Aplikasi Video Konferensi Terbaik Selain Zoom : Facebook Messenger Room, Google Meet dan Skype

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak sekali aktifitas yang memanfaatkan aplikasi video Konferensi. Karena PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang diterapkan di Indonesia, sehingga kita tidak dapat bertatap muka secara langsung, oleh karena itu untuk mengerjakan pekerjaan kantor seperti rapat, belajar, dan berkomunikasi banyak orang sangat ramai menggunakan aplikasi video Konferensi.

Aplikasi Video konferensi baru-baru ini yang mendadak terkenal adalah Zoom Meeting, dengan fitur Tele Konferensi secara bersama-sama, tentu akan memudahkan kita terhubung dengan banyak orang dalam satu waktu. Tetapi ternyata banyak orang yang mengkhawatirkan dalam menggunakan aplikasi Video Konferensi Zoom Meeting, pasalnya aplikasi ini tidak aman dan hacker dapat mudah menyusup. Mengenai masalah ini hingga disikapi oleh Google yang melarang seluruh karyawanya untuk tidak menggunakan Zoom karena alasan keamanan tersebut.

Jika para sobat juga khawatir dengan keamanan Zoom Meeting, ternyata banyak aplikasi Video Conference lain yang menawarkan layanan penggunaan secara gratis termasuk perusahaan Medsos ternama Facebook yang baru-baru ini juga merilis aplikasi baru bernama Messenger Room, dan juga selain itu dari pihak Google juga mempublikasikan aplikasi Meeting terbaru pada platformnya yang bernama Google Meet yang sebelumnya bernama Google Hangouts. Sebenarnya Microsoft juga sudah memiliki aplikasi meeting yang sangat terkenal yaitu Skype, aplikasi berbasisi panggilan online video ini bisa menampung hingga 25 orang sekaligus.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa aplikasi meeting berbasis Video Konferensi selain Zoom yang bisa para sobat jadikan rekomendasi jika ragu menggunakan Zoom.

Messenger Room : Video Meeting Online Gratis

Aplikasi Video Conference yang di usung oleh Facebook ini di pasangkan dengan aplikasi berkirim pesan Online Facebook Messenger. Dengan menggunakan Messenger Room ini para penggunanya bisa melakukan panggilan video yang menampung hingga 50 orang sekaligus yang bisa di akses melalui Facebook Messenger dan dapat digunakan secara gratis.

Dari halaman resmi Facebook, Messenger Room didesain untuk layanan video konferensi yang bisa digunakan untuk rapat, belajar online, atau sekedar mengobrol dengan teman, kerabat maupun saudara. Pihak Facebook juga menjamin keamanan dalam menggunakan aplikasi Messenger Room ini dengan menerapkan penjagaan privasi dan kontrol pada layanan nya.

Isu mengenai keamanan dan privasi aplikasi video konferensi ini sepertinya menjadi sorotan yang sangat diperhatikan, sehingga Facebook merilis aplikasi Messenger Room ini untuk mengembalikan kepercayaan pengguna dalam menggunakan Aplikasi Video konferensi. Fitur keamanan pada Messenger Room sangatlah ketat, bukan hanya dari pihak facebook yang melakukan kontrol, tetapi pengguna juga dapat melakukan eksekusi langsung ketika menggunakan platform Messenger Room ini.

Dengan menggunakan layanan Messenger Room ini pengguna dapat melakukan penguncian, menghapus peserta, melaporkan, dan memblokir penyusup yang didapati masuk. Selain itu informasi tidak akan dibagikan begitu saja tanpa persetujuan jika peserta lain bukanlah teman pada media sosial Facebook.

Mark Zukerberg selaku pemilik raksasa medsos Facebook ini mengatakan bahwa nantinya Messenger Room akan di integrasi dengan Instagram direct, WhatsApp, dan portal. Wakil Presiden facebook untuk layanan pengirim pesan instan facebook messenger juga mengatakan bahwa Messenger Room sebetulnya telah diluncurkan facebook sejak 4 tahun lalu, tetapi namanya memang belum begitu terkenal, dan baru-baru ini pihak Facebook melakukan integrasi dan pembaruan terhadap aplikasi Messenger Room ini untuk menyaingi aplikasi video konferensi yang namanya melambung karena pandemi Covid-19 seperti misalnya Zoom Meeting.

Selain aplikasi video konferensi, facebook juga mengumumkan beberapa fitur yang lain :

  • Menambahkan jumlah partisipasi dalam panggilan video WhatsApp hingga 8 orang yang sebelumnya hanya 4 orang saja.
  • Dikembalikanya fitur “Live with” yang bisa digunakan untuk melakukan Live di facebook bersama teman atau orang lain.
  • Fitur menonton Video melalui instagram live di dekstop komputer.

