5 Tips Mengatasi Hack WhatsApp dan Penyadapan

Bagikan postingan ini

Comcru.com – Hack WhatsApp adalah hantu yang mengintai para pengguna aplikasi pengiriman pesan secara online ini, walupun kini WhatsApp memiliki fitur keamanan yang canggih, namun tidak menuntut kemungkinan ada oknum yang dapat memanfaatkan celah dan melancarkan Hack WhatsApp.

Dari penelusuran saya di beberapa website, banyak sekali tutorial mengenai Hack WhatsApp, dan menurut saya hal tersebut adalah kekhawatiran bagi penggunanya saat ini. Pelaku Hack WhatsApp tentu bukan sekedar iseng belaka, bisa jadi mereka mengincar data penting seperti transaksi online, data pribadi, dan atau akun media online.

Hack WhatsApp tidaklah mudah dilakukan, tapi karena banyak sekali celah dari aplikasi ini karena penggunanya tidak mengamankan dengan baik, sehingga seseorang dengan mudah dapat melancarkan Hack WhatsApp ini. Pertanda sederhana kalau WhatsApp kita di Hack atau di sadap adalah tiba-tiba aplikasi WhatsApp kita log out atau keluar sendiri dan ketika kita ingin menggunakanya kembali, WhatsApp meminta untuk Login atau biasanya ada notifikasi untuk login.

Simak : Cara menggunakan WhatsApp dengan baik dan benar

Untuk mengatasi masalah Hack WhatsApp oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, NekoTech sudah menyiapkan beberapa Tips sederhana yang sangat mudah dilakukan dan yang pasti ampuh untuk mengamankan WhatsApp dari penyadapan atau Hacking.

Tips Mudah Mengatasi Hack WhatsApp Terkini

Untuk menghindari Hack WhatsApp pada akun para sobat, berikut ini adalah beberapa solusi yang wajib kalian lakukan guna mengamankan aplikasi berkirim pesan ini supaya dapat dugunakan secara aman dan nyaman :

Lakukan Verifikasi akun WhatsApp

Hack WhatsApp dapat menyerang kepada akun siapa saja oleh para tangan jahil, terutama kepada akun yang tidak melakukan verifikasi secara sempurna. Penyadap akan sangat mudah membobol ketika akun kita tidak diamankan dengan baik, walupun untuk melakukan verifikasi ini sebenarnya sangatlah mudah, tetapi kebanyakan orang lupa atau malas untuk memverifikasi akun WhatsApp yang digunakan.

Verifikasi akun sebenarnya adalah fitur dari WhatsApp sehingga akun kita aman atau fitur untuk meningkatkan keamanan. Verifikasi akun bertujuan untuk membatasi pelaku pembobolan sehingga tidak mudah untuk mengakses akun WhatsApp kita.

WhatsApp akan memberikan kita 6 digit PIN untuk dimasukan, sehingga pelaku Hack WhatsApp akan kesulitan karena mereka tidak memiliki akses PIN tersebut, berikut adalah cara mengaktifkan Verifikasi WhatsApp :

  • Buka Aplikasi WhatsApp
  • Pilih “Menu” (berada pada pojok kanan atas)
  • Pilih “Account / akun”
  • Pilih “Two-step Verification”
  • Pilih “Enable / Aktif”
  • Masukan PIN 6 Digit (lakukan verifikasi PIN 2 kali, dan PIN yang dimasukan harus sama)
  • Masukan email untuk Verifikasi lanjutan (Tahap ini bisa kita lewati, tapi untuk keamanan ekstra kita bisa mencantumkan email)
  • Pilih “Done / Selesai”

Caranya sangat sederhana, dan mudah dipahami, sehingga para sobat tidak perlu menunggu lagi untuk mengaktifkan fitur ini supaya akun kita aman dari pelaku Hack WhatsApp.

Jangan mengInstall WhatsApp dari file mentah .APK

Saya melakukan penelusuran terkait hal ini, banyak sekali aplikasi WhatsApp yang bisa kita download pada website tidak terpercaya atau melalui aplikasi pihak ke tiga biasanya berformat mentah .APK dengan dalih tawaran fitur WhatsApp seperti WhatsApp ganda, WhatsApp Privat dan lain sebagainya. Saya sangat menyarankan gunakan WhatsApp dan Download dari penyedia layanan resmi Google Play dan App Store.

Download WhatsApp : Google Play App Store

Kenapa Download WhatsApp dari penyedia aplikasi pihak ke tiga atau file mentah APK tidak diperbolehkan?, karena, Pelaku Hack WhatsApp bisa saja menyisipkan beberapa kode kedalam aplikasi untuk melancarkan aksi jahat mereka. Jadi ketika kita ingin menginstall aplikasi ini, sebaiknya kita langsung mendownload dari rekomendasi website resmi WhatsApp.

