3 Cara Membersihkan Google Drive Dan Mengoptimalkan Penyimpanan Google Drive

Bagikan postingan ini

Cara Membersihkan Google Drive – Comcru.com. Penggunaan media penyimpanan online Google Drive memang saat ini lebih sering di gunakan karena selain praktis juga tidak memerlukan penyimpanan fisik yang tentu saja akan menambah biaya dan perawatan tambahan.

Pada umumnya, media penyimpanan data online Google drive hanya memiliki kapasitas maksimal 15GB untuk penggunaan penyimpanan secara gratis, dan jika kita ingin menggunakan penyimpanan lebih dari 15GB, Google menyediakan layanan berbayar yang memungkinkan seseorang mempunyai data penyimpanan pada Cloud server Google Drive hingga 100TB.

Jika kita menggunakan layanan Google Drive Gratis dengan kapasitas 15GB, tentu saja dengan kebutuhan digital saat ini sangat kurang sekali, misalnya saja untuk menyimpan foto dan video dengan kualitas HD, media penyimpanan 15GB sangat kurang. Sehingga kita membutuhkan paket berlangganan premium untuk menambah ruang penyimpanan pada Google Drive.

Kebanyakan orang mungkin keberatan untuk membayar dari suatu layanan, termasuk saya, maunya Gratis terus!. Nah, jika para sobat juga salah satu orang yang memprioritaskan gratisan, kita bisa membersihkan Google Drive yang hanya memiliki penyimpanan data 15GB menjadi lebih longgar dan optimal digunakan.
Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara membersihkan Google Drive berikut ini :

Cara Membersihkan Google Drive

Secara umum, Cara membersihkan Google drive sehingga kita dapat memiliki ruang penyimpanan lagi dapat dilakukan dengan 3 cara sebagai berikut.

Menghapus file dengan ukuran besar

Cara membersihkan Google Drive secara efektif yang paling utama tentu saja mengarah kepada file dengan ukuran besar yang membuat Cloud storage menjadi penuh, hal ini sebenarnya juga sama dengan penggunaan memori fisik yang kita miliki seperti Flashdisk maupun Hard Disk, kit harus menghapus file dengan ukuran besar supaya penyimpanan lebih longgar dan dapat di pakai untuk file yang lebih penting.

Karena kita akan menggunakan ruang penyimpanan untuk file yang lebih penting, sehingga kita tentunya akan membersihkan google drive dari file yang kurang begitu penting. Kategori file yang sudah tidak terlalu penting adalah file yang memang sudah tidak di gunakan lagi, sehingga penghapusan file secara permanen sangat di sarankan supaya penyimpanan lebih longgar, apa lagi untuk file dengan ukuran ratusan Megabyte bahkan Gigabyte.

Cara membersihkan Google Drive dengan menghapus file berukuran besar sangat mudah sekali, para sobat langsung saja masuk pada penyimpanan dan masuk pada bagian Kuota atau statistik memori yang di gunakan dan biasanya terletak pada bagian kiri bawah. Setelah kita masuk maka akan terlihat statistik penggunaan memori penyimpanan oleh file tertentu, dan untuk menghapus file yang sadah tidak kita pergunakan, pilih file tersebut dan klik kanan lalu pilih “Hapus”. Sebelum menghapus biasanya akan muncul sebuah peringatan untuk menghapus file secara permanen. Sebaiknya para sobat cek dengan detail file tersebut untuk memastikan tidak terjadi kesalahan lalu pilih “hapus permanen”. File yang sudah di hapus secara permanen tidak akan bisa di kembalikan lagi, oleh karena itu para sobat harus lebih berhati-hati.

Cara membersihkan Google drive dari file berukuran besar di atas merupakan cara penggunaan pada PC, jika para sobat ingin tahu cara membersihkan google drive untuk HP android, kalian bisa langsung saja menuju ke menu “Setting” biasanya berbentuk ikon roda gerigi, lalu pilih “Manage Apps”. Dari situ akan terlihat dengan jelas aplikasi apa saja yang menggunakan penyimpanan banyak. Pilih Google drive dan hapus file kalian inginkan, setelah itu jangan lupa hapus file pada folder “trash” sehingga file dengan ukuran besar dapat di hapus secara permanen.

