Cara Menggunakan Google Drive Berdasarkan Dengan Fungsinya

Bagikan postingan ini

Cara Menggunakan Google Drive – Comcru.com. Dengan canggihnya perkembangan teknologi saat ini, kita sangat dimudahkan dalam berbagai hal dan salah satunya adalah penyimpanan data Google. Jika para sobat mengalami masalah seperti memori laptop dan HP penuh tetapi tidak memiliki media penyimpanan eksternal, kalian bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan sejumlah data secara online.

Google Drive merupakan media penyimpanan Cloud Server yang di kembangkan oleh Google dan dapat digunakan untuk menyimpan data apapun menggunakan jaringan Internet. Dalam melakukan back up sejumlah data kedalam Google Drive, caranya sangat mudah sekali karena hanya dengan melakukan upload dan memasukkan pada folder yang sudah kita buat, data kita akan aman pada penyimpanan Cloud dari Google ini.

Kebanyakan orang mengetahui Google Drive adalah tempat untuk menyimpan File saja, padahal selain untuk menyimpan data atau file, Google Drive juga memiliki fungsi lain dari sekedar alat penyimpanan online. Untuk lebih detailnya, para sobat bisa menyimak Cara menggunakan Google Drive ini berikut dengan Fungsinya.

Cara menggunakan Google Drive berikut dengan Fungsinya

Untuk menggunakan Google Drive, tentu saja para sobat harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Akun Google yang di maksud adalah email Google yang nantinya di gunakan untuk mengakses data dari Google atau ke Google.

Biasanya semua perangkat HP Android langsung di arahkan untuk membuat akun Google sebelum menggunakannya, tetapi jika para sobat belum memiliki akun Google, kalian harus mendaftar terlebih dahulu di sini : https://accounts.google.com/ServiceLogin

Jika sudah, maka kita kan langsung saja masuk ke cara menggunakan Google Drive yang di tinjau dari setiap fungsinya sebagai berikut :

1. Menyimpan Data

Fungsi utama Google Drive adalah sebagai media penyimpanan data secara online. Dengan menggunakan Google Drive kita bisa menyimpan file atau dokumen apa saja seperti Video, gambar, foto, dan dokumen atau file dengan berbagai format lain.

Google Drive menyediakan penyimpanan hingga maksimal 15GB secara gartis yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data di Cloud Server, selain itu kita juga bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 100TB dengan berlangganan paket premium.

Cara menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan sangat mudah sekali, yaitu hanya dengan membuat folder pada pada Google Drive dengan memasukkan nama yang kita inginkan, lalu Upload semua file yang ingin kita simpan pada folder tersebut. Kita juga bisa membuat beberapa folder seperti halnya partisi dalam komputer.

2. Berbagi File

Google Drive dapat kita gunakan sebagai media untuk berbagi file dengan orang lain. Fitur ini memungkinkan kita membagikan file kepada orang walaupun memori nya lumayan besar tanpa menggunakan Flashdisk atau media penyimpanan apapun karena kita sudah menyimpan file yang ingin kita bagikan di Cloud Server.

Cara menggunakan Google Drive untuk berbagi file adalah dengan membagikan Public Link sehingga orang yang membuka link tersebut dapat melakukan akses terhadap file yang sudah kita upload, selain itu kita juga bisa memberikan izin kepada orang lain untuk melakukan editing pada file yang kita bagikan.

Tetapi dalam penggunaannya, tentu saja kita membutuhkan koneksi internet atau paket data yang lumayan besar jika file berukuran lumayan besar, karena proses berbagi file ini melibatkan metode Upload dan Download dari pihak pengguna dan penerima.

3. Edit Dokumen

Edit dokumen adalah fitur yang sangat menarik sekali dari Google Drive, karena dengan fitur ini kita bisa melakukan pengeditan dokumen seperti halnya menggunakan aplikasi Microsoft Word, Power Point dan Excel.

