Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer not Responding

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Windows Explorer not Responding pada Windows memang merupakan kendala yang kerap kali muncul. Banyak pengguna OS windows mengalami Windows Explorer not responding karena berbagai hal.

Bagi para pengguna OS Windows tentu saja para sobat tidak asing dengan Windows Explorer yang merupakan perangkat lunak yang sangat erat hubunganya dengan Windows. Ketika kita menginstal Windows maka secara otomatis Windows Explorer akan terpasang. Windows Explorer adalah software penjelajah yang memungkinkan kita membuka sistem melalui tampilan layar PC kita. Sehingga apa jadinya jika Windows explorer not Responding atau dengan kata lain tidak dapat merespon?

Tentu saja hal teresebut akan menjadi masalah besar bagi sistem, karena kita tidak akan bisa membuka apapun tanpa Windows Explorer. Windows Explorer memang menampilkan interface sehingga para penggunanya bisa melakukan akses berkas seperti file, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya, sehingga akan sangat fatal sekali jika terjadi Windows Explorer not Responding.

Sebelum kita membahas solusi Windows Explorer not responding, ada baiknya kita mengetahui penyebab kenapa bisa terjadi masalah pada Windows Explorer, sehingga dengan tahu masalahnya kita akan lebih paham ketika membaca solusinya.

Penyebab Windows Explorer Not Responding

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan Windows explorer tidak merespon, pada dasarnya Windows tidak dapat merespon dengan baik karena beberapa hal berikut ini :

Explorer.exe Error

Explorer.exe merupakan aplikasi utama yang menjalankan Windows Explorer, sehingga wajar saja jika Explorer.exe mengalami masalah atau terjadi Error, Windows Explorer akan gagal merespon perintahnya. Masalah awal yang muncul ketika Explorer.exe biasanya secara mendadak Windows Explorer menutup dengan sendirinya padahal kita tidak menekan tombol Close atau tutup, dan terkadang juga ada gejala pada tampilan Windows Explorer kosong atau blank karena kegagalan sistem untuk mengoperasikan Explorer.

Explorer.exe rusak adalah hal yang sangat fatal, karena semua kinerja yang berkaitan dengan interface file, dokumen, aplikasi dan bahkan kontrol panel akan bermasalah, sehingga kita untuk mengatasi supaya File ini tidak rusak, sebaiknya jagalah perangkat kita dari berbagai ancaman misalnya virus dan malware yang dapat merusak file yang berada pada OS.

Jika memang sudah parah dan tidak bisa diperbaiki, Instal ulang adalah cara terbaik mengatasi Explorer.exe yang bermasalah, tetapi untuk langkah pertama, cobalah me restart Windows Explorer dengan cara yang akan kami sajikan setelah penyebab Windows Explorer not Responding.

File atau Thumbnail yang korup

Penyebab berikutnya Windows Explorer not Responding adalah karena ada masalah pada gambar atau thumbnail yang korup, dan setelah Windows Explorer gagal bekerja biasanya akan muncul notifikasi Windows Explorer has stop Working.

Masalah ini biasanya datang karena file atau thumbnail terkena Virus dan menjadi rusak ketika Antivirus mendeteksi terdapat virus didalam thumbnail tersebut, sehingga antivirus melakukan perbaikan dan bahkan penghapusan sehingga ada yang hilang atau tidak lengkap yang biasa kita sebut korup.

Tentu saja jika file atau thumbnail korup, sistem akan gagal untuk melakukan perintah karena daya yang tidak lengkap, dan dalam kasus ini akan berakhir dengan notifikasi Windows Explorer has stop working yang di awali dengan Windows Explore not responding pada kolom bar.

RAM bekerja terlalu berat

RAM merupakan kompnen yang berperan sangat penting sekali karena menampung berbagai macam perintah proses yang nantinya akan diteruskan ke CPU untuk di eksekusi, tetapi dengan kapasitas RAM yang rendah, tentu saja kita tidak bisa membebankan banyak tugas seperti membuka aplikasi berat dan membuka folder secara bersamaan, karena RAM terlalu penuh menampung proses, bisa jadi Windows Explorer akan gagal merespon perintah atau Windows Explorer not Responding.

Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya para sobat harus menggunakan PC atau laptop dengan bijak, dalam artian menggunakan perangkat PC kita sesuai dengan kemampuan dan jangan memaksakannya, karena jika RAM terlalu berat bekerja sampai tidak ada memori yang tersisa untuk menampung data, bukan hanya masalah Windows Explorer not responding saja, tetapi juga dapat penyebabkan hardware yang bersangkutan langsung dengan RAM rusak termasuk RAM itu sendiri.

Itulah beberapa masalah yang menyebabkan Windows Explorer not Responding. Dari permasalahan tersebut kita memiliki 3 solusi dari tiga penyebabnya, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi Windows Explorer not Responding.

Cara mudah mengatasi Windows Explorer not Responding

Cara 1 : Restart Windows Explorer

  • Tekan tombol Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan untuk membuka Task Manager dan pilih Windows Explorer
  • Klik kanan pilih End Task, biasanya akan terjadi sedikit perubahan dan agak berkedip pada layar, tetapi hal tersebut adalah wajar.
  • Selanjutnya pilih menu File dan pilih Run New Task
  • Ketik Explorer dan Ok

  • Windows Explorer akan kembali normal

Cara 2 : Ubah Default pengaturan File Explorer Options

  • Tekan tombol Windows pada keyboard lalu pilih File Explorer Options
  • Carilah Open File Explorer to dan pilih This PC untuk melakukan Restore Defaults, dan terakhir ketuk OK

Cara 3 : Menyesuaikan pengaturan Display

  • Tekan secara bersamaan tombol Windows + I untuk masuk ke Windows Setting
  • Lihat pada pengaturan Scale and Layout pilihlah persentase yang Recommended saja.
  • Pilih Ok jika sudah selesai.

Itulah beberapa langkah sederhana mengatasi Windows Explorer not Responding, tetapi jika para sobat sering mengalami Windows Explorer non Responding setelah menggunakan 3 solusi diatas, sebaiknya para sobat melakukan instal ulang OS, karena besar kemungkinan Explorer.exe sudah rusak dan tidak bisa di perbaiki kembali.

Explorer.exe memang secara fungsi sangat penting sekali dalam sebuah sistem operasi Windows, karena Explorer.exe menangani proses pencarian dan berbagai macam terkait ekstensi berkas seperti menampilkan wallpaper, dekstop, start menu, my computer, control panel dan lain sebagianya. Sehingga para sobat yang menggunakan OS Windows akan tahu betul jika Explorer.exe bermasalah maka akan berdampak besar untuk kinerja sistem operasi.

Secara terperinci, berikut ini adalah beberapa manfaat adanya Windows Explorer dalam OS Windows :

  • Windows Explorer sangat berperan penting dalam beberapa hal seperti mebuat folder, menghapus folder, memindahkan folder, mengedit dan lain sebagainya yang terkait dengan file, berkas maupun folder dalam perangkat kita.
  • Windows Explorer digunakan untuk pencarian berkas sehingga kita bisa dengan mudah mencarinya melalui kolom Search yang biasanya berada pada pojok kanan atas.
  • Windows Explorer juga berguna dalam memetakan direktori yang ada di host jaringan ke drive lokal, selain memetakan juga mampu memutuskan pemetaan tersebut.
    Windows Explorer dapat kita gunakan untuk manipulasi properties dan metadata pada sistem atau objek yang ada dalam sistem.

Pada OS Windows lama seperti Windows NT4, Windows X, Windows 2000, Windows Server 2000, Windows Vista kita lebih dapat leluasa memanipulasi properties maupun metadata, dan bahkan kita di izinkan mengontrol secara penuh untuk mengakses sistem berkas terutama untuk NTF, kepemilikan berkas dan Audit.

Demikianlah beberapa hal tentang Windows Explorer dan juga mengatasi masalah Windows Explorer not Responding atau Explorer gagal merespon yang sering menjadi kendala para sobat ketika menggunakan OS Windows. Jika para sobat kesulitan dalam penerapanya, kalian bisa kirimkan masalahnya kepada kami pada kolom komentar sehingga bisa menjadi bahan diskusi bersama atau para sobat bisa langsung mengunjungi website microsoft disni : microsoft/Windows Explorer not Responding. Semoga dapat menginspirasi.

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Mengatasi Windows Explorer not Responding”

Tinggalkan komentar