Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual

Bagikan postingan ini

AsikMain.com – Memperbaiki Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop”. Para sobat yang sering menggunakan laptop pasti pernah mengalami baterai laptop cepat habis atau sering disebut “ngedrop”, masalah ini biasanya timbul karena penggunaan yang salah sejak awal pemakaian, misalnya menggunakan laptop sambil melakukan pengisian daya.

Masalah baterai laptop cepat habis memang menjengkelkan sekali, terkadang bari saja daya di isi hingga penuh, 5 menit kemudian sudah habis dan bahkan tanpa notifikasi laptop bisa langsung mati mendadak karena kehabisan daya.

Sebagian orang pasti menyarankan untuk membeli baterai baru, tetapi karena harganya yang lumayan mahal, para sobat bisa menggunakan cara berikut ini dan yang pasti Gratis sekaligus mudah di praktekan. Simak penjelasannya sebagai berikut :

Memperbaiki Baterai Laptop cepat “Ngedrop”

Dalam memperbaiki baterai laptop cepat habis kali ini merupakan cara kalibrasi secara manual, adapun beberapa langkah yang harus para sobat ikuti secara berurutan, karena setiap langkah memiliki fungsi tersendiri. lakukan beberapa langkah berikut ini secara bertahap untuk keberhasilan 100%.

Step 1 : Lakukan pengisian daya seperti biasa hingga 100%

Cara kalibrasi manual ini memang sangat mudah dan sederhana, sehingga para sobat tidak akan kesulitan dalam mempraktekanya tanpa harus menginstal program apapun. Tahap ini para sobat hanya perlu melakukan pengisian daya hingga penuh 100%.

Jika pengisian daya sudah penuh hingga 100%, jangan langsung mencabut kabel charger, biarkan pengisian hingga setidaknya 2 jam, karena waktu tunggu yang lumayan lama, para sobat bisa menggunakan laptop untuk beraktivitas tanpa mematikannya.

Step 2 : Power Option

Jika pengisian daya sudah berlangsung selama 2 jam, para sobat bisa lenjut ke tahap berikutnya yaitu buka Control panel,

lalu pilih menu Power Options. Biasanya Power Options adalah menu dengan icon baterai.

klik dua kali pada Power Options, pilih menu Power Option, lalu para sobat akan di arahkan menuju ke windows Power Option. Pada sub menu Windows power Option, para sobat akan melihat beberapa opsi tentang pengguaan baterai laptop.

Pilih menu “Create Power Plan”, dan masukan nama sesuai dengan keinginan kalian, lalu klik “next”

Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual

Step 3 : Setting Display

Tahap ini masih berada di dalam Windows Power Options, pilih pada setting “Turn Off the Display”, “Dim Display” dan “Put the Computer to Sleep”, matikan semua settingan tersebut dengan pilih “Never” dan tahap terakhir pilih bagian Create supaya baterai dapat digunakan secara penuh sampai kehabisan daya dan mati sendiri.
Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual

Step 4: Biarkan laptop hidup sampai mati sendiri

Sesuai dengan tujuan langkah ke tiga, pada langkah ke empat ini kita akan membiarkan laptop kita menyala sampai kehabisan daya dan mati sendiri, tetapi pada langkah ini para sobat sebaiknya jangan menggunakanya untuk beraktivitas, atau jika ingin menggunakanya, pastikan hanya menjalankan program yang ringan-ringan saja. Hal ini dimaksutkan supaya laptop mati dengan sendirinya tanpa kita paksa.

Step 5 : Diamkan laptop sementara

Jangan gunakan laptop untuk sementara waktu setidaknya 5 jam setelah mati dengan sendirinya, hal ini dimaksutkan untuk memulihkan sel-sel baterai, karena selama kondisi mati ini, baterai akan melakukan kalibrasi sendiri, sehingga kita tunggu saja sampai proses selesai.

Karena kita tidak tahu kapan proses kalibrasi akan selesai, maka kita estimasikan 5 jam, dan jika para sobat menggunakan Laptop dengan daya baterai yang lebih besar, tentu kalibrasi baterai akan lebih lama, sehingga lebih baik tunggulah lebih dari 5 jam.

