5 Cara Mudah Membersihkan Keyboard Laptop supaya Tetap Awet

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Membersihkan Keyboard Laptop. Komponen hardware pada laptop yang paling sering intens dengan penggunanya adalah Keyboard, karena kita akan menyentuh secara langsung dalam menggunakannya. Keyboard pada laptop yang memiliki sela dan sudut sempit tentu saja sangat sulit di jangkau untuk dibersihkan, sehingga kita butuh cara tersendiri untuk membersihkan Keyboard Laptop.

Membersihkan Keyboard laptop merupakan salah satu perawatan yang harus kita lakukan secara rutin, karena jika banyak kotoran yang masuk pada sela Keyboard, bisa jadi keyboard pada laptop kita tidak akan berfungsi dengan baik atau mati jika tidak rutin kita bersihkan. Debu dan kotoran yang menempel pada Keyboard tidak bisa kita anggap remeh, walaupun sedikit dan tidak terlihat, tetapi jika menumpuk terus menerus maka akan bisa mengakibatkan laptop menjadi hang dan konslet.

Untuk membersihkan keyboard pada layar laptop sebenarnya tidaklah sulit jika kita mengetahui caranya, kita bisa melakukan beberapa tips berikut ini sehingga terhindar dari kerusakan karena tidak membersihkan keyboard laptop dengan baik.

Tips Membersihkan Keyboard laptop

Untuk step pertama sebelum membersihkan keyboard laptop, para sobat sebaiknya mematikan dulu laptop kesayangan kalian. Kenapa laptop harus dimatikan terlebih dahulu?
Jawabannya sangat sederhana, tentu saja karena kita dalam membersihkan keyboard laptop harus memencetnya dan mengetuk secara merata sehingga jika laptop dalam keadaan menyala, Sistem akan terganggu karena tombol di pencet secara random. Selain itu juga untuk antisipasi supaya tidak terjadi konsleting.

Jika para sobat sudah mematikan laptop, maka langsung saja masuk pada Tips membersihkan Keyboard laptop sebagai berikut.

1. Balik posisi laptop

Meletakkan laptop pada posisi terbalik sangat memudahkan dalam membersihkan keyboard laptop, karena kita bisa memanfaatkan gaya gravitasi sehingga kotoran yang masuk pada sela-sela keyboard akan jatuh dengan sendirinya.

Selain membalik posisi laptop, kita juga bisa memencet semua tombol keyboard secara pelan dan merata sambil agak di ketuk pelan untuk membuat kotoran dan debu yang berada pada sela sempit jatuh dan rontok. Untuk mempraktekan cara ini para sobat harus melakukannya dengan pelan sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada komponen laptop yang lain.

Setelah membalik posisi laptop, kita dapat mengoptimalkan dengan cara berikutnya, sehingga keyboard laptop bisa lebih bersih.

2. Sikat secara perlahan

Kita bisa menggunakan sikat gigi dengan tekstur lembut dan atau juga bisa menggunakan alat make up brush untuk menyikat secara perlahan pada keyboard sehingga debu yang menempel bisa tersapu bersih. Sikat secara perlahan dan searah, sehingga kotoran dan debu tidak malah menyebar.

Untuk lebih memaksimalkan penyikatan, para sobat bisa menggabungkan dengan cara pertama, yaitu menyikat papan tombol dengan posisi terbalik sehingga selain kotoran dan debu rontok ke bawah, membersihakan dapat lebih optimal dengan dibantu oleh sikat.

Tetapi dengan cara ini biasanya belum maksimal karena masih ada kotoran yang masih masuk pada sela-sela keyboard, sehingga untuk membersihkan keyboard laptop lebih optimal, lakukan tips berikutnya.

3. Gunakan Vacuum Cleaner

Dengan menggunakan Vacuum Cleaner, tentu saja kita dapat dengan mudah membersihkan Keyboard laptop dari kotoran yang masuk kedalam sela-sela sempit yang sulit di jangkau sikat, tetapi ada yang perlu di ingat oleh para sobat adalah kita tidak bisa menggunakan Vacuum Cleaner pembersih lantau ya!, karena tekananya terlalu tinggi sehingga bukan hanya debu yang tersedot bisa jadi tombol keyboard juga ikut tersedot.

