Cara mudah UnRoot HP Android dengan HP dan PC

Bagikan postingan ini

AsikMain.com – UNROOT HP Android adalah kebalikan dari ROOT, tindakan UnRoot biasanya dilakukan kerena beberapa alasan seperti ingin mendapatkan update dari OS terbaru, ingin lebih aman dari Virus karena Rooting membuat sistem menjadi terbuka lebar untuk Virus, Melakukan klaim garansi, dan lain sebagainya.

Untuk melakukan UnRoot HP Android, kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara melakukan Rooting, karena kita bisa mengembalikan dengan cara yang sama dengan Rooting misalnya saja dengan aplikasi Android.

Dalam melakukan Rooting Android, kita bisa menemukan banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan dengan bebas, dan cara menggunakannya juga beragam dari aplikasi yang langsung digunakan biasanya tidak menggunakan komputer karena tidak melalui sistem Recovery dan ada juga yang harus melalui menu Recovery dengan kata lain membutuhkan komputer untuk melakukan modifikasi pada saat recovery.

Dengan aplikasi yang dipergunakan secara langsung, biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang kurang bagus, dan jika kita menggunakan komputer untuk melakukan rooting, keberhasilan jika di persentase antara 70% – 90%.

Jadi berdasarkan jenisnya, Rooting dibagi menjadi 2, yaitu dengan menggunakan komputer dan tidak menggunakan komputer, berikut adalah lebih lengkapnya :

Root tidak menggunakan Komputer

Root tanpa komputer dengan kata lain kita siap jika gagal dalam melakukan rooting, ada berbagai macam aplikasi Root beredar, tetapi ditinjau dari segi keberhasilanya, saya merekomendasikan hanya 2 aplikasi saja, yaitu :

  • KingRoot
  • FramaRoot

Kedua aplikasi tersebut sangatlah mudah digunakan, kita hanya perlu install dan jalankan pada HP kita tanpa takut dampak yang diakibatkan jika gagal, karena kedua aplikasi tersebut lebih sering berhasil digunakan, tetapi walaupun begitu kita harus tetap hati-hati

Root Menggunakan Komputer (dengan TWRP)

Untuk melakukan Rooting dengan komputer, kita membutuhkan beberapa alat seperti alat utama yaitu komputer dan software Rooting. Tetapi karena keterbatasan saya, maka saya hanya berani merekomendasika 2 tools oprek OS HP Samsung saja, karena saya manusia biasa dan belum punya pengalaman tentan Rooting, karena akan sangat fatal jika terjadi kesalahan.

  • CF Auto Root
  • Magisk Root

    Cara mudah UnRoot HP Android dengan HP dan PC
    sumber : magisk.net

Kedua Tools diatas tidaklah mudah digunakan punya kerumitan masing-masing, kalian bisa membacanya pada website resmi produk tersebut atau beberapa rekomendasi terkait website Nekotech.net

Itukah cara Rooting jika kita tinjau dari jenis cara pengerjaanya, dan untuk melakukan UnRoot HP Android, kita memiliki 3 cara yang dapat kita pilih, pertama adalah Flash ulang Firmware (ROM), menghapus file Root dan yang terakhir adalah dengan aplikasi Android.

Untuk sekedar mengingatkan, jika para sobat ingin melakukan UnRoot, langkah pertama adalah melakuka penyimpanan data pada memori lain jika banyak data yang penting, karena semua data kemungkinan besar akan terhapus jika melakukan UnRooting. Untuk melakukan penyimpanan kita bisa menggunakan penyimpanan Eksternal dan mencopotnya ketika sedang di UnRoot, menyimpan pada Flashdisk, dan bisa juga menyimpan pada Cloud seperti GoogleDrive, UpToBox, dan yang lainya.

Dalam langkah melakukan UnRoot HP Android yang akan AsikMain.com sajikan, untuk cara UnRoot dengan Firmware akan kita bahas pada konten lain sehingga saya akan membahas cara UnRoot HP Android dengan cara menghapus file Root dan dengan menggunakan aplikasi Android.

Cara UnRoot untuk semua HP Android

Flash Ulang Firmware/ROM

Cara melakukan UnRoot dengan Flash Firmware sangat manjur sekali dan sering berhasil menghapus root dibandingkan dengan cara lainya, untuk mengetahui bagaimana cara melakukan UnRoot dengan Flash Firmware, para sobat bisa melihat tutorial di Youtube, banyak sekali trik saya temukan di youtube mengenai cara melakukan Flash Firmware ini.

