10 Cara mengatasi Laptop Lemot

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Laptop lemot atau lamban memang menjadi kendala ketika kita menggunakan perangkat praktis dari Komputer ini. Laptop pada dasarnya sama dengan perangkat elektronik lain sehingga ketika kita sering memakainya walaupun spesifikasinya sangat bagus kemampuanya juga akan menurun seiring waktu dipakai.

Masalah laptop lemot ada banyak ragam masalah, sehingga karena banyaknya permasalahan penggunaan laptop lemot ini, Comcru.com akan memberikan beberapa tips mengatasi laptop lemot dengan beberapa langkah sederhana dan tentu saja membuat laptop para sobat tekno kembali pulih kembali.

Sebelum membaca tips menangani laptop lemot, kita harus mengelompokan penyebabnya terlebih dahulu. Pada umumnya laptop lemot disebabkan karena tiga hal :

  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstal dan berjalan pada OS, selain itu biasanya aplikasi yang ternstal akan langsung aktif ketika kita menyalakan laptop, sehingga membuat laptop kita menjadi terlalu berat dan akhirnya laptop menjadi lemot.
  • Hardisk yang sudah lama digunakan sehingga proses membaca data sangat lama seperti waktu pertama kali digunakan atau waktu masih baru. Harddisk ini akan berdampak besar pada kinerja laptop secara menyeluruh.
  • Kapasitas Hardisk yang sudah penuh juga akan menyebabkan kinerja semakin berat dan membuat laptop lemot.

Itulah masalah umum yang mendasar kenapa laptop lemot, adapaun beberapa masalah lain yang menyebabkan kenapa laptop kita menjadi lemot. Berikut adalah beberapa masalah kenapa laptop lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Cara mengatasi laptop lemot

Uninstall aplikasi Penyebab Laptop lemot

Ketika kita memiliki laptop, terkadang kita ingin menginstal berbagai aplikasi, tetapi karena banyak aplikasi yang kita instal pada Lalptop kita tentu saja akan membuat kinerja menjadi berat dan laptop menjadi lemot.

Langkah mengatasi masalah ini sangat sederhana, kita tinggal menghapus atau un-install aplikasi yang sekiranya sudah tidak digunakan atau nilai gunanya kurang terlalu dibutuhkan. Terkadang juga ada aplikasi yang tidak sengaja terinstal karena kita meng klik ketika sedang browsing.

Periksalah pada control panel dan carilah beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau tidak dibutuhkan, karena sangat sayang sekali memori terpakai atau penuh karena aplikasi yang tidak digunakan atau nganggur, karena hal tersebut menyebabkan laptop lemot.

Pakai Antivirus

Alasan yang paling sering membuat laptop lemot adalah karena perangkat laptop kita terkena virus, virus dapat menyerang data pada OS sehingga sistem akhirnya tidak bekerja dengan optimal dan terkadang pincang pada suatu fitur, sehingga menyebabkan laptop lemot.

Mekanisme ini sama dengan manusia, jika kita terkena virus maka kita akan sakit, untuk menyembuhkanya kita harus meminum obat. Untuk laptop yang terkena virus kita juga membutuhkan obat, antivirus adalah obat terbaik untuk mengatasi virus, selain mengobati, antivirus juga mencegah masuknya virus pada perangkat kita.

Untuk menjaga laptop kita agar tidak lemot, sebaiknya kita menginstall Antivirus Terbaik sehingga dapat menjada laptop kita dari ancaman virus yang dapat merusak sistem. Tidak hanya menginstal, kita harus secara rutin memantau dengan melakukan scan pada setiap disk untuk mendeteksi virus berbahaya yang menyerang.

Baca Juga : Rekomendasi Antivirus Gratis Terbaik

Sesuikan penggunaan aplikasi

Kasus laptop lemot dengan masalah ini sama dengan ketika kita menginstal banyak aplikasi, sehingga laptop kita menjadi berat. Alasan kenapa latop menjadi lemot adalah karena kita terlalu memaksakan kinerja RAM, dengan berjalanya terlalu banyak aplikasi, tentu saja kinerja RAM akan sangat berat dan laptop menjadi lemot.

Untuk menjaga supaya laptop kita terjaga dengan baik sebaiknya dalam menggunakan aplikasi kita sesuikan dengan spesifikasi dan kapasitas laptop kita. Untuk mengetahui kapasitas dari laptop yang kita pakai, bukalah task manager untuk mengetahui berapa memori yang terpakai, jangan sampai penggunaannya mencapai batas kritikal yang biasanya ditandai dengan warna merah pada kolomnya.

Membersihkan dekstop dan aplikasi pada startup

Banyaknya aplikasi yang terpampang di dekstop juga menambah beban laptop, karena loading interface juga membebani memori RAM, sehingga kembali ke poin diatas, sesuikan aplikasi kita sesui kebutuhan dan spesifikasi perangkat laptop yang kita gunakan. Ketika kita menggunakan laptop dengan spesifikasi tinggi, tentu hal ini bukan menjadi masalah, tetapi jika laptop kita memiliki spesifikasi standar, sebaiknya kita menyesuikanya dengan menaruh beberapa aplikasi yang paling penting di dekstop.

Selain itu, kita juga harus memantau aplikasi pada startup, jika terlalu banyak aplikasi pada startup otomatis akan membuat waktu menyala laptop menjadi sedikit menunggu, karena harus menunggu aplikasi untuk aktif. Usahakan gunakan aplkasi yang penting pada sistem startup ini misalnya saja Antivirus, karena aplikasi pada startup akan berjalan secara otomatis ketika laptop baru dinyalakan dan memakan banyak memori RAM jika dipasang terlalu banyak.

