Cara Menggunakan IDM : Internet Download Manager

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Cara menggunakan IDM. IDM atau Internet Download Manager merupakan aplikasi yang sangat berguna sekali untuk melakukan download pada Laptop atau PC kalian ya, karena selain praktis, IDM juga lebih bisa diandalkan karena dapat mempercepat proses download.

Nah, bagi para pengguna Laptop mupun PC tentu saja tidak asing dengan aplikasi IDM, jadi mungkin sebagian dari kalian sudah sangat paham dengan penggunaan IDM ini, tapi bagi kalian yang baru mau mulai menggunakan IDM, kalian datang ke tempat yang tepat, karena Comcru.com kali ini akan memberitahukan bagaimana menggunakan IDM dengan tepat.

Untuk menggunakan IDM pada Laptop dan PC, tentu kita harus Download dan Install terlebih dahulu ya, jadi kita awali saja dari tahap instalasi atau pemasangan supaya lebih jelas nanti mengenai kegunaan IDM ini.

Cara menggunakan IDM

Seperti yang sudah di bahas tadi, kita akan mulai dari proses instalasi aplikasi IDM supaya siap digunakan untuk download pada Laptop dan PC kalian.

Install IDM

Untuk melakukan Instalasi IDM memang tidak gampang, tapi juga nggak susah-susah amat, jadi ikut saja panduan ini untuk lebih detailnya ya.

Step 1 : Download IDM
Untuk menggunakan IDM tentu saja kita harus memiliki IDM yang terpasang di Lapop atau PC ya, jadi kita akan download terlebih dahulu IDM di website resminya : Internet Download Manager (IDM)

Download Biasanya tidak terlalu lama karena file hanya berukuran kurang dari 10MB dan berformat .exe (Driver Aplikasi)

Step 2 : Install IDM
Setelah kita download IDM yang biasanya file Installer berformat .exe, kita langsung saja klik dua kali pada file tersebut untuk menginstall. Setelah muncul Internet Download Manager Installation Wizard, kita pilih saja “Next” untuk memulai proses instal.

Setelah “Next” muncul “License Agreement”, kalian bisa membacanya untuk tahu informasi lebih detail mengenai Aplikasi IDM. Nah, setelah itu klik centang pada kolom “I accept terms in the license agreement” lalu kita pilih “Next” lagi.

Setelah langkah tersebut biasanya akan muncul pemilihan lokasi yang dapat kita pilih untuk data instalasi IDM, kita bisa memilih sesuai keinginan kita dengan memilih opsi “Browse” pada “Destination Folder“, nah, kalau sudah, jangan lupa isi centang untuk membuat shortcut di dekstop ya, sehingga nanti kita mudah menggunakanya.

Pilih “Next” lagi hingga proses selesai. Kalau proses sudah selesai biasanya akan muncul informasi pada jendela “Installation Complete” dan kalian tinggal pilih “Finish” sebagai tahap akhir proses pemasangan atau instalasi.

Menggunakan IDM

kalau proses pemasangan sudah selesai, kita bisa langsung menggunakanya ya, jadi langsung mulai saja kalian buka pada IDM melalui shortcut di PC atau laptop kalian, dari sana kita bisa melihat tampilan dari IDM berserta versi yang kita install.

Untuk menggunakan IDM secara gratis, kita hanya diberikan waktu 30 hari alias hanya “Free Trial 30 days”, sehingga kalian perlu membeli paket premium untuk terus menggunakan aplikasi IDM ini ya.

Nah, kalau kalian tidak ingin membeli paket premium, maka sebaiknya gunakanlah kesempatan 30 hari tersebut untuk melakukan download apa saja yang kalian butuhkan hingga masa uji coba IDM berakhir, karena kalau sudah berakhir dan kita tidak membeli paket premium, tentu saja kita tidak bisa menggunakan IDM lagi.

Penyetelan IDM

Kita kembali lagi belajar mengenai cara menggunakan IDM ya, jadi untuk menggunakan aplikasi ini tidak ada hal khusus, kalian hanya perlu melakukan penytelan kecil sebelum menggunakanya untuk pertama kali.

