Cara Menambah Kapasitas Memori HP Penuh Tanpa Menghapus File

Bagikan postingan ini

Menambah Kapasitas Memori HP Penuh – Comcru.com. Jika para sobat mengalami masalah pada penggunaan memori HP penuh tetapi tidak ingin menghapus data yang sudah ada tentu saja akan kebingungan mencari solusinya. Karena jika memori utama HP penuh biasanya akan selalu muncul notifikasi yang menyebabkan HP tidak bisa digunakan untuk membuka apapun termasuk file dari media, hal tersebut terjadi karena tidak adanya Space lagi pada memori untuk menjalankan perintah sistem.

Jalan keluarnya adalah para sobat harus menghapus beberapa data sehingga terdapat Space atau ruang dalam penyimpanan HP. Karena jika memori HP penuh tentu saja kita tidak akan bisa memasukkan media apapun termasuk gambar, foto, video dan lain sebagainya, sehingga kita harus membuat ruang dengan menghapus data yang lama.

HP kesayangan biasanya menyimpan banyak kenangan yang sayang untuk di hapus, hal tersebutlah yang menjadikan pembersihan memori HP penuh menjadi sulit. Jika para sobat ingin membuat ruang pada memori tanpa menghapus file dan data yang sudah ada, Comcru.com punya solusi yang mungkin bisa membantu para sobat untuk mengatasi masalah ini, simak beberapa tips berikut ini.

Tips Menambah Kapasitas Memori HP Penuh

Pada Tips ini mungkin kalian tidak akan bisa membuat ruang penyimpanan yang banyak, sehingga para sobat harus bijak dalam menggunakan sisa space yang tidak seberapa untuk menyimpan file yang sekiranya penting saja.

1. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah memori bekas dari hasil kita menjalankan suatu program atau aplikasi, sebagai contoh kita membuka aplikasi browser dan melakukan pencarian berbagai macam informasi tentang teknologi di Comcru.com, maka secara tidak langsung semua yang para sobat lakukan pada Browser tersebut akan terekam dan menjadi memori cache dan jika dibiarkan dari berbagai aktivitas program tentu akan menumpuk.

Jika memori Cache jarang di bersihkan, tentu saja akan menjadi penumpukan pada penyimpanan dan karena file Cache sudah tidak digunakan lagi, kita bisa menghapus file Cache ini. Caranya adalah melalui setelan HP dengan masuk ke Setting lalu pilih “All App” dan pilihlah aplikasi atau software dengan memori yang besar, karena aplikasi dengan memori yang besar juga biasanya memiliki cache yang besar juga dan bahkan jika sangat lama kita tidak menghapusnya hingga mencapai ratusan MB. Pilih dan “Hapus Cache” dan secara otomatis memori akan longgar kembali.

Memori yang dapat digunakan setelah penghapusan Cache tergantung dari besarnya file dan data cache yang di hapus. Ada yang perlu di ingat oleh para sobat, jika kalian menghapus Cache pada aplikasi yang membutuhkan Login, password atau PIN tertentu, biasanya semua data tersebut akan hilang, sehingga sebaiknya ingatlah dengan baik semua data penting misalnya data untuk Login pada akun media sosial atau mungkin aplikasi transaksi yang penting.

2. Menghapus berkas Unduhan atau Download

Berkas unduhan adalah segala sesuatu baik itu file, dokumen maupun aplikasi yang pernah kita download dengan HP. Terkadang kita lupa untuk menghapus file, gambar, video dan apa saja yang berada pada folder Download, sehingga memori HP penuh karenanya. Lakukanlah penghapusan semua data pada folder Download jika sekiranya sudah tidak di gunakan.

Untuk melakukan penghapusan pada folder Download para sobat harus masuk kedalam “File manager” dan pilih Folder “Download”, sehingga semua data yang pernah di download akan muncul semua di sana, dan kita pilih saja data yang sudah tidak digunakan untuk di hapus.

Selain data pada folder download, kita juga sering melupakan aplikasi yang pernah kita download melalui Google Play atau AppStore, biasanya untuk kasus aplikasi ini masih meninggalkan master instalasi yang belum terhapus, sehingga jika memang sudah tidak di gunakan sebaiknya kita hapus saja untuk menambah ruang penyimpanan karena biasanya master dari aplikasi tidaklah kecil apa lagi sebuah aplikasi dari program berat, total data bisa sampai ratusan MB.