Mengecilkan Kualitas foto dan Video ketika Upload ke Google Drive

Selain membersihkan Google Drive, kita juga dapat menghemat penyimpanan pada google drive. Penghematan penggunaan penyimpanan ini salah satunya adalah dengan menurunkan resolusi dari foto dan video yang ingin kita simpan di Google Drive.

HP Android saat ini memang sudah di bekali dengan teknologi tinggi, termasuk dari fitur tambahan yaitu kamera yang dapat mengambil gambar dengan kualitas resolusi yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika memori penyimpanan akan cepat penuh hanya karena file foto dan video.

Untuk melakukan penyimpanan foto ke Google drive, biasanya kita akan di arahkan untuk memilih tindakan penyimpanan dengan kualitas yang sebenarnya atau menurunkan resolusi, untuk lebih detail nya, kalian bisa menyimak cara menyimpan foto di Google Drive berikut ini:

  • Masuk ke Google Photos
     
  • lalu pilih pada bagian “setting” dan pilih “backup & Sinkronisasi”
  • Pada menu tersebut, kita akan memilih “ukuran Upload” yang ada dua opsi yaitu “Original” atau “High Quality”, Jika foto yang ingin kita simpan adalah kualitas di bawah HD, sebaiknya kita pilih “High Quality” untuk menurunkan resolusi foto dengan kualitas masih lumayan bagus.
  • Kita dapat menyimpan foto tanpa batasan dengan menggunakan Google Drive dan fitur ini hanya khusus foto saja.
  • Upload foto selesai.

Sebenarnya ada fitur lain untuk menurunkan resolusi foto maupun video, tetapi foto atau video yang kita simpan akan menjadi sangat kecil sekali resolusi nya yaitu dengan menggunakan opsi “Recover Storage”. Karena resolusi foto sangat kecil sehingga kualitas foto juga tidak akan bagus, sehingga para sobat harus mempertimbangkanya terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur ini.

Menghapus Attachment email

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa setiap attachment atau lampiran dari email akan secara otomati di backup ke Google Drive. Jika para sobat jarang membersihkan email, maka lampiran pasti akan menumpuk banyak sekali di penyimpanan data Google Drive, sehingga kita bisa membersihkan Google drive dari file lampiran ini untuk menambah penyimpanan data.

Memang lampiran pada email tidak akan sebanyak file video atau pun foto jika hanya berformat dokument, tetapi jika menumpuk terus menerus dan sangat lama, bukan tidak mungkin file lampiran tersebut akan memenuhi penyimpanan data Google Drive.

Untuk membersihkan google Drive dari file lampiran ini adalah dengan langsung ketik saja pada kolom pencarian Google “has:attachment larger :10M” lalu klik Enter untuk mencarinya. Secara otomatis akan muncul email yang memiliki lampiran lebih dari 10MB sehingga kita bisa dengan mudah menghapusnya. Pilih dengan seksama email tersebut, dan langsung saja hapus semua email yang sudah tidak terpakai. Setelah menghapusnya, pastikan email terhapus secara permanen sehingga penyimpanan Google Drive benar-benar sudah lebih longgar. Untuk memastikan, lihatlah pada menu “trash” lalu jika ada email yang ada di sana pilih “empty trash now” untuk menghapus email secara permanen.

Dalam menggunakan email, kita bebas untuk membuat email berapapun yang kita inginkan, sehingga para sobat bisa membuat beberapa akun dengan tujuan yang berbeda sehingga terhindar dari spam atau file lampiran yang penuh pada satu email.

Demikianlah Cara membersihkan Google drive untuk menambah ruang penyimpanan, walaupun beberapa tips diatas tidak sepenuhnya melakukan pembersihan file, tetapi para sobat bisa menerapkan tips yang ada pada poin tersebut untuk menghemat media penyimpanan online Google drive sehingga bisa di gunakan untuk data yang benar-benar penting. Semoga dapat menginspirasi.

Tinggalkan komentar