Cara Menggunakan Kabel USB OTG, Serta Kelebihan dan Kekurangan OTG

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Kabel USB OTG merupakan inovasi terbaru dalam bidang komunikasi, walapun USB OTG sendiri tidak ada kaitanya dengan alat komunikasi, hanya saja inovasi ini memungkinkan kita untuk langsung menghubungkan Flashdisk ke HP secara langsung menggunakan USB OTG.

Pada perkembanganya, kabel USB OTG ternyata tidak hanya sekedar untuk melakukan transfer file maupun data dari Flashdisk ke HP, tetapi ternyata ada banyak fungsi lain dengan cakupan yang sangat kompleks dari USB OTG ini.

Pada artikel kali ini AsikMain akan menyajikan secara terperinci terkait kabel USB OTG termasuk kelebihan dan kekuranganya sehingga para sobat selain menggunakan kabel USB OTG juga bisa merawatnya dengan baik, sehingga penggunaan aksesoris HP ini dapat dimanfaatkan dengan lebih bijaksana nantinya.

Apa itu USB OTG?

USB OTG adalah singkatan dari Universal Serial Bus On The Go, yang pada awalnya OTG hanya berfungsi untuk penghubung Flashdisk dan HP sehingga data yang berada di dalam Flashdisk dapat terbaca oleh HP, tetapi seiring perkembanganya, OTG dapat digunakan untuk mengirim file dari HP ke Flashdisk atau sebaliknya.

Port USB untuk Flashdisk memang pada awalnya dikembangkan pada perangkat PC dan Laptop, tetapi dengan kemajuan teknologi, Flashdisk dapat digunakan pada Media player, DVD Player, Smart TV dan juga HP dengan menggunakan OTG. Banyak sekali pengguna HP ingin menghubungkan flashdisk ke perangkat selular, sehingga terjawablah dengan munculnya kabel USB OTG.

Kenapa orang ingin menghubungkan Flashdisk dengan HP?
Jawabanya sangat sederhana, karena penyimpanan pada HP terbatas, sehingga membutuhkan memori penyimpanan tambahan, dan Flashdisk adalah solusi yang tepat, karena selain mudah digunakan, Flashdisk juga bisa terhubung dengan berbagai device, hal ini juga akan memudahkan dalam melakukan back up data jika penyimpanan HP penuh.

Tapi penerapan OTG ini belumlah merata, karena tidak semua HP dapat support menggunakan kabel USB OTG, karena inovasi ini masih baru dan perlu disempurnakan. Alasan tidak ratanya penerapan inovasi OTG tidak bisa begitu saja dipecahkan, karena ketidak cocokan kernel maupun slot pada Android masih dalam tahap uji kasus dari pihak pengembang yang hingga saat ini belum terselesaikan. Penerapan Root juga sering dilakukan oleh pengguna HP untuk lebih mengoptimalkan kinerja penggunaan OTG, tetapi para sobat harus berhati-hati jika ingin menggunakan Root, karena dapat berdampak negatif jika terjadi kesalahan.

Fungsi Kabel USB OTG

Banyak orang berfikiran kabel USB OTG hanya menghubungkan HP dan Flashdisk, sama halnya seperti penggunaan USB pada PC maupun laptop, OTG juga berfungsi untuk mentransfer data dari Flashdisk ke HP dan atau sebaliknya. Tetapi selain itu, ternyata ada fungsi lain dari OTG yang tidak diketahui oleh banyak orang, berikut adalah beberapa fungsi kabel USB OTG yang harus para sobat ketahui :

  • Menambah memori penyimpanan pada HP, sehingga kita tidak khawatir jika memori HP penuh, karena kita memiliki Flashdisk yang dapat menyimpan data lebih banyak, selain itu kita juga bisa menjadikan Flashdisk sebagai media back up data jika kita selalu menggunakan penyimpanan HP kita untuk di isi banyak file dan dokumen penting.
  • Ternyata tidak hanya Flashdisk yang dapat di pasang pada kabel USB OTG, kita bisa memasang keyboard, Joystick, Wireless dan bahkan mouse, semua perangkat pendukung komputer yang menggunakan port USB dapat terhubung dengan HP menggunakan kabel USB OTG.
  • Dapat digunakan membaca data dari kamera DSLR dengan langsung menghubungkan menggunakan kabel USB OTG, sehingga dapat menjadi cadangan bagi para fotografer yang melupakan laptopnya.
  • Dapat digunakan untuk menyalakan lampu USB darurat, dengan menggunakan kabel USB OTG, tentu saja bisa jika hanya sekedar mengambil daya. Sekarang banyak sekali lampu darurat dengan colokan berbentuk USB, dan di koneksikan menggunakan adaptor untuk mengganti arusnya.