UnRoot HP Android dengan Super SU

Cara mudah UnRoot HP Android dengan HP dan PC
sumber : Google play

Super SU adalah aplikasi UnRoot yang dapat kita donwload secara gratis di Play Store. Dengan aplikasi penghapus Root Super SU ini kita bisa melakukan UnRoot dengan cepat dan mudah sehingga tidak perlu melakukan penyetelan yang susah.

Berikut ini adalah cara melakukan UnRoot dengan aplikasi Super SU :

  • Langkah pertama Download Super SU : Super SU Root Checker
  • Install Aplikasi Super SU dan tunggu hingga proses benar-benar selesai.
  • Buka aplikasi dan carilah Penyetelan atau Setting pada Tab
  • Gulir ke bawah dan carilah opsi “Full Unroot”
  • Klik opsi tersebut dan kita akan diarahkan untuk melakukan persetujuan konfirmasi, pilih “Continue”
  • Setelah itu Super SU akan tertutup dan Restart HP Android
  • Dan ketika HP sudah menyala, segera uninstall aplikasi Super SU dan HP akan berada dalam keadaan normal dan tidak Root lagi atau Unroot HP Android Selesai.

UnRoot HP Android dengan Root Explorer

Cara mudah UnRoot HP Android dengan HP dan PC
sumber : google play

Rooting Android akan berjalan lancar ketika aplikasi Root berhasil menempatkan file kedalam sistem android atau OS Android. Dengan file tersebut, kita bisa memiliki otoritas penuh untuk melakukan modifikasi sistem dengan izin melalui file tersebut. Jadi cara mudahnya, untuk melakukan UnRoot HP Android, kita hanya perlu menghapus File tersebut sehingga Rooting dapat hilang atau terhapus. Tetapi dengan cara ini keberhasilanya hanya 70%-80% saja. Berikut ini adalah cara melakukan penghapusan Root dengan Root Explorer.

  • Download dan Install File Explorer : File Explorer Play Store
  • Buka aplikasi dan carilah tab “Root” (biasanya berada pada kiri atas tampilan aplikasi), temukan “System” dan buka.
  • Temukan Folder “Bin” dan cari file “SU” dan terkadang ada juga yang bernama “Busybox” (tergantung cara Root atau tergantung pada aplikasi yang di gunakan untuk Rooting).
  • Hapus kedua jenis file tersebut
  • Restart dan selesai, HP kembali normal kembali tanpa Root atau Unroot HP Android berhasil

UnRoot HP Android dengan Kingo Root

Cara mudah UnRoot HP Android dengan HP dan PC
sumber : kingoapp.com

Kingo Root merupakan aplikasi yang dapat kita jalankan pada PC, sehingga kita membutuhkan perangkat PC atau laptop untuk melakukan UnRoot dengan aplikasi ini. Kingo Root merupakan aplikasi untuk Rooting Android, tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk UnRoot, sehingga sangat praktis digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, berikut ini adalah langkah sederhananya.

  • Download dan Install aplikasi Kingo Root dalam PC atau Laptop (download dari website resmi Kingo) : Kingoapp
  • Aktifkan Debugging mode USB pada perangkat HP kita ( Pengaturan -> Developer Option -> USB Debungging Mode)
  • Hubungkan HP ke PC atau laptop menggunakan USB (sangat disarankan menggunakan USB Orginial)
  • Buka aplikasi Kingo Root dan tunggu aplikasi mendeteksi Device Android kita
  • Setelah terdeteksi dan muncul, pada aplikasi akan ada pemberitahuan bahwa device Android kita sudah dalam keadaan Root, jadi untuk menghapusnya, kita pilih saja “Remove Root”
  • Tunggu proses selesai biasanya sekitar 5 menit.
  • Unroot HP Android selesai, Dan HP Androidmu kembali seperti semula.

Untuk melakukan UnRoot HP Android diatas bisa diterapkan untuk berbagai jenis dan merek HP Android baik Tablet maupun ponsel yang intinya menggunakan OS Android. Jika para sobat ingin melakukan UnRoot dengan tiga cara di atas tetapi gagal atau belum berhasil, sebaiknya para sobat jangan memaksakan karena bisa berakibat fatal, segera bawalah HP ke tukang service yang terpercaya sehingga dapat mengetahui lebih detail faktor permasalahanya.

Itulah Info mengenai cara melakukan UnRoot HP Android, jika para sobat mengetahui info seputar Rooting lebih detail, silahkan tinggalkan jejak pada komentar dan sertakan penjelasan sehingga dapat membantu para sibat yang lain untuk mencari jalan keluar jika terjadi masalah dengan teknologi Android terutama Rooting. Semoga dapat menginspirasi.

Tinggalkan komentar