Cara Merakit PC Terbaik No. 1 Untuk Berbagai Kebutuhan

Bagikan postingan ini

Comcru.com. Jika para sobat tekno ingin merakit PC sendiri tetapi belum tahu bagaimana tahapannya, para sobat tekno bisa menyimak artikel berikut ini, karena saya akan mengulas secara detail bagaimana cara merakit PC terbaik.

Walaupun mempelajari cara merakit PC untuk pertama kali sangatlah rumit, namun hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin. Hal ini bukanlah seperti memulai pertama kali berenang tanpa pengalaman, karena selama kita bisa memilih komponen komputer yang tepat, semua pasti akan berjalan lancar. Pada dasarnya merakit PC terbaik kita adalah hal yang sederhana, kita hanya perlu meletakan semuanya pada slot Mobo (Motherboard) dan konektor yang tepat.

Jika para sobat tekno masih kebingungan untuk memulainya, ikutlah beberapa panduan yang mungkin akan sangat panjang dari mulai pemilihan komponen hingga penginstalan. Merakit PC sendiri tentu saja akan menjadi sebuah kebangggan, apa lagi kita merakit PC terbaik sesuai keinginan kita sendiri.

Inilah cara Merakit PC mulai dari peralatan yang dibutuhkan hingga menghubungkan komponen hingga menjadi sebuah Komputer.

Alat yang diperlukan

Ada beberapa alat yang perlu sobat tekno siapkan sebelum memulainya :

  • Obeng : kita tentu saja sudah tahu fungsinya dan harus ada, pastikan menyiapkan obeng untuk setiap ukuran skrup yang igin kita pasang
  • Tang hidung atau tang penjepit : fungsinya adalah untuk menempatkan skrup di tempat sempit atau mengambilnya.
  • Pengikat kabel atau pengikat Ritsleting : berfungsi untuk merapikan kabel PC yang kalian rakit.
  • Gunting : untuk memotong kabel atau segala sesuatu yang tidak rapi

Siapkan ruangan yang nyaman dan lebar tanpa gangguan anak-anak maupun hewan peliharaan, sehiangga tidak mengganggu saat para sobat merakit PC terbaik. Dan sebelum memulainya, sebaiknya para sobat sudah menyiapkan komponen pertama yaitu Mouse, Keyboard dan Monitor. Selain itu tidak lupa siapkan soket daya dan kalau ada koneksi internet yang bagus.

Dan yang terakhir adalah karena sangat sulit menemukan instalasi Driver CD optik, maka masukan Program windows yang ingin sobat install ke dalam Flasdisk atau USB penyimpan, Comcru.com sangat menyarankan untuk menggunakan Windows 10 versi terbaru.

Komponen PC

Untuk permasalahan persiapan komponen ini, kami tidak akan terlalu terperinci, para sobat bisa melakukan list sembari membaca pada cara merakit PC terbaik, karena akan langsung kami jelaskan secara lebih detail terkait produk dan tips pemasangan setiap komponen.

Merakit PC terbaik

Casing atau Sasis

bongkarlah Casing atau sasis yang sudah disiapkan, lepaskan setiap skrup yang menempel terutama pada tempat pemasangan kipas, dan simpanlah skrup ditempat yang aman sehingga tidak tercecer, atau para sobat bisa menggunakan magnet untuk menjaga skrup dengan ukuran kecil supaya tidak hilang.

Memasang Kipas pendingin

Belilah beberapa pendingin kualitas terbaik untuk menjaga suhu PC yang ingin sobat rakit sehingga tetap stabil. Untuk pemasangan kipas biasanya ditempatkan di dua tempat yaitu dua di depan untuk menarik udara masuk dan satu di belakang untuk meniup udara keluar. Untuk pemasangan kipas pada kasing ini sangat tergantung dari titik slot kipas, jadi bisa jadi ada juga kasing yang memiliki slot kipas berada di atas.

Memasang Mobo (Motherboard)

Pertama Sebelum membeli motherboard atau mobo, sebaiknya para sobat menyesuaikan dengan kasing, sehingga tidak ada perselisihan kecocokan. Untuk lebih aman, para sobat membeli motherboard dan kasing dengan merek yang sama atau membeli dalam satu paket yang sama, sehingga tidak terlalu dipusingkan dengan kecocokan antara mobo dan kasing.

