5 Langkah Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

5 Langkah Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis

Bagikan postingan ini

Dalam menyusun sebuah laporan pastinya semua bagian harus lengkap, mulai dari sampul hingga daftar pustaka.  Tidak ketinggalan dengan adanya daftar isi, akan tetapi sering kali membuat daftar isi menjadi tugas yang sangat menyebalkan karena kita harus melihat slide ke atas dan ke bawah untuk memastikan daftar isi yang kita buat telah sesuai dengan nomor halaman yang tercantum atau belum dan  penyusunan materi atau isi yang tidak boleh salah, serta membutuhkan waktu yang lebih bila ingin membuat daftar isi, semakin banyak isi maka semakin banyak waktu yang dibutuhkan dalam menyusun daftar isi apabila dilakukan secara manual.

Bila kita mempelajari lebih jauh terkait Microsoft Word, terdapat cara membuat daftar isi secara otomatis yang pastinya mudah digunakan dan membantu teman-teman semua dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam membuat daftar isi. Penasaran bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word? Cek langkah-langkahnya di bawah ini!

5 Langkah Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis

Berikut Cara Membuat Daftar Isi Otomatis :

  1. Buka file yang akan diberi daftar isi! Pastikan ada slide kosong untuk halaman daftar isi, kemudian pilih menu References => Table of Contens. Silahkan sesuai dengan kebutuhan sobat semua dalam membuat daftar isi dan klik pada Built In yang dipilih atau klik Ok pada Insert Table of Contents.
  2. Pada layar akan muncul keterangan Table of Content atau daftar isi belum ditemukan. Untuk sementara waktu biarkan seperti itu dan lanjutkan ke alngkah berikutnya.
  3. Tentukan pilihan Bab dan Sub Bab yang ingin dimasukan ke dalam daftar isi, semisal :
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Pendahuluan
  • Dan lain-lain.

Ubahlah style dari Bab atau Sub Bab yang dipilih, untuk Bab jadikan Heading 1 pada menu Home atau add text level 1 pada menu References, sedangkan untuk Sub Bab jadikan Heading 2 atau level 2 dan apabila masih ada di bawah Sub Bab yang ingin dimasukan dalam daftar isi maka diurutkan sesuai angka. Untuk mengubah style di atas dapat dilakukan dengan cara blok tulisan pada judul Bab kemudi klik sesuai pilihan, apakah Heading 1 atau Heading 2 bisa juga dengan pilihan level add text pada menu References. Pastikan semua yang ingin dimasukan ke dalam daftar isi sudah diubah Stylenya.

  1. Pastikan nomor halaman telah tersedia, kalo belum segera tambahkan halaman yang terdapat pada menu Insert => Page Number, atur sesuai dengan kebutuhan klik OK.
  2. Langkah terakhir yaitu buka kembali pada halaman daftar isi, dan klik Update Table yang berada pada bagian atas dan tunggu sesaat maka akan daftar isi secara otomatis.

*Catatan: bila ada perubahan halaman atau judul setelah langkah ke 5, maka pastikan anda untuk klik update table agar perubahan dapat tersimpan di daftar isi.

Itu tadi cara membuat daftar isi otomatis, semoga dapat membantu teman-teman semua dalam mengerjakan daftar isi. Ingat! Bila ada langkah yang mudah mengapa memilih yang susah.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Seberapa berguna post ini?

Klik pada bintang untuk mereview!

Rata-rata Rating / 5. Jumlah Review:

Belum ada review! Jadilah yang pertama mereview post ini.

2 pemikiran pada “5 Langkah Mudah Membuat Daftar Isi Otomatis”

Tinggalkan komentar