5 Langkah Mudah Merawat Laptop Supaya Lebih Awet

Bagikan postingan ini

Comcru.com– Pada era yang serba digital ini, kita hampir tidak bisa lepas dengan perangkat praktis komputer yaitu laptop. Laptop juga termasuk alat elektronik yang tentu saja jika semakin lama digunakan maka nilai fungsinya akan semakin menurun, awet atau tidaknya barang elektronik sangat tergantung dari penggunanya, jika penggunanya merawat dengan baik, tentu saja barang elektronik termasuk laptop akan awet digunakan walaupun suatu saat pasti kita harus menggantikan dengan yang baru.

Laptop sangat membantu sekali bagi orang yang bekerja dengan data, penulis artikel, novel, dan juga untuk mengerjakan tugas. Ketika kita menggunakan laptop dalam waktu lama, timbullah masalah-masalah dari pemakaian seperti lag, baterai yang cepat habis, speaker yang kualitasnya menurun dan lebih banyak lagi. Beberapa masalah dapat muncul jika kita tidak memperhatikan perangkat laptop dengan baik dan juga tidak merawat laptop secara rutin.

Jika kita menggunakan laptop hampir setiap hari untuk mengerjakan banyak hal, maka sebaiknya kita memberikan perawatan secara khusus sehingga laptop menjadi lebih awet atau tidak cepat rusak. Hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat laptop adalah membersihkan laptop secara rutin, sehingga selain menjadi bersih, hardware juga dapat digunakan secara normal walaupun usia laptop sudah lama.

Perangkat elektronik pasti nilai gunanya akan semakin menurun, termasuk laptop, sehingga pada saatnya kita akan menggantikan dengan laptop baru. Membeli laptop baru biasanya karena ada 2 alasan, yang pertama adalah karena laptop lama sudah rusak, dan alasan kedua adalah karena ingin menggunakan spesifikasi yang lebih bagus dengan produk terbaru.

Jika kita tipe orang dengan kriteria membeli laptop karena laptop lama rusak, maka kita bisa lebih berhemat dengan merawat laptop sedini mungkin sehingga laptop yang sudah lama tidak mudah rusak karena dirawat dengan baik sejak pertama kali pembelian.

Supaya laptop yang kita miliki dapat lebih awet dan tahan lama, maka selain merawat laptop dengan baik, kita harus tahu apa saja yang tidak boleh dilakukan dan dihindari untuk menjaga perangkat laptop sehingga dapat awet dan bisa digunakan lebih lama. Berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja yang harus dihindari dan dilakukan untuk merawat Laptop kesayangan kita.

Cara Mudah Merawat Laptop dengan baik

Menghindari penggunaan laptop yang terlalu lama

Kendala pemakaian laptop yang terlalu lama adalah laptop akan menjadi panas atau overheat, untuk mengatasi masalah ini sebaiknya kita mematikan laptop sejenak sambil kita melepas penat dari pekerjaan di depan laptop. Dengan mengistirahatkan perangkat laptop maka setiap komponen akan berhenti bekerja dan suhu panas pada laptop akan turun, setidaknya 30 menit sudah cukup untuk mendinginkan suhu laptop jika kita berada pada tempat dengan suhu yang tidak panas.

Dalam menggunakan laptop kita memang harus bijak, walaupun pekerjaan kita menumpuk atau kita sedang bermain game yang tidak bisa di jeda, sebaiknya carilah waktu untuk membuat laptop istirahat, karena hal tersebut sangat berpengaruh untuk jangka panjang penggunaan laptop.

Laptop yang digunakan terlalu lama dan menjadi Overheat akan berdampak besar pada kinerjanya, karena suhu yang tidak stabil akan mengakibatkan prosesor, RAM dan penyimpanan menjadi berat untuk digunakan, sehingga jika hal ini terus berlanjut dalam kurun waktu tertentu, bukanlah hal yang tidak wajar jika laptop akan rusak, sehingga memberikan waktu istirahat pada laptop adalah hal yang penting.

Selain itu, untuk mensiasati supaya laptop tidak mudah atau cepat panas, kita bisa melakukan aktivitas dengan laptop pada tempat yang sejuk, selain itu penggunaan Cooling Pad juga sangat efektif untuk menjaga suhu tetap stabil dan yang paling penting adalah kita harus rutin membersihkan lubang fentilasi sehingga udara panas dapat terdorong keluar dengan lancar.

