Cara Menggunakan Google Drive Sebagai Media Backup

Bagikan postingan ini

Cara Menggunakan Google Drive Sebagai Media Backup  – Comcru.com. Jika kita berbicara masalah Google Drive, pasti kita akan tertuju pada Cloud Server atau penyimpanan data secara online. Dengan fungsi utama dari Google Drive ini, kita dapat melakukan penyimpanan data baik dari HP maupun dari PC yang terhubung dengan Internet.

Dalam perkembangannya, Google Drive sering digunakan sebagai media untuk melakukan backup sejumlah data atau bisa juga di jadikan tempat pencadangan data. Untuk penggunaan secara gratis, kita akan diberikan maksimal penyimpanan hingga 15GB, dan jika ingin menggunakan penyimpanan lebih banyak hingga maksimal 100TB, kita harus melakukan pembayaran untuk membeli servis premium dari Google.

Cara menggunakan Google Drive sebagai media backup data sangat lah mudah, kita hanya perlu menggunakan metode Upload untuk menyimpan dan Download untuk mengambil data yang di simpan, untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menggunakan Google Drive sebagai media backup data.

Cara menggunakan Google Drive untuk Backup data

Cara melakukan backup data ke media Google Drive, kita bisa memisahkannya menjadi dua cara tergantung dari platform yang digunakan, yaitu melakukan Backup dengan menggunakan Website dan yang kedua adalah melalui aplikasi. Untuk lebih detail nya, kita mulai saja dari yang pertama.

Backup data menggunakan Website

Untuk melakukan Backup menggunakan PC atau Laptop, kita bisa menggunakan Website untuk melakukan backup data ke Google Drive. Cara menggunakan Google Drive untuk melakukan backup dengan Website adalah sebagai berikut :

  • Buka Website Google Drive menggunakan Browser terbaik pilihan para sobat. Untuk penggunaan Google Chrome biasanya kita hanya tinggal melakukan Login ke akun milik kita karena biasanya sebelum menggunakan Browser Chrome kita di harus kan memiliki akun Gmail dan Login.
  • Pilih tombol di menu “Aplikasi Google” yang berada di pojok kanan atas di samping Gmail dan Gambar, lalu pilih “Drive” untuk masuk ke Google Drive. Jika para sobat tidak menggunakan Browser Chrome, kalian langsung saja masuk ke Google drive pada halaman berikut : https://www.google.com/drive/ dan ikuti seperti poin di atas.
  • Jika para sobat sudah masuk, kalian tinggal upload saja semua data yang ingin di simpan pada Google drive dengan cara pilih menu “Baru” Ikon + yang berada pada pojok kiri atas.
  • Setelah masuk pada menu tersebut biasanya akan muncul berbagai macam opsi file yang ingin di upload seperti Upload File, Upload Folder, dan yang lainnya tetapi kita pilih saja di opsi Upload.
  • Kita bisa melakukan Upload satu per satu dengan menggunakan Upload file atau langsung Upload sekaligus semuanya dengan menggunakan Upload Folder, Upload sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Misalnya saja kita memilih untuk Upload Folder, sehingga kita pilih opsi tersebut dan pilih folder yang ingin di upload pada jendela Explorer lalu pilih “Upload” untuk memasukkan ke Google Drive.
  • Tunggu hingga Proses selesai (Proses tergantung dari besar kecilnya memori data yang kita upload), dan jika sudah selesai, kita sudah berhasil melakukan backup data ke Google Drive.

Cara menggunakan Google Drive untuk backup data sangat mudah sekali, dengan data yang tersimpan di dalam Cloud server, kita dapat memanfaatkan penyimpanan pada yang sudah longgar untuk digunakan menyimpan data penting lainnya.

Backup melalui Aplikasi

Cara kedua menggunakan Google Drive sebagai media backup data, kita bisa menggunakan Aplikasi desktop yang sudah disediakan oleh Google. Kita bisa melakukan Download pada bagian Kiri bawah ketika kita masuk ke Drive melalui Web Browser.

Setelah kita selesai melakukan download, lakukan instal seperti aplikasi biasa, dan buka aplikasi Google Drive Desktop ketika sudah selesai. Selanjutnya kalian akan di arahkan untuk memasukkan akun Gmail atau akun Google yang sudah aktif supaya bisa mengakses penyimpanan Google Drive Desktop. Setelah masuk, maka Google Drive Desktop siap di gunakan.

