Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp : Menggunakan WhatsApp Web

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Aplikasi WhatsApp. Siapa yang tidak tahu WhatsApp?, Kalian semua pasti tahu aplikasi ini sob, karena hampir semua orang yang memiliki smartphone pasti menggunakan WhatsApp, dari kalangan tua, muda, pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, pengangguran semuanya pasti punya WhatsApp.

WhatsApp memang sangat popupler sekali sob, karena banyak sekali penggunanya. WhatsApp ini merupakan aplikasi kirim pesan secara online dengan layanan gratis seperti beberapa aplikasi yang pernah ada sebelum WhatsApp yaitu BBM atau BlackBerry Messenger sob!.

Whatsapp ini sangat di minati banyak penggunanya karena hanya dengan koneksi internet, kalian bisa mengirim pesan secara gratis tanpa di pungut biaya sob!, jadi sangat cocok buat anak kost zaman sekarang. Dengan menggunakan Whatsapp kita dapat dengan mudah melakukan obrolan secara online, betukar foto, file dan bahkan melakukan panggilan video secara gratis.

Dulu pengguna WhatsApp tidak banyak sob, karena hanya bisa di gunakan pada perangakat iOS saja yaitu iPhone, tapi setelah muncul beberapa aplikasi BBM, Skype, LINE dan aplikasi pengiriman pesan lain yang dapat digunakan secara gratis hanya dengan menggunakan internet, akhirnya Whatsapp juga tidak mau kalah sob, pengembang aplikasi berbasis pengiriman pesan instan ini juga merilis aplikasi untuk Smartphone BlackBerry, Android, Windows Phone dan Symbian.

Supaya kalian lebih paham tentang aplikasi WhatsApp, kita bahas dulu mengenai sejarah aplikasi WahtsApp ya sob!, selain menambah wawasan juga bisa kita jadikan sebagai inspirasi kali saja kalian ada yang ingin mengikuti jejak membuat aplikasi pengirim pesan online sob!

Aplikasi WhatsApp

Sejarah WhatsApp

Whatsapp ternyata didirikan oleh mantan karyawan Yahoo!, dia bernama Brian Acton dan temanya yang juga pernah bekerja di Yahoo! yaitu Jon Koum. Mereka merilis aplikasi ini pada tahun 2009 lalu tepatnya pada bulan November, dan pada waktu itu Whatsapp hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone dan ekslusif hanya di AppStore.

Setelah selang beberapa tahun tepatnya pada tahun 2014 bulan Februari, raksasa media sosial Facebook.inc membeli atau mengakusisi Whatsapp dengan nilai yang fantastis yaitu USD 19 Miliar, Penawaran yang WOW sekali ya sob!, duit semua tuh!. Nah, itu merupakan akusisi terbesar hingga saat ini. Walaupun sudah di akusisi oleh Facebook, dua punggawa WhatsApp masih tetap berada di perusahaan hingga tahun 2018 lalu, dan sekarang WhatsApp dikepalai oleh Chris Daniels.

Sampai saat ini, WhatsApp sudah berkembang sangat pesat hingga banyak sekali fitur yang nantinya akan kita bahas satu persatu, dan juga belakangan ini rilis juga WhatsApp untuk yang berbasis browser dan tentu saja wajib kita bahas sob.

Cara Menggunakan WhatsApp

Memasanag Aplikasi WhatsApp

untuk menggunakan aplikasi pesan instan ini tentu saja kita harus menginstall pada perangkat smartphone kita dulu sob, Supaya lebih paham, admin sudah siapkan beberapa langkah untuk pemasangan aplikasi WhatsApp ini.