Jangan menaruh barang diatas Laptop

Tentu saja kita tidak diperbolehkan menaruh barang terutama barang berat di atas laptop, karena laptop ini walaupun harganya mahal dengan spesifikasi yang canggih, tetapi tidak menutup kemungkinan laptop akan rusak jika ditekan, karena laptop adalah elektronik yang sangat sensitif terutama pada layarnya.

Timbunan barang yang berat bisa membebani laptop dan mengakibatkan masalah pada layar, karena dari semua bagian yang terlindungi casing, layar adalah komponen yang paling terbuka dan rawan rusak jika terkena benturan, terlempar, dan juga tertimbun. Sehingga menaruh barang berat di atas perangkat laptop sangat tidak diperbolehkan.

Jangan menggunakan atau meletakan laptop di kasur

Kita pasti sering menaruh laptop di atas kasur biasanya untuk nonton sambil tiduran, hal ini tidak dapat dibenarkan ya, karena laptop akan cepat panas jika kita menaruhnya di atas kasur.

Kasur memang tempat yang nyaman, tetapi tidak untuk menaruh laptop, karena lubang fentilasi bisa tertutup dan udara panas tidak bisa keluar sehingga bisa mengakibatkat Overheat. Jika Overheat sangat parah, biasanya hampir semua merek laptop melakukan Shut Down atau mati secara mendadak karena pada prosesor yang dilengkapi dengan DTS ( Digital Thermal Sensor) akan menghentikan kinerjanya jika CPU terlalu panas untuk menghindari kerusakan lebih parah.

Selain itu permukaan yang empuk misalnya busa atau kapas tentu saja akan menahan hawa panas yang keluar dari lubang angin laptop sehingga akan memperparah keadaan, maka untuk mengatasi masalah ini sebaiknya jangan meletakkan laptop pada permukaan yang empuk dan tidak rata, letakanlah laptop pada permukaan yang rata dan keras seperti papan kayu, lantai, meja dan yang lainya sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan optimal.

Jika para sobat tipe orang yang bandel dan memaksa nonton film di atas kasur, sebaiknya gunakan alas datar yang keras, bisa dengan buku dengan cover yang tebal atau semacamnya.

Bersihkan tumpukan debu pada Keyboard laptop

Membersihkan perangkat laptop adalah keharusan, dan tentu saja kita harus melakukanya secara rutin untuk menjaga performa perangkat keras. Pada bagian keyboard pasti banyak sekali sela dan lekukan yang sangat sulit dibersihkan ketika debu menempel pada bagian-bagian tersebut, tetapi kita harus selalu membersihkanya karena jika debu menumpuk pada sela-sela keyboard dalam waktu lama, bukan hal yang tidak mungkin kalau nantinya keyboard akan tidak berfungsi.

Debu bukanlah hal yang sepele, karena jika dibiarkan menumpuk maka akan berakibat fatal, terutama pada bagian keyboard. Mengingat penggantian keyboard tidaklah murah, sebaiknya para sobat melakukan perawatan sedini mungkin sehingga keyboard dapat terus berfungsi secara normal. Bagian tombol keyboard yang sering kemasukan debu memang sangat sulit di jangkau, sehingga kita membutuhkan sikat kecil atau kuas untuk menyapunya, dan jika perlu para sobat bisa menggunakan VacumCleaner dengan daya sedot yang lebih rendah sehingga tida merusak komponen.

Selain debu yang menempel pada Keyboard, kita juga harus menjaga laptop dari debu yang menempel pada komponen-komponen lain misalnya speaker, lubang fentilasi, sela-sela layar, port USB dan tempat yang berlekuk lainya untuk menghindari kerusakan pada komponen tersebut.

Demikianlah kiat merawat laptop kita supaya bisa digunakan lebih lama atau awet. Tentu saja ada banyak sekali metode merawat laptop lain supaya laptop kesayangan kita tetap awet seperti ditinjau dari software nya dengan memasang antivirus, menjaga kinerja Baterai, dan lain sebagainya. Jika para sobat memiliki info mengenai perawatan laptop yang baik, tinggalkan komentar yang membangun untuk kita diskusikan bersama, semoga dapat menginspirasi.

Satu pemikiran pada “5 Langkah Mudah Merawat Laptop Supaya Lebih Awet”

Tinggalkan komentar