Cara melakukan penghapusan file master aplikasi bisa dengan membuka PlayStore lalu pilih menu Aplikasi & Game saya, dan pilih lagi pada menu Koleksi. Disana pasti akan muncul beberapa aplikasi yang pernah kita instal dan bisa kita hapus jika sudah tidak di gunakan lagi.

3. Memindahkan file ke penyimpanan eksternal

Memindahkan file memang solusi yang paling tepat, karena kita tidak perlu pusing lagi untuk menghapus file atau data yang mana. Selain itu solusi ini juga bisa di lakukan jika kedua langkah di atas tidak terlalu membantu.

Memindahkan file ke media lain merupakan cara yang di sebut dengan istilah back up, yaitu memindahkan data ke media lain sehingga kita bisa melonggarkan penyimpanan utama pada HP. Dalam hal ini, para sobat bisa menggunakan memori eksternal apapun baik MicroSD maupun Flashdisk dengan memanfaatkan OTG.

Baca juga :5 Cara Mudah Mengatasi Flashdisk Isi tapi Kosong : “Folder Empty” tapi “Used Space”

Cara memindah file sangat mudah, jika file berbentuk dokumen, gambar, video dan semua file selain aplikasi, para sobat hanya perlu melakukan Copy dan paste saja, dan untuk mengosongkan memori pada HP, kita bisa menghapusnya jika semua file sudah di pindah ke memori lain dalam hal ini adalah memori eksternal.

Jika para sobat ingin memindahkan aplikasi, kalian bisa melakukannya melalui penyetelan aplikasi. Pilih “setting” dan pilih “All App” Pilih aplikasi dan lihat opsi “Pindah ke SD card” untuk memindahkannya. Biasanya prosesnya tergantung dari besar kecilnya memori suatu aplikasi tersebut, jika yang di pindah merupakan aplikasi berat tentu saja akan memakan waktu yang lumayan.

Opsi untuk memindah ke SD Card biasanya adalah aplikasi yang kita instal secara manual, tetapi untuk aplikasi bawaan biasanya tidak dapat di pindahkan sehingga tidak memiliki opsi tersebut. Untuk mengatasi aplikasi bawaan, kita bisa melihat pada tips berikutnya.

4. Uninstal Aplikasi Bawaan

Aplikasi bawaan memang sebenarnya tidak menggunakan penyimpanan yang terlalu besar, tetapi karena jarang kita gunakan, ada baiknya jika kita lepas saja atau uninstal, karena selain untuk sedikit menambah penyimpanan internal juga dapat meringankan kinerja RAM.

Cara untuk Uninstal aplikasi bawaan tidaklah mudah, karena biasanya dilindungi oleh sistem sehingga tidak bisa di akses sembarangan, para sobat memerlukan Root untuk membuka akses dan me modifikasi aplikasi bawaan tersebut. Penggunaan Root sering menjadi masalah karena kita akan membuka sistem keamanan pada sistem operasi, jika para sobat tidak ahli dalam hal ini sebaiknya jangan mempraktikan tanpa panduan dari seorang ahli, karena HP bisa rusak total karea OS gagal untuk di akses.

Para sobat tidak perlu khawatir jika memang tidak bisa dengan cara Root, karena aplikasi bawaan bisa kita non aktifkan sehingga tidak muncul lagi dan melonggarkan beberapa penyimpanan. Caranya kita harus masuk pada “setting” lalu pilih “All App” dari sana kita akan melihat banyak aplikasi yang sudah terpasang pada HP kita, pilih lah aplikasi bawaan dan pilih “disable” atau “Turn Off” sehingga aplikasi bawaan tersebut tidak dapat berjalan lagi.

5. Menggunakan Back up online


Back up
online biasa di sebut dengan aplikasi Cloud, sehingga kita tidak perlu khawatir jika memori penuh baik internal maupun eksternal, karena kita bisa langsung melempar semua data kita secara aman di Cloud server. Kita bisa memanfaatkan layanan Cloud server yang terpercaya seperti Google Drive dan Uptobox. Tetapi kita tentu saja tidak dapat melakukan back up terhadap aplikasi, karena aplikasi berjalan pada sistem di HP.

Demikianlah solusi untuk menambah penyimpanan memori HP penuh, para sobat tidak perlu bingung lagi mulai saat ini karena dengan perkembangan teknologi yang serba online, kita dipermudah dalam melakukan penyimpanan data sehingga memori HP kta tidak akan penuh jika kita melakukan back up data secara berkala. Semoga dapat menginspirasi.

Tinggalkan komentar