5 Cara Mudah Membersihkan Layar HP dengan Baik dan Benar

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Membersihkan layar HP tentu saja sudah menjadi rutinitas bagi penggunanya, baik hanya sekedar mengulap dengan kain baju atau sampai dengan menggunakan cara yang Expert berbeda dari yang lain.

Menjaga dan merawat HP dengan memang sudah sewajarnya dilakukan supaya HP tetap awet dan tidak mudah rusak, merawat HP tidaklah selalu fokus pada sistem dan komponen keras bagian dalam, tetapi dengan cara sederhana seperti membersihkan layar HP juga sudah merupakan bentuk perawatan.

Membersihkan layar HP bukanlah perkara sulit tentu saja, kita hanya tingga mengusap pada bagian layar dan selesai, layar sudah bersih. Pada konten ini, Nekotech akan memberikan tips yang lebih dari sekedar mengelap layar HP supaya HP kesayangan kita tampak Kinclong dan baru lagi. Simak beberapa cara berikut ini.

Cara Membersihkan Layar HP

Menggunakan kain yang lembut

Cara yang pertama adalah tips membersihkan layar HP yang lazim dilakukan, dengan menggunakan kain yang lembut, kita bisa membersihkan debu yang menempel pada layar HP kita.

Kenapa menggunakan kain yang lembut?, karena jika kita menggunakan kain kasar bukan membersihkan namanya, tetapi merusak layar HP walaupun pada layar HP sekarang sudah dibekali dengan layar anti gores. Dengan kain yang lembut kita bisa membersihkan layar HP tanpa menimbulkan goresan, misalnya saja kita bisa menggunakan kain pembersih kaca mata.

Cara ini sangat efektif untuk membersihkan debu yang menempel, dan kontoran yang berada pada permukaan layar HP. Tetapi dengan hanya menggunakan kain, ada kekurangan dalam membersihkan layar HP karena tidak bisa menjangkau lekukan atau sela pada bagian pojok jika HP memiliki lekukan tertentu, sehingga membutuhkan cara lain yang akan saya bahasa pada tips berikutnya.

Kelebihan Cara ini adalah sangat praktis dan mudah di praktikan, selain itu kita juga bisa membawa kain lembut kecil seperti pembersih lensa kacamata sehingga jika layar HP kotor, kita langsung bisa mengusapnya secara perlahan untuk membersihkan dari kontoran yang menempel.

Mengunakan Air Bersih

Para sobat jangan salah paham dan langsung meyiram layar HP dengan air. Cara kedua ini masih berkaitan dengan tips yang pertama, yaitu dengan menggunakan kain, tetapi bedanya adalah kita membasahi kain terlebih dahulu untuk membersihkan noda yang susah dibersihkan pada layar HP.

Untuk membasahi kain, pastikan menggunakan air yang bersih sehingga tidak menambah kotor permukaan layar. Dan untuk lebih jelasnya akan saya rinci sebagai berikut :

  • Siapkan air bersih (tidak harus matang tapi bersih dan bening misalnya air langsung dari kran atau air galon)
  • Siapkan 2 kain yang lembut, dan harus harus 2 kain karena nantinya yang satu akan kita basahi dengan air bersih dan yang satunya untuk mengeringkan.
  • Dan langkah berikutnya mulai membersihkan layar HP dengan basahi salah satu kain dengan air bersih, jangan terlalu basah sampai menetes, jika terlalu basah maka peras terlebih dahulu untuk membuang air yang berlebihan.
  • Usap secara perlahan layar HP hingga merata dan gosok secara lembut pada bagian yang kotor dan sulit dibersihkan.
  • Dalam membersihkan para sobat harus hati hati pada lubang speaker jika HP memiliki speaker pada bagian depan lara, karena ditakutkan air masuk melalui sela-sela speaker.
  • Jika sudah bersih dan merata, keringkan layar HP yang lembab dan agak basah menggunakan kain lebut yang kering, hingga layar benar-benar kering dan tidak ada bagian lembab pada sudut dan lekukan manapun.

Itulah cara membersihkan layar HP dengan baik dan benar menggunakan air bersih. Sangat mudah dan gampang untuk di praktekan. Seperti pada awal tips kedua ini, para sobat sangat tidak dianjurkan langsung menyiram atau menuang layar HP dengan air ya!, Layar memang bisa bersih, tapi komponen HP para sobat akan rusak.

Menggunakan Cotton Bud

Membersihkan layar HP menggunakan kain memang memiliki kendala tidak bisa menjangkau sudut atau lekukan layar pada pojok layar, oleh karena itu untuk melengkapi kekurangan tersebut, kita bisa menggunakan Cotton Bud.

