para sobat sudah tidak bisa menyala, tentu kesimpulanya adalah karena headset sudah rusak.

Penyebab kerusakan pada headset ada banyak dan rata-rata karena pemakaian, sehingga untuk menghindari kerusakan pada headset kesayangan kita sebaiknya merawat dengan baik dan membersihkan dari debu supaya nyaman dan awet digunakan.

Itulah beberapa kita untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop, jika para sobat memiliki tips dan cara lain selain paparan di atas, kalian bisa meninggalkan jejak pada kolom komentar sehingga kita bisa diskusikan bersama dan dapat membatu para sobat lain yang sedang mengalami masalah ini. Semoga bermanfaat.

3 pemikiran pada “Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop”

Tinggalkan komentar