Menambah kapasitas RAM

Penambahan RAM pada laptop sangat disarankan sekali untuk mengatasi laptop lemot, tetapi ketika ingin menambah RAM, sebaiknya periksa terlebih dahulu spesifikasi RAM yang digunakan pada laptop kita, biasanya RAM memiliki jenis DDR3, DDR3L dan DDR4, sehingga untuk mendapatkan performa laptop yang lebih nge-Gas, kita harus cek kompetiblenya. Selain itu untuk menambahkan RAM, kita juga harus melihat kapasitas laptop kita mampu tidak untuk di tambah RAM yang lebih tinggi, karena jika kapasitas maksimal misalnya 4GB kita tambah hingga 16GB, bukan tambah cepat tapi bisa jadi malah nge-hang atau crash, karena RAM ini harus seimbang dengan perangkat lain seperti prosesor.

Mengganti Penyimpanan HDD menjadi SSD

Laptop yang lambat salah satu alasanya adalah karena masih menggunakan penyimpanan HardDisk atau biasa kita sebut HDD dengan kecepatan yang kurang sempurna dibandingkan generasi terkini, maka untuk mengatasi masalah ini sebaiknya para sobat mengganti penyimpanan HDD menjadi SSD.

SSD dapat membantu menaikan kecepatan akses membaca data pada perangkat laptop yang kita gunakan sehingga kinerja menjadi lebih cepat, selain itu waktu booting akan jauh lebih cepat dibandigan penggunaan HDD, karena memori penyimpanan ini bersifat lebih responsif dari pendahulunya walaupun harganya lebih mahal.

Menggunakan Cooling Pad

Laptop adalah bentuk minimalis dari sebuah PC, sehingga tentu saja sangat minim pendingin didalamnya, jika laptop kita terlalu panas, tentu akan membuat kerja menjadi berat karena suhu pada mesin utama menjadi kurang optimal bekerja. Untuk mengatasi masalah ini, para sobat bisa menggunakan Cooling pad atau kipas pendingin tambahan sehingga dapat membatu mendinginkan mesin utama supaya dapat bekerja lebih optimal.

Reset ulang Sistem operasi atau OS

Selain hardware, kinerja laptop juga dipengaruhi software. Jika sistem operasi yang berjalan pada laptop kita sudah eror atau bermasalah, tentu saja laptop kita akan mengalami banyak kendala salah satunya adalah laptop lemot.

Jika masalah sudah sangat parah, lebih baik segera melakukan instal ulang daripada nanti lebih memperparah keadaan hingga ke hardware, karena bukan tidak mungkin ketika software misalnya saja OS windows sudah rusak, kita memaksakan hingga hardware harus bekerja lebih keras untuk membaca sistem dan berakhir fatal, jadi instal ulang adalah pilihan yang sangat bijak untuk mengatasi masalah teknis ini.

Membersihkan Drive C

Langkah membersihkan Drive C bisa dilakukan sebelum melakukan instal ulang OS, jika dengan melakukan pembersihan ini tidak kunjung membaik, maka sangat disarankan instal ulang OS nya.

Pembersihan Drive C ini bertujuan untuk mengurangi beban memori, kebanyakan laptop dengan usia lebih dari 3 tahun kinerjanya akan menurun, sehingga dengan menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak berguna, kinerja akan semakin ringan.

Menggunakan Aplikasi untuk mengatasi Laptop Lemot

Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk memperlancar kinerja perangkat laptop kita, dan dari beberapa aplikasi, saya memilih dua aplikasi yang sangat berpengaruh dan membantu sekali dalam mengatasi Laptop lemot :

Aplikasi CCleaner

Saya sangat merekomendasikan penggunaan aplikasi CCleaner ini, cara kerjanya sangatlah sederhana, dengan aplikasi ini, kita bisa melakukan pemindaian terhadap file yang tidak terpakai dan riwayat maupun chace dari browser yang dapat memperberat kinerja, setelah dideteksi semua masalah, kita bisa dengan segera melakukan penghapusan. Selain itu, kita juga bisa melakukan pemindaian registery file yang sudah tidak terpakai, misalnya saja file uninstall yang belum ikut terhapus.

Tapi dalam penggunaanya, kita perlu berhati-hati karena kita harus memperhatikan dengan teliti apa yang ingin kita pindai dan bersihkan, karena kita bisa menghapus data penting jika semua cek list pada perintah pindai kita tandai semua.

Selain Ccleaner masih ada beberapa aplikasi pembersih seperti Advance System Optimizer, Razer Game booster dan yang lainya, tetapi saya sangat merekomendasikan Ccleaner untuk digunakan, selain ringan juga mudah digunakan oleh pemula.

Download : CCleaner Free

Disk Defargment

Metode ini sangat optimal sekali dalam menangani masalah laptop lemot, dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui file yang sudah tidak terpakai atau biasa disebut junk dan juga file sampah yang membuat laptop menjadi lemot.
Aplikasi Disk Defragment tidak perlu kita download karena biasanya setiap OS sudah menyediakan yang bisa kita gunakan melalui control panel. Penggunaan Tool Disk Defragment juga sangat sederhana, kita hanya perlu menganalisa dan mengoptimasi file. Tetapi aplikasi ini punya kelemahan, karena pemindaianya sangat lama, sehingga kita tidak bisa menggunakan laptop untuk beberapa waktu selama pemindaian.

Itulah beberapa kiat untuk membuat Laptop yang sudah lama kita gunakan menjadi lebih nge-Gas lagi, semua cara diatas sangat ampuh mengatasi laptop lemot, sehingga tidak ada salahnya para sobat mencobanya sebelum membeli laptop baru, semoga menginspirasi.

3 pemikiran pada “10 Cara mengatasi Laptop Lemot”

Tinggalkan komentar