Bagaimana Cara Mengatasi HP Kemasukan Air? Cek Langkah-langkah Berikut Ini!

Bagaimana Cara Mengatasi HP Kemasukan Air? Cek Langkah-langkah Berikut Ini!

Bagikan postingan ini

HP atau smartphone sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari bermain game smartphone, mengabadikan momen, hingga mengerjakan pekerjaan kantor. Banyaknya aktivitas sehari-hari yang menggunakan smartphone membuat resiko kerusakan smartphone karena hal tak terduga semakin meningkat, salah satunya adalah HP kemasukan air.

Pada smartphone tertentu sudah dilengkapi dengan fitur waterproof yang melindungi smartphone agar tahan terhadap air. akan tetapi tidak semua smartphone sudah dilengkapi dengan fitur waterproof.

Permasalahan HP kemasukan air pun juga sudah sering terjadi, mulai dari jatuh di kolam atau terkena air hujan saat musim penghujan seperti saat ini.  Sehingga kita berhati-hati dalam menggunakan smartphone agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti smartphone kemasukan air. lantas bila smartphone kemasukan air, bagaima cara mengatasi Smartphone yang kemasukan air? perhatikan langkah-langkah berikut ini!

  1. Matikan Daya Smartphone

Seringkali ketika HP kemasukan air kita langsung bergegas dengan menghidupkannya guna mengecek apakah ada kerusakan atau tidak, tetapi hal tersebut justru kurang tepat ketika smartphone kemasukan air.

Menghidupkan HP kemasukan air dapat menyebabkan korslet pada perangkat smartphone, selain itu kerusakan pada smartphone juga bisa meluas hingga kemana-mana. Hal ini karena air dapat mengacaukan aliran listrik secara tidak beraturan pada perangkat smartphone.

  1. Lepas Casing dan Perangkat lainnya di Smartphone

Pada smartphone keluar terdahulu, anda dapat membuka casing dan melepaskan baterai dari smartphone yang kemasukan air, hal itu mengurangi resiko terjadinya  korslet. Sedangkan pada smartphone dengan baterai tanam jangan dibuka sendiri cukup pastikan sirkulasi udara smartphone tidak terhambat, jika memakai softcase harap dilepas karena mengganggu aliran udara. Bila sirkulasi udara terhambat atau casing tidak dibuka dapat menyebabkan air tidak bisa keluar dan resiko kerusakan meningkat. Jangan lupa untuk melepas SIM Card dan Memory Card karena bisa aja data kartu tersebut bisa hilang karna korslet pada smartphone.

  1. Jangan Banyak Gerakan HP

Terlalu banyak menggerakan HP lemasukan air dapat menyebabkan kerusakan semakin menyebar karena air yang berada di dalam smartphone dapat bergerak semakin ke dalam dan menyebabkan kerusakan yang lebih parh.

  1. Jangan Gunakan Hairdryer

Penggunaan Hairdryer atau kipas angin untuk mengeringkan smartphone kemasukan air juga menjadi langkah keliru yang sering dilakukan, hal tersebut ini karena angin yang dihasil malah mendorong air bergerak semakin ke dalam. Disarankan untuk menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan air karena mampu menyedot air yang berada di dalam smartphone.

  1. Keringkan dengan Kain

Apabila teman-teman tidak memiliki vacum cleaner atau keterbatasan waktu untuk meminjam vacum cleaner maka dapat menggunakan cara alternative mengeringkan smartphone dengan menggunakan kain.

Hal yang perlu diperhatikan adalah kain yang digunakn bersifat menyerap air dan cukup ditempel-tempelkan saja pada bagian smartphone yang basah, bila digerakan dikhawatirkan air justru semakin menyebar kemana-mana.

  1. Masukan HP kemasukan Air ke dalam beras

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bila beras dapat digunakan untuk mengeringkan ponsel kemasukan air.  Pengguna beras untuk mengeringkan smartphone karena beras memiliki daya serap yang bagus, selain keberadaan beras mudah ditemukan. masukan smartphone ke dalam beras selama kurang lebih 2 hari, apabila masih terdapat uap air maka rendam lebih lama hingga kering, pasangkan perangkat ayng dilepas lalu coba hidupkan smartphone tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Kemasukan Air? Cek Langkah-langkah Berikut Ini!

Langkah di atas merupakan langkah awal untuk mengantisipi kerusak yang timbul akibat smartphone kemasukan air dan tidak menjamin akan sepenuhnya berhasil. Apabila tetap terjadi kerusakan disarankan segera diperbaiki pada ahlinya. Semoga informasi tersebut bisa membantu teman-teman semua apabila terjadi smartphone kemasukan air, dan semoga saja hal tersebut tidak terjadi.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Seberapa berguna post ini?

Klik pada bintang untuk mereview!

Rata-rata Rating / 5. Jumlah Review:

Belum ada review! Jadilah yang pertama mereview post ini.

Tinggalkan komentar