Apakah Aplikasi FaceApp Berbahaya?

Apakah Aplikasi FaceApp Berbahaya?

Bagikan postingan ini

Beberapa hari ini aplikasi FaceApp kembali ramai di indonesia karena trending tagar #oplaschallenge di Instagram. Banyak orang yang ramai-ramai ingin mendownload dan segera menggunakan aplikasi ini lagi. tapi taukah kamu kalau banyak kabar yang beredar bahwa aplikasi FaceApp dari russia ini berbahaya? mari kita simak ulasan singkatnya

Seperti yang kita ketahui developer dari aplikasi ini adalah Wireless Lab yang berkantor pusat di Skolkovo, Russia. Skolkovo dijuluki sebagai Silicon Valley-nya Russia atau Kota yang banyak mempunyai teknologi yang sedang berkembang, maju hingg mainstream.

Mengenai statistic FaceApp, tentu saja saat ini sedang mengalami peningkatan secara signifikan karena trend masal yang terjadi di Instagram. Saat ini FaceApp juga sudah di download lebih dari 100 Juta download di Google Play Store.

Apakah FaceApp aman?

Apakah kamu ingat tentang trend yang sempat viral dulu mengenai #agechallenge? trend tersebut juga berkaitan dengan aplikasi FaceApp ini. Tepatnya satu tahun yang lalu saat trend ini sedang hype di sosial media dan internet, beberapa pihak melontarkan kekhawatiran mereka tentang data privasi pengguna.

 

Apakah Aplikasi FaceApp Berbahaya?Ada beberapa figur besar yang menyoroti kebijakan data privasi dari FaceApp ini, salah satunya adalah mantan CEO dari Rackspace, Rob La Gesse. Rob mengatakan bahwa FaceApp tidak mempunyai kebijakan privasi yang jelas karena aplikasi tersebut dapat mengakses foto user, data pengguna bahkan riwayat browser.

Menurut rob di akun facebooknya, data-data yang diminta tersebut bukanlah sesuatu yang bagus. karena untuk membuat aplikasi tersebut berjalan, user harus memberikan ijin untuk mengakses semua foto dan juga search.

Hal lain yang dapat membuat khawatir adalah karena penyimapanan data dari aplikasi FaceApp ini. menurut kebijakan FaceApp data disimpan dan di proses diamerika dimana mereka menjalankan bisnis tersebut.

CEO dari FaceApp juga memberikan tanggapan dari hal tersebut bahwa sebagain pemrosesan dilakukan di Cloud, terutama di AWS dan juga google cloud, dimenambahkan bahwa pemerintah Russia juga tidak mempunyai akses ke data pengguna tersebut.

CEO FaceApp juga menambahkan bahwa sebagian besar foto akan dihapus dari server dalam kurun waktu 48 jam dan tidak akan memanfaatkan foto tersebut untuk kepentingan lainnya.

Untuk kalian yang menggunakan aplikasi ini, silahkan membaca kebijakan privasi dari FaceApp tersebut, sehingga kamu mempunyai pengetahuan yang luas mengenai bagaiamana mekanisme dan cara kerja dari FaceApp ini dan bagaimana data akan diproses.

Tinggalkan komentar