Hindari Root HP/Smartphone

Root adalah tindakan untuk dapat memberikan otoritas istimewa dengan perangkat Smartphone, sehingga pengguna dapat melakukan kontrol terhadap sistem dan dapat mengakses, mengeksekusi dan memodifikasi sistem. Istilah Root diterapkan pada HP dengan OS Android, dan untuk iOS biasa disebut JailBreak, dan kedua hal tersebut adalah hal yang sama.

Tindakan Root ini dilakukan oleh pengguna supaya dapat masuk ke sistem dasar dari suatu perangkat HP sehingga dapat melakukan modifikasi sistem, mengubah tampilan, menghapus aplikasi bawaan, meningkatkan performa dan masih banyak lagi.

Tindakan Root sebenarnya adalah ilegal atau tidak diperbolehkan, Google sebagai pemilik OS Android sangat melarang aktifitas ini karena dapat mengubah sistem keamanan yang sudah ditanam pada sistem Android. Sehingga kaitanya dengan masalah ini, jika keamanan OS pada HP Android kita terbuka, pelaku Hack WhatsApp dapat masuk dengan leluasa. Jadi sebaiknya kita tidak mengotak atik sistem dengan rooting karena sistem keamanan akan jebol.

Selalu LogOut dari Web WhatsApp

Beberapa waktu belakangan ini sudah populer WhatsApp berbasis Web Browser dan Dekstop, dan masalahnya sering kali kita melupakan untuk keluar setelah menggunakanya, sehingga untuk mengatasi masalah ini sebenarnya sangat sederhana yaitu jangan lupa untuk logout atau keluar dari Web setelah selesai menggunakanya, apa lagi kita mengaksesnya melalui perangkat umum seperti PC kantor.

Hal ini sangat lumrah sekali ketika kita lupa untuk keluar dari akun kita maka terkadang ada orang yang iseng mengotak atik akun kita, dan bisa jadi hal tersebut dapat merugikan sekali karena membaca pesan pribadi pada history pesan.

Cara menggunakan Web WhatsApp & Dekstop

Jika kita sering lupa, WhatsApp menyediakan fitur untuk melakukan logout dari semua perangkat yang pernah kita gunakan, sehingga kita terhindar dari pelaku Hack WhatsApp. Berikut adalah cara sederhananya :

  • Buka Aplikasi WhatsApp pada HP kalian
  • Pilih “Menu” 
  • Pilih WhatsApp Web
  • Layar HP akan menampilkan Perangkat yang pernah kita gunakan untuk login Web WhatsApp, lali pilih “LogOut”
  • Selesai

Mengaktifkan Notifikasi Keamanan

Langkah terakhir supaya kita terhindar dari pelaku Hack WhatsApp adalah dengan mengaktifkan fitur Notifikasi keamanan, yaitu “Show Security Notification”. Fitur notifikasi ini dapat memberikan kita pemberitahuan terkait aktifitas aplikasi WhatsApp seperti penggantian password, PIN, aktifitas LogIn menggunakan perangkat lain dan beberapa aktifitas WhatsApp yang lain. Sehingga setelah mengetahui melalui pemberitahuan tersebut, kita bisa segera melakukan tindakan guna mengamankan akun kita dari pelaku Hack WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur notifikasi ini caranya sangat sederhana, jadi para sobat tidak perlu kebingungan dengan hal ini.

  • Sekali lagi Buka Aplikasi WhatsApp pada Smartphone kalian
  • Klik Menu pada pojok kanan atas
  • Pilih Account / Akun
  • Pilih Security / Keamanan
  • Aktifkan “Show Security notification” (geser ikon ke kanan menu)
  • Selesai.

    5 Tips Mengatasi Hack WhatsApp dan Penyadapan
    sumber : ghacks.net

Itulah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk melindungi akun WhatsApp dari orang yang tidak bertanggung jawab. Pihak WhatsApp tentu saja terus meningkatkan sistem keamanan untuk kenyamana penggunanya supaya terhindar dari pelaku Hack WhatsApp, tetapi terkadang para pengguna belum mengaktifkan fitur perlindungan tersebut, sehingga pelaku hack WhatsApp dapat dengan mudah masuk. Oleh karena itu sebaiknya kita segera mencegah hal tersebut sebelum ada hal yang tidak di iginkan dengan mengaktifkan fitur keamanan pada WhatsApp. Untuk mengetahui keamanan WhatsApp lebih lanjut, para sobat bisa membaca dan memantau pada portal resmi WhatsApp di : faq.WhatsAppSecurity  Semoga dapat menginspirasi.

6 pemikiran pada “5 Tips Mengatasi Hack WhatsApp dan Penyadapan”

Tinggalkan komentar