Dan kedua lihatlah Casing PC memiliki sisa lubang atau bagian pada belakang bingkai mobo, jika tidak ada maka kita bisa memasang pendingin CPU dan Drive solid-state M.2 pada saat ini.

Jika sudah selesai, temukan pelindung I/O pada belakang Mobo dan dorong slot persegi ke belakang casing PC, dan pastikan posisi pas tidak miring atau tidak goyang. Untuk melekatakn mobo pada Casing bagian dalam para sobat harus hati-hati, letakan pada posisi yang sesuai dengan port lubang bagian belakang.

Jika semua sudah tertata rapi tidak ada pergeseran atau tidak rapat, maka kita pasang skrup satu per satu disetiap sudutnya. Masalahnya hanya itu saja, jadi kita harus menempatkan di slot yang sesuai, dan para sobat harus benar-benar tidak melakukan kesalahan dengan langkah ini, karena tidak mungkin mengulanginya jika komponen lain sudah mulai dipasang.

Pemasangan CPU atau Prosesor

Untuk melakukan instalasi CPU atau prosesor, dari semua merek memang ada beberapa perbedaan, tergantung prosesor apa yang para sobat ingin gunakan. Katakanlah kita akan menggunakan CPU intel, langkah pertamanya kita geser lengan penahan pegas keluar dan naik, lalu angkat braket, kemudian tempatkan CPU secara perlahan pada soket, cocokan segitiga emas yang berada pada sudut kiri bawah dengan segitiga di braket.

Jika sudah terpasang dan tertata dengan pas, maka selanjutnya geser braket ke posisi semula sehingga terkunci tepat di bawah skrup, lalu kencangkan lengan pegas yang tadi dibuka. Selama proses ini akan ada pelindung plastik, dan yang perlu diingat adalah jangan membuang plastik tersebut karena plastik tersebut adalah pelindung sisi sensitif dari prosesor yang menempel pada motherboard, sehingga jika ingin mengganti CPU atau melepas prosesor dari mobo, kita tinggal memasang kembali pelindung tersebut.

Dan jika para sobat memasang CPU AMD, maka akan lebih mudah dibandingkan dengan Intel, karena AMD tidak ada braket, cukup angkat lengan retensi dan pasang prosesor pada posisi yang tepat. Cocokan segitiga emas di sudut AMD dengan segitiga soket, berikan sedikit dorongan hingga tepat dan kunci kembali lengan retensi kebawah.

Itulah tahap melakukan pemasangan prosesor

Memasang RAM

RAM adalah komponen peting untuk merakit PC terbaik, semakin tinggi RAM yang kita gunakan maka akan semakin baik juga PC kita akan berjalan, namun harus disesuaikan dengan prosesor yang kita gunakan juga.
Cara pemasangan RAM sangat sederhana, sudah tersedia pada soket mobo, kita hanya perlu membuka pengunci dan menekan RAM pada soket hingga berbunyi klik, lalu menutupnya kembali.

memasang pendingin CPU

Dalam merakit PC, sebaiknya kita melakukan riset dan referensi terhadap pembelian komponen, seperti pemasangan pendingin pada CPU ini, didepan CPU biasanya disediakan kipas pendingin biasa, namun untuk membuat CPU bekerja dengan suhu yang stabil, kita bisa menambahkan pendingin tambahan, biasanya berada dibelakang casing. Kendalanya adlah ada beberapa casing yang tidak menyediaka penempatan pendingin ekstra, sehingga kita harus memasang plat sendiri untuk menempatkan pendingin tersebut.

Pendingin pada CPU adalah hal yang penting, karena CPU bekerja paling berat dibandingkan dengan perangkat komponen yang lain, sehingga CPU akan sangat panas jika tidak mempunyai pendingin dan hal ini akan berdampak bahaya untuk penggunaan PC yang kita rakit.

Pendingin liquid adalah teknologi terbaru sebagai pendingin ekstra CPU. Untuk memasang pendingin liquid ini kita harus memasangnya dari awal setelah pemasangan mobo. Pendingin liquid bekerja seperti halnya radiator, jadi kita harus memasang kipas pada casing terlebih dahulu sebelum memasang CPU. Tentu saja saat ini ada banyak pendingin liquid dengan cara pemasangan yang variatif, carilah referensi tentang hal ini.