Selain beberapa fungsi di atas, sebenarnya masih ada beberapa fungsi lain lagi yang tidak dapat diperinci, tetapi pada intinya, dengan menggunakan kabel USB OTG, kita bisa menghubungkan perangkat apa saja yang memiliki konektor port USB, misalnya saja Hard Disk Eksternal, HP lain, CD Portable dan masih banyak lagi. Mungkin di masa yang akan datang USB OTG juga memiliki perkembangan yang sangat mengejutkan seiring dengan perkembangan teknologi yang tidak bisa dibendung.

Kelebihan dan kekurangan kabel USB OTG

Banyak sekali kelebihan dari aksesoris ini, kita bisa memanfaatkan USB OTG untuk banyak hal yang berkaitan menghubungkan HP dengan device lain yang mendukung di pasangkan pada port USB. Selain kelebihan, tentu saja semua alat mempunyai kekurangan, kabel USB OTG juga tentu saja memiliki kekurangan. Kekurangan biasanya akan muncul ketika kita sudah lama memakainya atau melakukan kesalahan dalam prosedur penggunaanya. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa penjelasan berikut ini.

Kelebihan USB OTG

Untuk melihat kelebihan kabel USB OTG, kita bisa membaca pada beberapa penjelasan diatas, rata-rata semuanya membahas mengenai kelebihan dari kegunaan kabel USB OTG. Flashdisk dan HP dengan menggunakan perantara kabel USB OTG memang sangat cocok disandingkan, kerena selain ditinjau dari nilai fungsinya, aksesoris OTG dan Flashdisk sangatlah praktis dengan ukuranya yang kecil, sehingga sangat mudah dibawa untuk berbagai keperluan. Secara garis besar USB OTG akan membuat lebih efisien dalam pengiriman data dari HP ke Flashdisk dan atau sebaliknya, dan juga memungkinkan dari DSLR ke HP untuk para fotografer.

Kekurangan USB OTG

Dari beberapa kelebihan diatas, USB OTG ternyata masih menyimpan beberapa kekurangan, dan sudah di bahas pada penjelasan di atas bahwa kabel USB OTG ini belum diterapkan secara menyeluruh untuk HP, dan ada banyak ketidak cocokan pada beberapa perangkat HP sehingga penggunaanya masih dianggap kurang fleksible. HP dengan RAM yang kecil tetapi mendukung untuk penggunaan OTG juga memiliki resiko tersendiri, kita tahu RAM adalah media perantara untuk menjalankan perintah dari sistem. Kabel USB OTG biasanya menghubungkan HP dengan memori tambahan yang akan memperberat kerja RAM sehingga dengan penyimpanan RAM yang kurang mendukung, HP akan menjadi Lag atau menjadi lambat.

Jika kita sering menghubungkan memori eksternal misalnya saja Flashdisk dengan kapasitas 64 GB, sedangkan RAM pada HP kita hanya standar 2GB, maka selain HP menjadi lambat, untuk jangka panjang akan timbul kerusakan pada komponen lain. Sehingga sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakan kabel USB OTG ini, dan selalu memperhatikan kondisi perangkat kita supaya bisa lebih awet digunakan.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai kabel USB OTG yang bisa para sobat pelajari, dengan mengetahui informasi tersebut, diharapkan para sobat dapat menerapkan hal positif dalam menggunakan USB OTG sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengaplikasianya. Jika para sobat memiliki informasi lebih banyak tentang kabel USB OTG, kalian bisa meninggalkan jejak pada kolom komentar sehingga kita bisa berdiskusi bersama. Semoga dapat bermanfaat.

3 pemikiran pada “Cara Menggunakan Kabel USB OTG, Serta Kelebihan dan Kekurangan OTG”

Tinggalkan komentar