Info Tentang Penyimpanan Flashdisk Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Penyimpanan Flashdisk memang sangat praktis sekali digunakan, selain berukuran kecil dan mudah digunakan baik untuk membagikan data atau file, maupun menyimpan data dan file, penyimpanan flashdisk juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhkan di era komputerisasi ini, misalnya saja memasang OS dengan Flashdisk Bootable.

Para sobat tekno tentu saja memiliki penyimpanan flashdisk bukan?, Flashdisk ini memang digunakan oleh hampir banyak kalangan dengan berbagai profesi, terutama bagi para mahasiswa, pelajar, guru dan mungkin pekerja kantoran hampir semuanya menggunakan penyimpanan kecil ini sebagai media penyimpanan data yang di bawa kemana-mana.

Membahas mengenai kemajuan teknologi memang tidak ada habisnya, dalam bidang komputer banyak sekali ditemukan perkembangan software maupun hardware, dari segi spesifikasi, perangkat komputer mengalami perkembangan sangat pesat pada komponennya, misalnya saja RAM, processor, VGA dan lain sebagainya. Selain komponen hardware yang terpasang pada perangkat komputer, masih banyak juga komponen lain yang mengalami perkembangan sangat pesat terkait komputerisasi, contohnya saja perangkat keras berukuran kecil yaitu media penyimpanan Flashdisk.

Pada artikel kali ini, Nekotech akan membahas mengenai apa saja terkait dengan Hardware Flashdisk. Kita akan membahas tentang Flashdisk sampai akarnya, sehingga para sobat selain bisa menggunakan juga tahu akan kelebihan maupun kekurangan dari penyimpanan Flashdisk.

Apa itu Flashdisk?

Flashdisk atau USB flash drive merupakan media penyimpanan eksternal yang dapat dihubungkan dengan PC
menggunakan port USB, sehingga seringkali flashdisk disebut USB Portable, karena memang hal tersebut mengacu pada penggunaanya.

Dulu Flashdisk tidak terlalu populer, dan bahkan saya masih ingat sekali waktu pertama kali memiliki Flashdisk hanya memiliki penyimpanan data 512 GB saja. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang Flashdisk minimal sudah memiliki penyimpanan 2GB dan bahkan saat ini saya sudah memiliki Flashdisk dengan penyimpanan mencapai 128 GB.

Sebelum ada Flashdisk, dulu ada media penyimpanan berbentuk disket, berbentuk kepingan tipis dan hanya dapat menyimpan data beberapa MB saja. Mungkin saat ini kita sudah tidak bisa menemukan lagi disket, karena memang selain sudah tidak digunakan juga tidak adanya fasilitas untuk menggunakan disket. Dan bahkan untuk penggunaan CD maupun DVD Drive pada laptop terbaru juga mulai di tiadakan, sehingga input data lebih sering melalui Port USB termasuk Instal OS yang juga bisa dilakukan melalui Port USB menggunakan Flashdisk Bootable.

Flashdisk dianggap lebih praktis karena dengan ukuranya yang sangat kecil, penyimpanan ini lebih fleksibel digunakan jika dibandingkan dengan CD maupun DVD, selain itu juga Flashdisk lebih mudah digunakan untuk bongkar muat data, maksutnya kita bisa menghapus dan memasukan kembali data yang baru tanpa takut rusak. Flashdisk juga sangat tahan terhadap force shutdwon, sehingga ketika kita langsung mencabut flashdisk secara langsung, data masih aman di dalam memori penyimpanan.

Fungsi Flashdisk

Pada umumnya Flashdisk digunakan untuk media penyimpanan data maupun file tertentu. Ternyata selain sebagai media penyimpanan, flashdisk juga dapat digunakan sebagai tempat modifikasi file dengan berbagai ekstensi file, sehingga hal inilah yang membuat flashdisk menggeser CD maupun DVD.

Kita dapat memanfaatkan flashdisk untuk menyalin data dan file penting dari PC satu ke PC yang lainya, selain itu juga jika para sobat memiliki Flashdisk dengan ukuran penyimpanan yang besar, kalian bisa melakukan back up data untuk mengurangi beban Hard Disk karena kelebihan data.

Dan di zaman yang sudah moderen ini, kita tidak hanya menggunakan flashdisk pada laptop maupun PC, tetapi kita juga bisa memutar video dan musik pada DVD Player, TV dan bahkan langsung terhubung ke perangkat ponsel pintar, sehingga peran Flashdisk ini sudah sangat luas sekali.