Step 6 : Lakukan pengisian daya kembali

Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual
sumber : idntimes.com

Setelah laptop di diamkan selama kurang lebih 5 jam, para sobat bisa mengisi kembali daya yang kosong pada laptop. Tetapi pada tahapan ini, para sobat lebih baik jangan menggunakan laptop untuk beraktivitas seperti pada langkah pertama. Hal tersebut di maksudkan supaya arus listrik lebih fokus dalam melakukan pengisian daya lebih maksimal.

Sebaiknya pengisian daya pada tahap terakhir ini dilakukan dengan kondisi laptop mati untuk mengoptimalkan pengaktifan sel baterai, selain itu juga untuk penghematan daya yang keluar dari penggunaan layar monitor.

Setelah baterai terisi penuh 100%, para sobat bisa menggunakanya kembali seperti biasa dan jika berhasil baterai akan kembali normal walaupun tidak sama seperti waktu masih baru, tetapi setidaknya tidak mati setelah 5 menit pengisian daya, karena tentu saja baterai sudah berkurang dalam kemampuan penyimpanan dayanya.

Itulah langkah melakukan kalibrasi secara manual sehingga kita bisa menggunakan baterai laptop secara normal kembali tanpa takut ngedrop mendadak. Masalah baterai laptop cepat habis memang sering di alami oleh pengguna, untuk melakukan antisipasi supaya kita terhindar dari masalah baterai laptop cepat habis, ada baiknya para sobat mengetahui penyebabnya sehingga dapat mempertimbangkan dengan bijak dalam menggunakan laptop.

Kesalahan penggunaan laptop yang mengakibatkan baterai cepat ngedrop

Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual
sumber : wowkeren.com

Digunakan ketika sedang melakukan pengisian daya

Penggunaan laptop sambil melakukan pengisian daya tentu saja akan berdampak buruk pada baterai, bahkan tidak hanya laptop, perangkat elektronik lain seperti HP, kamera, Speaker dan perangkat lain yang menggunakan baterai akan bermasalah jika digunakan sambil melakukan pengisian daya. Salah satu masalah utamnya adalah baterai akan cepat habis atau cepat ngedrop, bisa karena baterai bocor atau sel sel baterai sudah tidak lagi bagus.

Laptop digunakan hingga mati kehabisan daya

kebiasaan ini juga menjadi pemicu baterai laptop menjadi cepat ngedrop, memang tidak akan berdampak jika terjadi sekali atau dua kali, tetapi jika terlalu sering dan terus menerus, komponen yang berada di dalam baterai akan rusak sehingga mengakibatkan baterai laptop cepat habis.

Memaksakan Kemampuan laptop

Kita harus bijak dalam menggunakan laptop, misalnya saja tidak memaksakan spesifikasi laptop yang sederhana untuk membuka program yang berat, tentu saja hal tersebut akan membebani laptop dan baterai akan cepat terkuras karena digunakan oleh komponen yang bekerja ekstra untuk menjalankan program berat. Jika hal ini terus berlanjut, maka baterai laptop menjadi cepat ngedrop karena kualitasnya menurun lebih cepat dari seharusnya.

Kualitas baterai yang buruk

Sebelum melakukan pembelian laptop, para sobat wajib mempertimbangkan beberapa komponen penting termasuk baterai laptop, pilihlah baterai dengan kualitas terbaik seperti baterai jenis polymer yang memiliki arus lebih stabil sehingga dapat awet digunakan. Pemilihan komponen baterai yang salah pada laptop ketika membeli juga akan memicu cepatnya usia penggunaan suatu baterai, karena kualitas baterai buruk, maka laptop akan cepat ngedrop.

Dalam melakukan pemilihan kualitas baterai ini, para sobat bisa membaca keterangan terkait spesifikasi pada brosur ketika hendak membeli laptop, tanyakan secara lebih detail kepada penjaga toko terkait produk yang ingin kita beli sehingga kita dapat mendapatkan produk dengan kualitas yang bagus.

Demikianlah beberapa Tips memperbaiki baterai laptop yang cepat habis dan juga penyebab masalah yang menyebabkan baterai laptop cepat ngedrop dalam waktu singkat, para sobat dapat memberikan saran yang membangun sehingga kita dapat belajar bersama dengan meninggalkan jejak pada kolom komentar. Semoga dapat bermanfaat.

2 pemikiran pada “Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis atau “Ngedrop” : Kalibrasi Manual”

Tinggalkan komentar