  • Unduh atau Download secara gratis di GooglePlay dan Appstore aplikasi WhatsApp (pastikan menggunakan penyedia aplikasi terpercaya sob, yaitu Google Play dan AppStore, karena jika kita menggunakan penyedia aplikasi mentahan atau dari website tidak terpercaya, terkadang Aplikasi sudah di tanami Malware)
  • Install aplikasi dan tunggu sampai prosesnya selesai sob!, jangan di Close ya, karena nanti bisa error. Tapi biasanya proses instalasi berjalan otomatis setelah WhatsApp berhasil terdownload.
  • Setelah terinstall, buka aplikasi untuk mulai melakukan pendaftaran. pastikan kalian memiliki nomor HP yang paten sob, maksutnya jangan gantai-ganti nomor, karena WhatsApp membutuhkan konfirmasi dari nomor HP, fatal nanti kalau nomor HP kalian ganti atau hilang.
  • Masuk ke pendaftaran, WhatsApp biasanya mengarahkan untuk meminta akses daftar kontak, kalian pilih “ALLOW” untuk menyetujui sob!
  • Selanjutnya adalah kotak persetujuan penggunaan Aplikasi WhatsApp, Kalian bisa baca beberapa persetujuan sebelum penggunaan aplikasi WhatsApp tapi sangking banyaknya pasti kalian males jadi langsung saja pilih “AGREE AND CONTINUE”
  • Masukan nomor HP, dan ketuk tombol “NEXT”
  • WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS.
  • Dan sebaiknya kita segera melakukan Verifikasi dengan memasukan beberapa digit angka ke aplikasi dan atau bisa langsung klik pada link yang telah dikirim untuk Verifikasi.
  • Masukan Nama dan Foto untuk melengkapi profil WhatsApp kalian sob, langkah ini sebenarnya tidak harus sob, jadi cuma opsi saja. Tapi supaya orang lain mengenal akun WhatsApp kita, gunakan foto asli ya sob, jangan foto palsu, dan juga pakai nama yang jelas supaya tidak dikira salah orang nanti.
  • Kalian juga bisa menggunakan opsi “use facebook info” sob!. Jadi nanti foto dan nama akan di sinkronkan dengan akun Facebook kalian bagi yang memiliki akun Facebook.
  • Selesai nih, klik “Done” dan kita siap menggunakan WhastApp

Setelah selesai memasang WhatsApp, kita bisa bebas menggunakan aplikasi pesan instan ini untuk berbagai fungsi berdasarkan fiturnya sob. Fitur dari WhatsApp ini ada banyak sekali dan sangat menarik, makanya banyak pengguna yang setia menggunakan aplikasi WhatsApp. Apa saja fitur WhatsApp?, simak keterangan selanjutanya sob!

Fitur Aplikasi WhatsApp

Chatting (Obrolan)

Caranya sangat mudah sekali sob, kalian pilih saja menu “Chat” dan pilih teman dari kontak kalian yang sudah terdaftar dengan aplikasi WhatsApp, lalu tinggal ketikan saja apa yang ingin kalian katakan pada kotak obrolan. mudah dan simpel sob tanpa takut pulsa habis karena biaya SMS.

Menambahkan Berkas pada Obrolan atau Chat

Berkas itu bisa berarti file atau foto sob. Kita mulai mengirim foto secara langsung, jadi tidak melalui gallery. Cara untuk mengirim Foto, kalian hanya perlu klik ikon kamera yang berada pada sisi kanan kolom teks, lalu sentuh “OK” dan “Allow”, Secara otomatis akan muncul tampilan gambar yang di ambil kamera sob, langsung saja jepreet dan kirim, kalau perlu kalian juga bisa menambahkan Caption atau keterangan.

Kalau mau kirim foto dari gallery bisa min?, tentu saja bisa sob, jadi setelah tampilan muncul gambar dari kamera, jangan di jepreet, pilih pojok kiri bawah, disitu ada foto dan video dari gallery yang bisa kalian pilih sob, jadi pilih salah satu dan kirim, kalau mau pakai caption atau keterangan juga bisa sob, sama seperti di atas.

Selain foto, file dan dokumen juga termasuk berkas sob, cara mengirimnya berbeda dengan cara mengirim foto, jadi caranya kita pilih ikon klip kertas lalu pilih file yang mau kita kirim.

tunggu proses uploadnya sampai selesai sob, biasanya tergantung ukuran file, semakin besar ukuran pasti semakin lama prosesnya. setelah selesai, kita pilih “Send” atau “kirim”.

Panggilan Suara

Fitur ini memungkinkan kita melakukan telepon ke pengguna lain dengan menggunakan paket data internet seperti halnya telepon secara konvensional, dalam melakukan panggilan suara, antara kedua pengguna yang ingin saling berkomunikasi harus online atau terhubung dengan intrenet.

Cara membuat panggilan cukup mudah, kita kembali ke “Chats” dan klik tombol yang berbentuk gagang telepon pada jendela chat teman yang ingin kita hubungi.

Panggilan Video

Fitur ini sama dengan panggilan suara tapi kita bisa langsung bertatap muka dengan pengguna lain dengan bantuan kamera, untuk melakukan panggilan Video tentu saja smartphone kita harus memiliki kamera depan untuk saling bertatap muka, dan pada tahun 2020 hampir semua HP pintar pasti sudah tertanam kamera depan atau biasanya orang mengatakan kamera selfie.

Cara melakukan panggilan Video sama dengan melakukan panggilan suara, Ikon panggilan Video berada disamping panggilan suara pada kolom percakapan teman yang ingin kita hubungi.

Fitur panggilan Video ini sangat menarik sekali, kita bisa terhubung lebih dari satu orang, artinya kita bisa melakukan panggilan video secara grup, tapi fitur ini akan saya bahas pada fitur berikutnya yaitu Grup WhatsApp.