Cotton bud selain digunakan untuk membersihkan kotoran telinga ternyata bisa juga kita manfaatkan untuk membersihkan layar HP, denpang permukaan Cotton bud yang lembut terbuat dari kapas, tentu saja sangat aman digunakan dan para sobat tidak perlu khawatir layar akan tergores.

Cara membersihkan layar HP dengan Cotton bud sangat sederhana, yaitu dengan membasahi Cotton bud dengan 2 tetes air pada salah satu sisinya, lalu menggosok secara perlahan pada sudut HP yang kotor, setelah bersih kita bisa mengeringkan dengan menggunakan sisi yang kering, dan selesai, HP sudah bersih.

Cara tersebut tentu saja sangat mudah sekali diparktikan. Tips membersihkan layar HP dengan menggunakan Cotton bud berikutnya adalah jangan menggunakan air berlebihan hingga menetes, terlebih lagi ujung Cotton bud yang terbuat dari kapas yang berukuran kecil hanya butuh sedikit air supaya basah. Jika kita membasahi ujung Cotton bud terlalu banyak air, ditakutkan air bisa menetes pada komponen yang terbuka misalnya sela USB, colokan Headphone dan lubang yang lainya sehingga berdampak dapat merusak komponen.

Menggunakan Selotip atau Isolasi

Kita pasti tahu alat yang digunakan untuk menempelkan serba guna selotip, alat perekat ini ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan layar HP dari debu dan kotoran lho!

Dengan menggunakan Selotip, kita bisa menarik debu dan kotoran dengan cara merekatkan pada selotip, jika para sobat masih bingung, berikut adalah cara membersihkan layar dengan selotip.

  • Siapkan selotip
  • Tempelkan Selotip pada layar HP
  • Diamkan sekitar 3 menit
  • Lepas secara perlahan dan layar akan tampak bersih dari debu dan noda

Cara yang sangat mudah dan tentu saja ekonomis ya!, tapi ada hal yang perlu di ingat oleh para sobat tekno, ketika kita menarik selotip dari layar HP lakukanlah secara perlahan, karena jika kasar ditakutkan malah akan merusak layar HP misalnya saja pelindung layar terangkat karenanya.

Menggunakan Cairan pembersih kaca

Cairan pembersih kaca bisa menjadi alaternatif jika kita tidak mempunyai cairan pembersih layar, kedua jenis cairan ini hampir memiliki kesamaan kompisisi zat kimia. Untuk menggunakan cairan pembersih kaca kita harus mengencerkanya terlebih dahulu dengan rasio 70% air dan 30% cairan pembersih kaca. Rasio tersebut diambil dari keterangan pemakaian cairan pembersih kaca refile atau isi ulang merek tertentu.

Cara menggunakanya sangat sederhana, kita hanya perlu menggunakan kain seperti pada tips kedua, dan mengusapnya layar hingga bersih, setelah itu gunakan kain yang lembut dan kering untuk mengeringkan layar yang lembab, dan selesai layar akan lebih bersih dan bening seperti baru.

Kenapa kita tidak membersihkan layar ponsel dengan Alkohol?
Memang ada beberapa tutorial mengenai membersihkan layar menggunakan Alkohol, memang cara tersebut efektif dan membuat layar tampak bersih, tetapi penggunaan alkohol ternyata tidak baik untuk layar karena dapat mengikis Coating yang melindungi layar ponsel para sobat. Sehingga pada cairan pembersih layar tentu saja tidak mengandung alkohol.

Cara ini sangat efektif sekali digunakan karena memang formula cairan pembersih kaca memang di buat khusus untuk mengangkat kotoran pada kaca, sehingga sangat muda diterapkan pada layar HP yang menyerupai kaca. Selain layar HP menjadi lebih bersih, juga bebas kuman karena biasanya cairan pembersih kaca memiliki kandungan antiseptik bebas kuman.

Itulah beberapa tips mudah membersihkan layar HP sehingga HP kita menjadi tampak baru dan mengkilap seperti baru lagi. Cara di atas merupakan alternatif untuk membersihkan layar HP dan bahkan layar TV LED, tetapi akan lebih baik jika para sobat bisa membersihkan layar dengan cairan pembersih layar. Belakangan ini ada cara yang tidak lazim yaitu menggunakan pasta gigi atau odol, setelah saya praktekan sepertinya tidak efektif ya!, karena malah justru berpotensi menimbulkan goresan pada layar karena odolnya susah hilang. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan komentar