Buka IDM, lalu pilih Options, lihat pada tab General, pastikan browser yang ingin kalian gunakan untuk melakukan download sudah tercentang. Jadi fungsi dari centang tersebut adalah untuk Integrasi ya, sehingga nanti dengan meggunakan browser yang sudah tercentang dan berada pada list tersebut, IDM akan melakukan download media secara otomatis.

Membahas mengenai media, kita ingat Ekstensi file ya, jadi selain pengaturan browser, kalian juga harus melakukan pengaturan untuk Ekstensi file yang ingin kita terapkan untuk menerima fitur otomatis download dari IDM. Caranya juga tidak sulit, jadi seperti pada cara sebelumnya, kita pilih Options dan lihat filetypes, disana akan terlihat banyak sekali format seperti .mp4, 3gp, exe dan lebih banyak lagi.

Kalian juga bisa menambahkan jenis file tertentu sehingga IDM akan melakukan otomatis download, tapi kalau tidak ada, cara ini bisa dilewati ya.

Menggunakan IDM di Browser

Dalam melakukan penyetelan tadi kita sudah melakukan centang pada daftar browser yang di integrasi dengan IDM, jadi untuk menggunakanya di Browser, pastikan kalian menggunakan browser yang sudah terintegrasi dengan IDM ya.

Tidak ada penyetelan secara khusus dari Browser ini, hanya saja kalian harus mengunakan Browser yang sudah update versi terbaru, sehingga dapat mendukung digunakan pada IDM dengan versi terbaru, karena masalah ini sering sekali muncul karena kecocokan atau kompabilitas, sehingga IDM gagal di integrasi dengan browser walaupun sudah di centang pada pengaturan.

Biasanya setelah IDM berjalan, secara otomatis akan melakukan integrasi dengan browser yang sedang kita gunakan, tapi ada kalanya fitur otomatis ini tidak aktif sehingga kita harus menggunakan cara manual seperti memasaukan ekstensi pada Mozilla dan Ekstension pada Google Chrome.

Tapi kalau IDM sudah melakukan integrasi, tentu saja kalian bisa langsung menggunakanya dan dapat melakukan download lebih cepat.

Cara Download Dengan IDM

Kalau kalian sudah melakukan semua penyetelan dari atas, maka tidak perlu lagi menyentuh penyetelan ya, lagsung saja tancap gas Download.

Cara downloadnya sangat mudah sekali, yaitu misalnya kita browsing video di Youtube atau streaming di facebook, biasanya secara otomatis akan muncul notifikasi download dari IDM, dan kita hanya perlu mengetuk untuk memulai proses download. Kalau proses download sudah mulai, kita tunggu saja sampai selesai dan hasil download akan berada di penyimpanan sesuai dengan penyetelan waktu instalasi ya.

Cara mempercepat Download dengan IDM

Cara untuk membuat IDM supaya lebih ngebut!, kalian hanya perlu masuk ke penyetelan IDM ya. Jadi pertama buka IDM kalian, lalu buka “Option“, setelah itu lihat pada opsi “connection” dan pilih “default max.conn number”, ganti hingga nomor maksimal yaitu 32 kalau kecepatan internet kalian bisa lebih dari 2MBps, tapi kalau kecepatan internet kalian hanya sebatas Kilobyte, sebaiknya maksimal settingan berada pada nomor 16 saja.

Itulah tips untuk mempercepat koneksi internet dengan menggunakan IDM tanpa perlu menggunakan aplikasi apapun ya.

Demikianlah tutorial mengenai cara menggunakan IDM. Dalam mengguakan IDM ini dapat disimpulkan tidak sulit dan tidak mudah ya, nah, kalau kalian mengikuti cara diatas dengan tepat, biasanya tidak akan ada masalah dalam menggunakan IDM.

Dan yang perlu di garis bawahi adalah IDM hanya menyediakan uji coba selama 30 hari, sehingga kalian harus membeli paket premium untuk tetap menggunakanya setelah lewat 30hari, jadi kalau kalian hanya ingin menggunakan paket gratis, download semua hal yang kalian inginkan sebelum masa 30 hari habis ya. Selamat mencoba.

2 pemikiran pada “Cara Menggunakan IDM : Internet Download Manager”

Tinggalkan komentar