Pendingin Cair atau liquid lebih efektif mendinginkan termal prosesor dibandingkan dengan hanya menggunakan kipas, kinerja pendingin liquid memang lebih membutuhkan banyak daya tetapi akan bagus untuk penggunaan PC yang kita rakit dalam jangka yang lebih panjang.

Selain itu, jika Casing para sobat tekno memiliki beberapa slot sisa untuk pendingin, sebaiknya kalian memaksimalkanya dengan memasang beberapa kipas pada panel tersebut, kestabilan suhu perangkat PC adalah hal yang sangat diutamakan.

Pemasangan Penyimpanan atau Memori

Untuk pemasangan memori dalap merakit PC sendiri, para sobat harus mengetahui ada dua jenis memori penyimpanan saat ini, yang pertama adalah HDD atau hard disk dan juga SSD atau Solid state drive dengan ukuran yang lebih kecil dan kecepatan data lebih baik dibandingkan pendahulunya HDD. Untuk PC moderen biasanya sudah menyediakn soket untuk SSD, dan pemasanganya pun juga sangat sederhana, kita hanya tinggal menempatkat pada soket dan mengencangkan skrup pada empat sudutnya. Tapi jika para sobat mengguakan HDD tentu bukan masalah, dalam Casing sebaiknya pastikan titik pasang yang kompetibel, dan pasang sesuai posisi yang tepat yaitu arahkan port koneksi ke arah kabel port di mobo karena akan lebih mempermudah dalam pemasangan kabel penghubung.

Memasang PSU

PSU atau power supplay adalah sumber daya inti supaya PC yang kita rakit dapat menyala, jika para sobat menggunakan PSU modular, cari tahulah letak catu daya dan tancapkan pada posisi yang tepat.
Jika Casing para sobat dilengkapi dengan braket PSU, maka lepaskan dulu skrup untuk membukanya, dan pasang PSU yang biasanya teretak pada belakang atas Casing. Masukan kabel dan tancapkan sesuai dengan soket PSU. Jangan lupa kencangkan skrup braket kembali untuk menjaga PSU tetap pada tempatnya.

Pada Casing lama, para sobat harus memasang catu daya melalui dalam sasis sebelum memasangnya ke dalam soket PSU dengan dorongan yang agak keras sehingga PSU tertahan dengan baik lalu setelah itu di skrup dengan rapat..
Dalam peletakan PSU, arahkan kipas keluar Casing, sehingga udara panas dari PSU tidak masuk kedalam Mobo. Untuk kasus ini Comcru.com sangat menyarankan mengarahkan kipas ke samping atau ke bawah sesuai dengan Casing yang sobat tekno siapkan, karena setiap casing tentu saja memiliki tempat pemasangan PSU yang berbeda-beda. Maka dengan cara ini PSU dapat menarik udara segar dan mengeluarkanya melalui belakang.

Mengatur tombol

untuk mengatur tombol I/O dengan baik, dalam merakit PC kita harus menempatkan kabel tepat pada soketnya dan menghubungkanya dengan baik, prioritaskan semua tombol berfungsi dengan baik lalu pasang pada setiap pin soket tombol.
Jika para sobat masih bingung dengan fungsi beberapa kabel yang ada di mobo, sebaiknya para sobat menggunakan buku panduan mobo untuk mengetahui kabel yang akan dihubungkan pada tombol sehingga tidak terjadi kekliruan.
Untuk pemasangan kabel USB, lakukan sesui dengan petunjuk, biasanya pada Mobo sudah ada petunjuk gambar kecil sehingga dapat mempermudah pemasangan. Jika para sobat memahaminya dengan detail, hal ini tidak lah sesulit menyatukan puzzle.

Pemasangan Kabel

dalam merakit PC tentu ini adalah hal yang rumit, tapi tidak sesulit yang kalian bayangkan, kita hanya harus melakukan identifikasi dengan baik. Identifkkasi kabel EPS 8-pin lalu carilah slot 8 daya biasanya pada bagian atas mobo. Setlah itu carilah kabel 24-pin dengan ukuran lebih besar dan hubungkan pada port daya 24 yang sesui pada mobo. Carilah SATA dan hubungkan ke penyimpanan, selain itu hungungkan kabel data SATA antara HDD/SSD ke mobo.