Group WhatsApp

Fitur ini adalah fitur dimana seseorang dapat mengelola group atau masuk dalam sebuah group dengan tema tertentu, misalnya saja group keluarga atau anggota karyawan kantor.

Untuk membuat grup WhatsApp caranya sangat mudah, dan semua orang bisa menjadi admin, caranya pilih Opsi yang berada pada pojok kanan atas dan pilih “New Group” dari menu drop down. Kita bisa memasukan teman atau kerabat kita dalam group hingga maksimal 265 orang di dalam grup obrolan. Setelah itu setidaknya kita memasukan satu anggota, kita akan di arahkan membuat nama group yang kita buat, dan Grup WhatsApps Selesai dibuat.

Hal yang menarik dari Grup WA ini adalah kita bisa melakukan panggilan Video dan panggilan Suara secara berjamaah atau bersama anggota group, fitur ini hampir sama dengan panggilan video dan suara melalui chat personal, tetapi dengan group kita bisa melakukan panggilan secara bersama yang bisa menampung hingga 4 orang.

Fitur ini diluncurkan sudah dari tahun 2018 tetapi masih dalam tahap tes hingga saat ini untuk mengatur kestabilanya, selain terkendala koneksi yang terbagi, panggilan menggunakan WhatsApp secara berkelompok ini terbilang kurang, tetapi mari kita tunggu trobosan perkembangan dari fitur ini.

Membuat Status WhatsApp

Fitur membuat status itu diusung dari timeline media sosial, tentu saja penggunanya lebih banyak anak muda, cara membuat status di WhatsApp sangat mudah, yaitu dengan menekan opsi “STATUS” dan kita memasukan apa yang ingin kita tulis dan atau apa yang ingin kita pos didalam status kita, karena dalam fitur setatus ini kita bisa mengunggah baik tulisan, gambar bahkan Video.

Selain itu kita juga bisa langsung menggunakan kamera dari smartphone kita untuk mengambil gambar yang nantinya bisa langsung dijadikan status pada akun WhatsApp ini. Ada hal menarik dari Status di WhatsApp ini adalah kita bisa melihat siapa saja yang telah melihat status kita, tetapi kita harus menyimpan kontak dari teman kita supaya mereka bisa melihat status kita.

Dalam membuat Status berupa gambar, kita diperbolehkan untuk melakukan pengeditan dengan berbagai macam stiker serta beberapa emoticon, selain itu kita juga bisa memotong gambar yang dirasa kurang bagus, lalu ada juga fitur memasukan teks dalam gambar yang ingin kita jadikan status.

Mengirim pesan dengan daftar siaran atau Broadcast

Jika kita pernah menggunakan BBM, tentu saja tidak asing dengan fitur Broadcast, fitur ini memungkinkan kita mengirim pesan ke banyak orang tanpa harus masuk dalam suatu grup WA.

Caranya sangat sederhana, kita tinggal pilih pada tombol opsi pojok kanan atas, kita pilih “New Broadcast” atau jika dengan bahasa indonesia “Siaran baru”, setelah kita pilih kita akan di arahkan ke daftar kontak, disana kita harus memilih siapa saja yang ingin kita kirim pesan yang sama. Cara ini sangat cocok digunakan untuk memberikan informasi yang sama ke banyak orang tanpa harus masuk dalam grup atau membuat grup WA.

Meneruskan Pesan atau Forward

Fitur ini adalah sama halnya dengan copy paste pesan atau informasi dari satu pengguna kepada pengguna yang lain, tetapi fitur ini tidak mengharuskan kita menyalin dan menempel satu persatu, kita bisa memilih tombol forward atau teruskan, yaitu tombol arah panah belok ke kanan pada opsi pesan yang kita blok. Kegunaanya adalah kita bisa langsung meneruskan pesan yang ingin kita teruskan kepada banyak kontak, jadi sangat praktis digunakan, hal ini sama dengan sistem broadcast, karena pesan yang diteruskan kebanyak orang juga memang namanya adalah pesan broadcast.

WhatsApp Dekstop dan Web Browser

Dalam perkembanganya, aplikasi WhatsApp ini merilis untuk bisa digunakan di dekstop dan juga web browser, mengingat aplikasi berbagi pesan atau chat ini sangat diminati oleh penggunanya, tentu saja inovasi baru ini akan lebih memudahkan untuk memantau WA selagi menggunakan Laptop atau PC misalnya saja seorang pekerja kantor atau admin Online shop.

Apa itu WhatsApp dekstop?, dan Apakah sama dengan yang kita gunakan pada Smartphone?

WhatsApp untuk dekstop dan web browser ini pada dasarnya sama saja, yang membedakan adalah perangkat yang kita gunakan sobat. Untuk yang pertama mari kita sima WhatsApp untuk dekstop.