Cara menyedot debu Keyboard dengan menggunakan vacuum Cleaner harus dilakukan secara berurutan ya, supaya hasilnya lebih maksimal, kita bisa memulainya dari sisi kanan ke kiri atau sebaliknya, dan ulangi beberapa kali hingga para sobat sudah merasa bersih. Para sobat juga bisa sekalian membersihkan lubang USB dan tempat pembuangan suhu panas pada bagian Casing untuk lebih mengoptimalkan kinerja laptop.

Untuk membersihkan Keyboard laptop pada tips ini, kita harus menggunakan Vacuum Cleaner khusus untuk membersihkan keyboard yang biasanya memiliki tekanan atau sedotan lebih rendah, sehingga aman digunakan dan tidak merusak tombol keyboard.

4. Menggunakan Hair Dryer

Setelah kita melakukan penyedotan dengan Vacuum Cleaner, kita bisa meniup debu dengan menggunakan Hair Dryer, tetapi untuk meniup debu pada sela keyboard, pastikan semua kotoran yang membandel sudah bersih sehingga tidak malah terdorong kedalam ketika ditiup menggunakan Hair Dryer.

Untuk meniup menggunakan Hair Dryer kita bisa melakukanya secara perlahan dan urut dari sisi kanan atau sisi kiri terlebih dahulu, lalu berjalan searah dari atas ke bawah sehingga debu akan ditiup keluar secara optimal. Hal tersebut dilakukan supaya bagian yang bersih tidak kemasukan debu lagi, karena jika kita tidak meniup secara berurutan tentu saja kotoran akan mondar mandir tidak jelas di dalam keyboard nantinya.

Dalam penggunaan Hair Dryer juga sebaiknya jangan terlalu lama, karena hair Dryer akan menghasilkan suhu panas sehingga dapat berdampak buruk jika kita meniupkan angin panas ke permukaan keyboard terlalu lama.

5. Melepas tombol keyboard

Membersihkan Keyboard laptop dengan cara melepaskan tombol adalah cara yang paling efektif, tetapi cara tersebut tentu saja sangat beresiko yang mengakibatkan tombol keyboard menjadi tidak berfungsi lagi, sehingga cara ini tidak menjadi rekomendasi bagi para sobat yang tidak terbiasa atau belum ahlinya.

Membersihkan keyboard laptop dengan cara melepaskan tombolnya harus dilakukan oleh seorang ahli karena walaupun hasilnya lebih efektif tapi memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Jika para sobat ingin membersihkan keyboard dengan cara ini sebaiknya kalian mencari tahu info lebih detailnya atau bisa juga dengan menonton tutorial di youtube sehingga dapat di praketekkan secara langsung.

Tetapi jika para sobat ragu-ragu dengan cara ini, sebaiknya jangan lakukan, karena beberapa cara diatas selain melepaskan tombol keyboard juga sudah cukup jika kita secara rutin membersihkan keyboard pada laptop, sehingga kotoran tidak terlalu banyak sehingga mengharuskan pembersihan secara ekstra.

Untuk membersihkan keyboard laptop, biasanya ada sebagian orang yang menggunakan kain lembut yang basah atau tisu basah, tetapi cara tersebut tidak dapat dibenarkan karena jika air masuk kedalam tombol atau sela-sela keyboard maka akan berakibat fatal seperti tombol mati atau tidak berfungsi, bisa juga tombol pada keyboard konslet dan ada beberapa kasus tombol keyboard terpencet sendiri walaupun penggunanya tidak memencet apapun.

Gunakanlah alat kering ketika membersihkan Keyboard laptop karena pada papan keyboard memang banyak sela yang mudah dimasuki oleh benda cari, dan sebagai mana alat elektronik pasti sangat rentan terhadap benda cair karena merupakan konduktor listrik yang bisa mengakibatkan konsleting.

Demikianlah tips mengenai perawatan laptop yaitu membersihkan keyboard laptop dengan baik dan benar, dengan membersihkan keyboard laptop secara rutin kita tidak akan mendapat masalah ketika menggunakan keyboard untuk bekerja dan mungkin chatting dengan teman. Jika para sobat mempunyai tips lain mengenai membersihkan keyboard laptop, silahkan bagikan info kalian pada kolom komentar ya!. Semoga dapat bermanfaat.