Cara menggunakan Google Drive dengan aplikasi ini juga sangat mudah sekali, ikuti beberapa langkah berikut ini untuk melakukan backup data yang para sobat inginkan.

  • Siapkan aplikasi Google Drive Desktop dan Login supaya kita bisa mengakses penyimpanan di Drive.
  • Setelah masuk, maka kita akan di arahkan untuk membuat folder yang nantinya akan di gunakan sebagai tempat penyimpanan, sehingga sebagai contoh kita buat saja folder AsikMain.
  • Pilih Folder tersebut dengan memberikan check list.
  • Setelah memilih folder tempat penyimpanan, kita siap menggunakan folder tersebut, sehingga langkah selanjutnya adalah dengan memilih file yang ingin di backup.
  • Dalam memilih file yang ingin di backup, Google drive menyediakan konversi untuk file berjenis foto dan Video, sehingga kita bisa menentukan ukuran dan resolusi nya, apakah kita ingin upload dengan ukuran asli atau menggunakan ukuran yang diperkecil untuk menghemat penyimpanan, tetapi tentu saja jika ukuran diperkecil, kualitas juga akan menurun.
  • Setelah memilih ukuran, kita juga di arahkan untuk memilih apakah file photo yang kita upload akan di sinkronisasi dengan Google Photo atau tidak.
  • Langkah selanjutnya adalah masuk ke pengaturan jaringan atau Network setting. Dengan menggunakan pengaturan ini kita bisa membatasi Bandwidth untuk Download dan Upload file sehingga tidak mengganggu aktivitas kita jika kita masih ingin menggunakan koneksi internet untuk kebutuhan yang lain.
  • Tahap akhir adalah sinkronisasi folder pada Google Drive sehingga data tersimpan di Cloud Server secara aman dan kita bebas mengakses kapan saja.

Cara menggunakan Google Drive singkatnya hanyalah seperti kedua poin di atas berdasarkan jenisnya. Setelah mengetahui cara menggunakan Google Drive, para sobat tentu saja tidak akan kebingungan lagi untuk menggunaknnya dalam melakukan backup data.

Untuk melengkapi Cara menggunakan Google Drive, berikut ini adalah beberapa kelebihan menggunakan Google Drive yang harus para sobat ketahui, sehingga kalian bisa menggunakan fitur tambahan lainnya dan tidak hanya backup data

  • Dapat menyimpan semua jenis file pada media Online sehingga kita bebas mengakses dimana saja.
  • Mudah di bagikan atau di Share dengan orang lain dengan membagikan Public Link
  • Kita bisa menggunakan Google Drive dengan Aplikasi Android, sehingga akses lebih fleksibel
  • Dapat melakukan Upload dan Download file secara bebas
  • Dapat membuat folder menjadi Offline sehingga kita bisa mengakses tanpa koneksi internet
  • Dapat dengan mudah di gunakan untuk edit dokumen
  • Bisa digunakan untuk membaca PDF
  • Sudah support di gunakan pada Tablet dengan OS Honeycomb dan Android 3.0 +
  • Penyimpanan yang aman dengan akun Google
  • Dapat digunakan untuk melakukan konversi file
  • Pengelolaan data menggunakan Spreadsheet.
  • Dan masih banyak lagi.

Dari semua kelebihan Google Drive, tentu saja ada kekurangan dari Cloud server ini. Kekurangan dari Google drive adalah karena membutuhkan penggunaan data internet yang besar, tetapi hal ini juga sangat tergantung dari file yang kita download atau upload, semakin besar ukuran file yang kita simpan maka akan semakin besar pula paket data yang kita gunakan. Selain masalah pada penggunaan data internet, kelemahan yang lain adalah aplikasi ini tergantung dari koneksi internet, sehingga tanpa internet tentu saja kita tidak bisa mengakses Cloud server.

Demikianlah Cara menggunakan Google Drive sebagai media backup, Mudah-mudahan info ini dapat membantu para sobat untuk melakukan penyimpanan data pada Google Drive dengan mudah. Semoga bermanfaat.

5 pemikiran pada “Cara Menggunakan Google Drive Sebagai Media Backup”

Tinggalkan komentar