Itukah beberapa informasi terkait Messenger Room yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan konferensi video. Dengan aplikasi video konferensi dari facebook ini diharapkan semua orang yang terhubung dengan jejaring sosial facebook dapat memanfaatkanya untuk berbagai kebutuhan selama masa pandemi ini.

Kunjungi : Messenger Room (FACEBOOK)

Google Meet

Google baru-baru ini juga mengumumkan aplikasi video konferensi yang dapat di akses melalui halaman email google yaitu Gmail dengan nama Google Meet, yang dulunya aplikasi ini bernama Google Hangouts. Dengan Google Meet kita bisa melakukan panggilan video konferensi secara gratis.

Sebelum aplikasi Google meet ini diumumkan, Google sebenarnya sudah memiliki layanan konferensi video bernama G suite yang hanya dapat diakses secara premium alias harus membayar, tatapi sekarang kita bisa menggunakan layanan premium tersebut secara gratis dengan Google Meet.

Aplikasi panggilan video konferensi ini mampu menampung hingga 100 orang secara bersamaan, dan tanpa dibatasi durasi pembatasan walaupun pengguna gratis. Tapi dilansir dari halaman Google, setelah tanggal 30 September 2020, aplikasi Google meet ini akan dibatasi untuk pengguna gratis hanya bisa bergabung dalam ruan virtual selama 60 menit saja, jadi untuk durasi yang lebih lama, tentu saja harus membeli paket premium.

Zoom sebagai pesaing besar dalam layanan konferensi video memang sangatlah praktis dan mudah digunakan walaupun keamananya sedang dipertanyakan. Sebagai “Role model”, Zoom menggiring beberapa aplikasi pesaing seperti Messenger Room dan Google meeting menyerupai Zoom. Google meeting saat ini dengan pembaruannya juga membuat fitur pembagian layar dan tab pada browser chrome saat melakukan presentasi, selain itu juga dibekali dengan fitur yang mirip dengan Zoom yaitu view gallery yang memungkinkan penggunanya dapat melihat hingga 16 peserta pada Google meet.

Pada fitur pencahayaan, Google Meeting menambahkan fitur Low Light sehingga para pengguna yang berada pada tempat yanng tidak begitu cerah tidak silau. Selain itu kita juga bisa mengatur pencahayaan sesuai kebutuhan.

Itulah ulasan Google Meet yang dapat kita gunakan sebagai pengganti Zoom, aplikasi video konferensi satu ini memang dirilis untuk menyaingi Zoom yang meroket namanya, dengan adanya fitur keamanan yang lebih menjanjikan dari perusahaan Google, panggilan video konferensi Google meet diharapkan mampu menarik para pengguna Aplikasi Video Konferensi.

Kunjungi : Google Meet

Skype

Aplikasi Video konferensi Skype sudah sangat terkenal sebelum Zoom, aplikasi besutan Microsoft ini dapat mudah kita akses dan digunakan secara gratis. Tapi aplikasi Skype hanya terbatas hingga 25 partisipasi saja. Walaupun Skype tidak memiliki batasan dalam penggunaanya, tetapi platform Skype tidaklah seringan pesaingnya Zoom dan Google Meet, sehingga walaupun Skype lebih dulu ada, banyak orang yang beralih ke Zoom semasa pandemi Covid-19.

Aplikasi Skype dapat digunakan pada PC dan juga platform selular, selain itu untuk menggunakan Skype, kita tidak harus mendaftar seperti halnya Google Meet dan Zoom, sehingga aplikasi ini dapat mudah digunakan dan lebih praktis tanpa perlu repot memiliki akun. Kita hanya perlu menyalin tautan dan mengirimkan undangan ke orang yang ingin kita masukan dalam panggilan konferensi.

Kunjungi : Skype/ID

Itulah beberapa aplikasi yang dapat menggantikan Zoom Meeting, sebenarnya ada lebih banyak aplikasi lain selain 3 aplikasi diatas seperti Teams, Cisco Webex dan yang lainya, tetapi Admin AsikMain hanya merekomendasikan 3 layanan aplikasi video konferensi tersebut karena dinilai mumpuni dari segi keamanan dan tentu saja gratis dalam digunakan, selain itu aplikasi tersebut diusung oleh perusahaan – perusahaan besar sehingga sangat terjamin dari segala sisi ketika digunakan. Semoga dapat menginspirasi.