WhatsApp Dekstop

WhatsApp Dekstop ini adalah aplikasi yang dapat diunduh denga perangkat Laptop atau PC, cara mengunduh WhatsApp dekstop adalah kita harus mengunjungi situs web WhatsApp, Microsoft Store dan atau Apple App Store. WhatsApp untuk versi dekstop ini dapat berjalan pada komputer dengan sistem operasi sistem tertentu yaitu :

Windows 8.1 atau yang lebih baru

masOS 10.10 atau yang lebih baru

Jika kita menggunakan sistem operasi dibawahnya misalnya Windows 7, tentu saja tidak mendukung untuk menggunakan aplikasi WhatsApp dekstop, dan alternatifnya bisa menggunakan WhatsApp web browser.

Cara melakukan Instalasinya sangat sederhana, kita hanya perlu mendownload di beberapa situs yang menyediakan aplikasi WhatsApp atau bisa klik disini. https://www.whatsapp.com/download/
setelah itu tinggal instal aplikasi yang berformat .exe atau .dmg.

Untuk cara Login atau masuk ke WhatsApp Dekstop ini akan saya rangkum bersama dengan WhatsApp Browser ya, karena caranya sama.

WhatsApp Web Browser

WA web Browser adalah aplikasi WhatsApp dengan berbasis browser, maksutnya kita bisa menggunakanya dengan browser, sehingga kita tidak perlu melakukan download aplikasi seperti halnya untuk dekstop, kita cukup memiliki Browser pada PC dan Laptop kita seperti Mozila, Google Crome, UC dan yang lainya.

Cara untuk menggunakan WhatsApp browser sangat sederhana, kita tinggal klik saja link website resmi WA berbasis web disini : https://web.whatsapp.com/ lalu ikuti langkah-langkah menggunakanya.

Cara menggunakan WhatsApp Dekstop dan Web Browser

Aplikasi WhatsApp untuk dekstop dan browser bukanlah aplikasi yang terpisah dengan smartphone kita, jadi kita tidak membuat akun baru, kita hanya cukup melakukan sinkronisasi melalui HP yang sudah terpasang WA dan yang pasti harus sudah teregistrasi. Berikut ini adalah cara menggunakan WA dari dekstop dan Web :

  1. Buka WhatsApp dari HP kita

Android : ketuk “CHAT” lalu pilih “Opsi lain” di pojok kanan atas dan pilih WhatsApp Web

iPhone : ketuk Pengaturan dan Pilih WhatsApp Web/Dekstop

  1. Buka web WhatsApp dan atau aplikasi dekstop, kita akan diarahkan untuk melakukan Scan kode QR dengan cara berikut :

Android : pindai kode QR +

iPhone : pindai kode QR

Setelah berhasil, maka kita bisa menggunakan WhatsApp dengan PC atau laptop, dan tentu saja semua pesan dari HP kita akan singkron dengan WhatsApp yang kita pasang di PC atau Laptop kita.

Tips dalam menggunakan WhatsApp

  • Jika halaman percakapan atau “Chats” tampak berantakan, kalian bisa menghapus percakapan-percakapan yang sudah lama sobat, tapi perhatikan dan pilih yang kira-kira sudah tidak digunakan lagi.
  • Kita juga bisa membuat daftar siaran atau Broadcast untuk mengirim pesan ke beberapa orang sekaligus, ini adalah alternatif lain mengirim pesan ke banyak orang tanpa harus membuat group WA atau masuk dalam suatu group
  • Jika kalian memiliki paket data yang terbatas atau perangkat smartphone tidak terhubung ke WiFi, sebaiknya para sobat menutup aplikasi WhatsApp ketika sedang menggunakan data seluler untuk menghindari biaya tambahan, karena WhatsApp yang terbuka akan otomatis melakukan download baik teks maupun media, sehingga para sobat harus berhati-hati.
  • WhatsApp tidak mendukung untuk digunakan pada tablet, sehingga para pengguna tablet bisa mendownload format APK atau Android Pakage Kit untuk bisa menggunakanya.

Itulah beberapa informasi mengenai WhatsApp, karena maraknya tindak kejahatan melalui media berbagi pesan WA ini, kita harus berhati-hati dan selalu bijak dalam menangkap setiap informasi, apalagi informasi broadcast dari orang yang tidak bertanggung jawab, selain itu untuk keamanan data sebaiknya jangan menggunakan akun anda di perangkat umum seperti PC kantor atau komputer tempat anda bekerja, karena untuk versi PC dan Laptop hanya sinkronisasi dari akun WA di ponsel kalian sob, jadi harap berhati-hati. Semoga Bermanfaat.

6 pemikiran pada “Cara Menggunakan Aplikasi WhatsApp : Menggunakan WhatsApp Web”

Tinggalkan komentar