Cara menggunakan Google Drive untuk melakukan edit dokumen sangat mudah sekali, yaitu hanya dengan klik file tersebut lalu pilih edit. Sehingga dengan fitur ini kita tidak perlu melakukan download terlebih dahulu untuk melakukan editing. Selain praktis juga sangat efektif di gunakan apa lagi jika kita membutuhkan mobilitas tinggi dalam pekerjaan yang berkaitan dengan dokumen.

4. Tempat Cadangan Data Penyimpanan

Fungsi ini pencadangan data adalah fungsi yang sama dengan poin pertama, hanya saja kita menggunakannya karena adanya masalah yang berbeda. Dengan adanya penyimpanan data Cloud Google Drive, kita bisa menyimpan data sementara ketika perangkat kita sedang ada masalah.

Sebagai contoh sederhana HP kita sedang dalam masalah karena sering macet, dan kita ingin melakukan reset, tentu saja kita membutuhkan tempat untuk melakukan back up data sebelum melakukan Reset karena semua data pasti akan terhapus, maka kita bisa memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan sementara.

Cara menggunakan Google Drive sebagai cadangan penyimpanan sama dengan poin pertama, hanya perlu membuat folder dan meng upload semua data yang ingin kita back up. Setelah HP selesai di reset, kita bisa log in lagi pada akun Google yang sama dan mengambil data yang tadi sudah di upload pada Cloud Server dengan cara Download.

5. Membuat catatan

Cara menggunakan Google Drive pada fungsi ini adalah dengan memanfaatkan Google Keep, yaitu secarik kertas yang bisa kita gunakan untuk menulis catatan penting yang nantinya akan secara otomatis disimpan dalam Google Drive.

Fitur ini sering sekali digunakan oleh pengguna ponsel karena memang Google Keep ini biasanya sudah di sertakan sebagai aplikasi bawaan khususnya ponsel dengan sistem operasi Android. Google Keep akan otomatis melakukan penyimpanan file karena aplikasi ini sudah di integrasi dengan Google Drive, sehingga file yang berupa catatan tersebut akan tersimpan pada Cloud Server.

6. Hosting Website

Jika para sobat adalah seorang Pengembang Website atau programer, kalian tentu tidak asing dengan Cloud Computing. Dalam hal ini, Google Drive dapat kita manfaatkan sebagai Cloud Computing untuk memasang sebuah website. Cara menggunakan Google Drive dengan fungsi ini, para sobat bisa hosting website yang kita kembangkan dengan menggunakan Google Drive.

Pada umumnya penggunaan Google Drive sebagai Hosting biasanya Gratis, tetapi tentu saja ada batasan penggunaan penyimpanan, dan jika kita ingin menambahnya, Google sudah menyediakan paket berbayar.

7. Melakukan Backup WhatsApp

Fitur ini bukanlah hal yang bari tetapi jarang di ketahui oleh banyak orang, dengan menggunakan Google Drive ternyata kita bisa melakukan back up data untuk aplikasi WhatsApp. Bukan hanya data file dari folder WhatsApp, tetapi kita juga bisa menyimpan rekaman percakapan dari WhatsApp dengan melakukan pengaturan dari aplikasi tersebut.

Cara menggunakan Google Drive sebagai media backup aplikasi WhatsApp sangat mudah sekali, masuk pada bagian “setting” atau “setelan” pilih “Chat” dan pilih “Cadangkan Chat”. Kita bisa mencadangkan semua file dan chat sesuai keinginan kita berdasarkan waktunya, bisa satu hari atau sebulan sekali.

Itulah beberapa fitur dan fungsi dari Google Drive yang dapat para sobat gunakan, dalam perkembangannya Google Drive memang lebih dari sekedar layanan Cloud Server, karena kita dapat memanfaatkan media tersebut untuk berbagai macam fungsi dan kebutuhan yang berkaitan dengan penyimpanan data maupun Edit data secara online.

Demikianlah cara menggunakan Google Drive yang dapat para sobat ketahui, jika kalian mengetahui fitur dan fungsi lain yang tertinggal dan belum ada pada list di atas, silahkan tinggalkan beberapa saran yang membangun pada kolom komentar, semoga bermanfaat.

5 pemikiran pada “Cara Menggunakan Google Drive Berdasarkan Dengan Fungsinya”

Tinggalkan komentar