Kelebihan dan Kekurangan Flashdisk

Kita pasti tidak bisa melihat secara detail mengenai kekurangan dari flashdisk, oleh karena itu saya akan menyampaikan beberapa kekurangan penyimpanan flashdisk ini supaya para sobat tahu cara menggunakan dan merawat dengan baik, tetapi sebelum membahas kekurangan flashdisk, ada baiknya kita membahas kelebihan flashdisk terlebih dahulu.

Kelebihan Flashdisk

  • Ukuran flashdisk yang kecil merupakan daya tarik dari perangkat keras eksternal ini, walaupun ukuranya kecil, flashdisk sudah mampu menampung seperti Hard Disk, walaupun flashdisk memiliki penampungan data yang lebih besar ukuranya tetaplah sama.
  • Flashdisk dapat digunakan untuk media instalasi Windows yaitu dengan mengubahnya menjadi Flashdisk Bootable, sehingga langsung masuk dalam BIOS ketika awal booting untuk melakukan instalasi maupun hanya repair Windows.
  • Penggunaanya sangat mudah dan cepat, karena tidak perlu melakukan instalasi apapun. Kita hanya perlu memasukan flashdisk pada port USB PC atau laptop kita. Setelah itu data akan muncul pada interface Explorer, dan kita bebas untuk mengakses data maupun file yang ada di dalamnya.
  • Jika kita menggunakan flashdisk dengan baik dan benar, maka kita akan dapat menggunakan flahdisk hingga jangka waktu yang lumayan lama. Walaupun tidak ada data yang hilang ketika kita langsung mencabut flashdisk dari port USB, tetapi sebaiknya kita melepaskannya dengan prosedur yang benar, karena kerusakan akan datang secara bertahap.
  • Dengan penyimpanan yang besar, Flashdisk memiliki harga yang terhitung masih terjangkau dibandingkan media penyimpanan lainya, walaupun flashdisk dengan merek yang terkenal, flashdisk tetaplah terjangkau harganya.

Kekurangan Flashdisk

  • Ukuran yang kecil memang menjadi kelebihan, tetapi ternyata juga bisa menjadi kekurangan tersendiri karena Flashdisk mudah terselip atau mungkin terjatuh secara tidak sadar, sehingga dengan ukuran yang kecil, flashdisk sangat rawan hilang.
  • Jika para sobat lupa menaruh penyimpanan flashdisk di saku celana dan ternyata tercuci, sebaiknya jangan langsung mencobanya masih bekerja atau tidak dengan memasukanya pada port USB, karena ketika ada kontak antara air dan peralatan elektronik tentu saja akan menimbulkan konsleting pada kedua device baik Flashdisk maupun komputer, karena flashdisk sangat mudah sekali dimasuki air, terutama jenis flashdisk yang tidak memiliki penutup. Jika para sobat mengalami masalah ini, cobalah keringkan flashdisk hingga semua air hilang, bisa dengan dijemur di bawah matahari atau bisa menggunakan Hair Dryer.
  • Untuk melakukan data back up dengan ukuran besar, flashdisk tidak bisa diandalkan dengan baik, karena walaupun saat ini penyimpanan flashdisk sudah lebih besar dibandingkan beberapa tahun lalu, tetapi penyimpanan flashdisk tidak lebih besar dari Hard Disk. Tetapi kita bisa maklum dengan hal ini, karena dengan ukuran yang kecil kita tidak bisa membandingkan dengan penyimpanan sekelas Hard Disk.

Demikianlah beberapa hal yang harus para sobat ketahui tentang penyimpanan Flashdisk. Flashdisk memang semakin populer digunakan seiring bertambahnya kapasitas penyimpanan dan juga harganya yang semakin murah dari tahun ke tahun. Kita juga bisa menyimpulkan kenapa semua orang menggunakan flashdisk adalah karena sifatnya yang simpel, removable, dan sangat mudah digunakan walaupun oleh orang awam sekalipun.

Jika para sobat mempunyai informasi terkait dengan penyimpanan flashdisk atau penyimpanan data yang dapat dibandingkan dengan flashdisk, kalian bisa meninggalkan beberapa info pada kolom komentar sehingga kita dapat diskusi bersama. Semoga dapat bermanfaat.