Dan bagian akhir adalah sambungkan kabel daya PCIe melalui potongan penutup PSU sehingga siap digunakan ketika kita menggunakan GPU nantinya.

Pengaturan Kabel

Setelah semuanya terpasang, tentu saja akan banyak kabel yang membuat kita menjadi bingung. Kita akan menggunakan pengikat kabel untuk merapikan beberapa kabel yang tidak rapi berdasarkan jenis dan fungsinya. Kelompokan beberapa kabel dengan fungsi dari soket yang sama dan berdekatan, lalu ikatlah dengan pengikat kabel sehingga tampak rapi, dan jangan lupa gunting pengikat kabel dengan rapi.

Memasang kartu grafis

Biasanya sudah ada slot yang terletak pada bagian dekat denga prosesor, pasang dengan sejajar dan posisi letak yang tepat, doronng perlahan hingga terdengar bunyi klik.
Jika perangkat mobo anda sudah terpasang GPU maka biasanya lokasi pemasangan kartu grafis ada dibelakang GPU, maka kita harus melepas GPU terlebih dahulu.

Cek BIOS

Sekarang kalian sudah berhasil merakit PC, dan tahap terakhir adalah pengujian apakah PC kita bekerja dan menyala dengan baik. Sebelumnya jangan pasang semua penutup seperti Casing, sehingga jika terjadi masalah kita tidak perlu melakukan bongkar pasang.

Hubungkan beberapa komponen eksternal seperti keyboard, mouse, dan monitor. Cobalah nyalakan PC yang kalian rakit dan masuk ke BIOS, periksa suhu CPU jangan lebih dari 30° C – 40° C, dan pastikan boot drive sudah terdaftar. Aktifkan XMP untuk intel dan DOCP untuk AMD untuk memastikan penyimpanan beroperasi pada frekuensi yang tepat.

Simpan semua pengaturan dengan menekan F10, keluar dan matikan PC.

Merapikan dan memasang semua penutup

Setelah yakin mesin bekerja dengan baik, kita bisa merapikanya sekarang. Kencangkan semua kabel yang longgar dan ikat semuanya dengan rapi. Lalu pasang pelindung Casing dengan mengencengkan semua skrup pada setiap sudutnya.

Instal Windows

Tahap berikutnya setelah membahas mengenai sistem perangkat keras, kita akan masuk kepada sistem perangkat lunak yang berkaitan dengan sistem operasi yang ingin kita instal didalam PC yang sudah di rakit.

Saya menyarankan para sobat menggunakan windows 10 versi terbaru. Untuk melakukan instalasi windows saat ini sudah sangat jarang sekali menggunakan CD Drive, sehingga USB adalah alternatif yang baik untuk memasang OS di PC ini. Siapkan Flasdisk setidaknya memiliki penyimpanan memori 4GB dan lakukan bootable untuk bisa masuk ke sistem BIOS. Untuk tutorial melakukan instal windows 10 ini akan kami bahas pada artikel yang lain.

Pemeliharaan PC

  • untuk melakukan perawatan PC yang kita rakit supaya dapat awet digunakn, maka kita harus rajin membersihkan perangkat keras dari debu terutama pada kipas, sehingga suhu PC dapat terjaga dengan baik, selain itu bersihkan PC di beberapa celah mobo sehingga tidak mengganggu sirkuit.
  • Lakukan pengecekan pada setiap soket, konslet akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan baik.
  • Periksalah suhu secara berkala untuk menjaga kinerja prosesor tetap optimal.
  • Lakukan pengecekan penyimpanan menggunakan software untuk menjaganya tetap awet.
  • Jika mengalami masalah dengan driver chipset dan mobo, carilah informasi dari website resmi atau dukungan teknis, biasanya setiap produk memiliki dukungan teknis untuk setiap masalah. Dan untuk masalah driver kita bisa mencarinya lewat online.

Itulah langkah-langkah untuk merakit PC terbaik kita, jika ada yang belum lengkap atau kurang jelas dalam penyampaiannya dapan para sobat tanyakan melalui kolom komentar. Semoga dapat menginspirasi.